Tempat fitnes atau gym dibuat untuk mengakomodasi kebutuhan olahraga orang-orang yang tidak punya banyak waktu, dan tidak punya ruang yang cukup untuk berolahraga. Bila kamu tinggal di kota besar, jogging mungkin sedikit susah dilakukan karena suasana yang terlalu ramai dan polusi udara yang tidak sehat. Karena itulah ada treadmill, yang bisa membuatmu lari meski tidak beranjak dari tempatmu berdiri.

Tapi karena ponsel pintarmu, sekarang kamu bisa olahraga dan workout dari rumah. Tak perlu ke tempat gym, cukup unduh aplikasi-aplikasi ini untuk membakar lemak sekaligus meraih badan ideal!

1. Barang-barang di sekitarmu bisa menjadi alat olahraga. Ikuti instruksinya di Aplikasi 7 Minute Workout Biar Kamu Bisa Olahraga Dengan Apa Saja

Johnson & Johnson 7 Minutes Workout

Johnson & Johnson 7 Minutes Workout via play.google.com

Advertisement

Sebenarnya 7 minutes workout merujuk pada system olahraga 7 menit per/set dengan gerakan-gerakan yang sudah disiapkan oleh instruktur. Totalnya ada 13 variasi gerakan dengan durasi masing-masing 30 detik. Setiap perpindahan gerakan diberi jeda 10 detik. Sistem olahraga ini juga murah dan mudah, karena kamu bisa memakai benda-benda di sekitarmu seperti kursi, meja, atau dinding.

Kalau kamu buka playstore di ponsel pintarmu, lalu men-search 7 Minutes Workout, kamu akan menemukan banyak aplikasi. Salah satunya adalah Johnson & Johnson 7 Minutes.

Untuk hasil maksimal, lakukan lebih dari 1 set perharinya. Tapi daripada tidak sama sekali, 7 menit juga lumayan kan?

2. Demi mendapatkan perut six pack yang kencang, Abs Workout bisa memandumu dengan jadwal kebugaran 42 hari

Abs Workout

Abs Workout via www.vizz.co

Advertisement

Selain untuk alasan kesehatan, fitnes juga bisa memberikan bentuk tubuh yang proporsional. Salah satunya adalah perut yang langsing dan rata. Sesuai dengan namanya, Abs Workout memberikan paket-paket latihan yang bisa berfungsi untuk mengencangkan perut.

Abs Workout menyediakan jadwal latihan kebugaran yang harus kamu lakukan selama 42 hari tanpa henti. Total ada 6 paket yang bisa kamu coba. Dengan aplikasi semacam ini, perut langsing dan rata bisa kamu dapatkan meski jarang ke gym.

3. Biar semangat, kamu butuh instruktur pribadi yang memantai proses dan hasil latihanmu. Google Fit bisa menjadi instruktur sekaligus teman terbaikmu

Google Fit

Google Fit via venturebeat.com

Siapa yang tidak tahu google? Ternyata google bukan hanya punya situs pencarian saja, tapi juga punya aplikasi yang bisa memandumu olahraga sehari-hari. Dengan Google Fit, kamu bisa merekam berapa jauh kamu berlari, dan berapa jam workout yang kamu lakukan, serta berapa kalori yang kamu bakar.

Track recordmu terekam dengan baik, jadi kamu juga semakin semangat untuk melakukan peningkatan setiap harinya. Misalnya kamu ke kantor jalan kaki, kamu bisa juga mengecek berapa kalori yang kamu bakar setiap harinya.

4. MyFitnessPal, aplikasi canggih sebagai penghitung dan pengontrol kalori yang masuk ke tubuhmu

Myfitnesspal

Myfitnesspal via blog.myfitnesspal.com

Aplikasi MyFitnessPal bisa menjadi pasangan menarik untuk Google Kit dan Aplikasi-aplikasi panduan workout lainnya. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan ideal, bukan hanya workout saja yang harus kamu lakukan, tapi juga memperhatikan betul makanan yang kamu makan. Dengan MyFitnessPal kamu bisa melihat berapa kalori yang masuk dalam tubuhmu saat makan sepiring gado-gado dan es teh manis.

Database kalori makanan di MyFitnessPal lumayan besar, bahkan mencapai 5 juta makanan. Biar kamu tidak sembarangan makan, cek dulu kandungan kalori makanan yang kamu inginkan demi berat badan ideal.

5. Yoga pun bisa kamu lakukan di rumah. Beragam pose dan latihan tersedia lengkap di Pocket Yoga

Pocket Yoga

Pocket Yoga via www.spafinder.com

Meski awalnya berkaitan dengan kepercayaan Umat Hindu, Yoga telah diakui sebagai jalan meditasi yang bermanfaat untuk kesehatan diri. Yoga bisa dikatakan juga setara dengan olahraga yang membakar kalori. Sekarang kamu bisa latihan Yoga sendiri di rumah ditemani aplikasi Pocket Yoga, yang akan memberimu panduan posisi-posisi Yoga melalui visual maupun audio.

Totalnya ada 200 gerakan Yoga yang kamu pelajari. Dengan begini, tidak ada alasan lagi Yoga biayanya mahal ya, karena kamu bisa melakukan sendiri di rumah.

6. Sibuk bukan alasan untuk absen olahraga. Dengan Aplikasi Sworkit Lite, kamu bisa mengatur sendiri berapa lama kamu ingin melakukan workout

Sworkit Lite

Sworkit Lite via socialiteheights.com

Instruktur memang penting untuk membuat workout yang kamu lakukan maksimal. Sworkit Lite atau Sworkit Personalize bisa menjadi instruktur pribadi untuk workout-mu. Semua instruksi dilakukan dalam video dengan gerakan yang beragam, mulai dari yoga, pilates, stretching, sampai cardio workout.

Istimewanya, kamu bisa menentukan sendiri berapa lama kamu mau olahraga. Tinggal distel waktunya. Sepuluh menit? Lima menit? Lumayanlah, daripada tidak sama sekali?

7. Kalau kamu lebih suka jogging, coba deh pakai aplikasi Couch To 5K by RunDouble. Kamu juga bisa melihat riwayat peningkatanmu setiap harinya

Rundouble

Rundouble via www.manvchimp.com

Jogging masih menjadi pilihan utama olahraga. Katanya, jogging adalah olahraga paket lengkap yang bisa membantu mengatasi kesehatan semua organ. Di aplikasi RunDouble, kamu bisa mengatur sendiri kecepatan larimu. Program ini dirancang untuk para pelari pemula. Dengan latihan khusus, sedikit demi sedikit, sampai akhirnya kamu bisa berlari sejauh 5 K.

8. Kamu juga bisa memakai aplikasi Runkeeper. Selain bisa melacak kinerja olahragamu, bisa juga mengukur detak jantungmu

Runkeeper

Runkeeper via www.kompasiana.com

Sama seperti RunDouble, Runkeeper juga aplikasi yang bisa menjadi teman larimu. Di sini kamu bisa membuat rutemu sendiri, dan bahkan kamu bisa membuat rencana kebugaranmu sendiri. Lebih hebatnya lagi, aplikasi ini juga bisa membuatmu bisa mengecek kesehatan jantung sejak dini. Karena setelah jogging kamu bisa mengukur detak jantungmu dengan aplikasi yang sama.

Kalau kamu berniat itu perlombaan maraton, Runkeeper cocok jadi teman latihanmu sehari-hari.

9. Terakhir, kalau kamu mau saingan pencapaian lari dengan temanmu biar makin bersemangat, coba deh pakai aplikasi Nike+run

Nike+run

Nike+run via www.nike.com

Sama seperti dua situs sebelumnya, Nike+run pada dasarnya punya kemampuan mencatat jarak dan waktu lari yang kamu lakukan hari itu melalui GPS. Awalnya aplikasi ini hanya bisa diakses di produk Apple, tapi sekarang sudah bisa kamu cari di Google Play untuk versi androidnya.

Dengan aplikasi Nike+ kamu bisa saingan dengan dengan temanmu, karena Nike+ punya fitur yang menghubungkan akun-akun Nike+ untuk membandingkan satu pelari dengan yang lainnya. Selain itu, hasil yang tercatat di Nike+ mu bisa langsung dishare ke medsos kepunyaanmu. Jadi terpacu ‘kan kalau begitu? Ehehehe…

Dengan aplikasi-aplikasi di atas, sesibuk apapun, kamu tetap bisa olahraga minimal 10 menit/hari. Cuma modal HP, 10 menit waktu di pagi atau malam hari, dan niat dari dirimu sendiri saja, kok!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya