Makanan untuk mencegah kerontokan

Selain masalah ketombe, masalah kerontokan rambut juga seringkali jadi momok yang mengganggu kehidupan sehari-hari. Meski terkesan sepele, kalau dialami terus-terusan bisa berujung pada kebotakan dini! Seram ih 🙁 Kalau sampai kejadian begini, nggak cuma sekadar ganggu penampilan tapi juga rasa pede jelas jadi jauh berkurang.

Agar rambutmu selalu sehat dan jauh dari kerontokan, yuk mulai sekarang rajin-rajin mengonsumsi makanan dalam daftar yang sudah Hipwee himpun untukmu. Simak baik-baik ya, biar perawatannya lebih afdol dan nggak cuma dari produk perawatan luar saja!

1. Jangan malas makan bayam! Sayur ini kaya akan kandungan zat besi, vitamin A dan C, protein, asam omega-3, magnesium, potasium, dan kalsium yang penting untuk kesehatan kulit kepala dan rambutmu

mau bayam lokal atau impor, sama saja kok via hurtigtslank.dk

2. Nggak suka makan wortel? Sayang banget! Padahal sayur ini nggak cuma bermanfaat untuk mata, tapi vitamin A di dalamnya juga bisa menyehatkan rambutmu

konsumsi secukupnya saja ya, nggak perlu berlebihan via www.sajadah.co

3. Telur dan segala macam produk olahan susu kaya kandungan protein, vitamin B12, zat besi, zinc dan asam lemak omega 6. Produk olahan susu juga merupakan sumber biotin (Vitamin B7) yang ampuh mencegah kerontokan rambut lho

Susu dan segala jenis olahan susu. Pastikan kamu nggak alergi saja ya! via www.magzter.com

4. Yuk, lebih rajin konsumsi oat yang kaya serat, zinc, zat besi, asam lemak omega 6, dan polyunsaturated fatty acids (PUFAs) yang membantu menstimulasi pertumbuhan rambut agar lebih sehat dan tebal

Selain buat rambut, sehat juga buat jantungmu! via www.preventionaus.com.au

5. Kacang walnut bisa membantu mencegah kerontokan rambut karena mengandung biotin, vitamin B (B1, B6 and B9), vitamin E, banyak protein dan magnesium, yang memperkuat kutikula rambut dan menutrisi kulit kepala

Selain enak, juga kaya manfaat nih! via articles.mercola.com

Advertisement

Psst, kandungan dalam walnut juga membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan DNA saat terpapar sinar matahari lho!

6. Kacang lentil atau miju-miju kaya kandungan protein, zat besi, zinc dan biotin. Selain itu, lentil juga penuh asam folat yang dibutuhkan untuk kesehatan kulit kepalamu

Bisa diolah jadi sup atau tumis-tumisan nih~ via www.thespruce.com

7. Daging ayam kaya protein yang memperkuat rambut rampuh dan mencegahnya dari kerontokan. Ingat, dagingnya ya, bukan kulit, lemak atau jeroannya!

Dada ayam panggang! Bikin laper~ via www.epicurious.com

8. Buah stroberi tinggi kandungan silika. Silika adalah mineral yang vital untuk kekuatan dan pertumbuhan rambut

Coba deh stroberi dari Korea atau Jepang. Manisnya nampol! via www.rd.com

Selain stroberi, makanan yang juga kaya kandungan silika adalah nasi, oat, bawang bombay, kubis, timun dan kembang kol.

9. Yoghurt mengandung vitamin B5 and vitamin D yang diketahui baik untuk kesehatan folikel rambut

Kombinasikan dengan buah dan oat favorit, biar makin oke nutrisinya! via lovingitvegan.com

Selain dikonsumsi, kamu juga bisa memanfaatkan yoghurt sebagai masker rambut lho!

10. Makanan yang kaya vitamin C wajib kamu konsumsi. Kekurangan vitamin ini akan membuat rambut mudah rontok karena vitamin C mendukung penyerapan zat besi dalam tubuh

Buah kaya vitamin C, seger~ via www.1zoom.net

Advertisement

Yuk, lebih rajin konsumsi jeruk, pepaya, blueberry, jeruk nipis dan kiwi dalam menu harianmu. Vitamin C juga membantu produksi kolagen yang menyokong kesehatan rambutmu.

Rambut adalah salah satu organ tubuh yang seringkali abai diperhatikan. Agar nggak sampai mengalami rambut pitak apalagi botak, yuk jangan cuma rajin dirawat dari luar tapi juga dari dalam. Selain baik buat rambut, makanan-makanan itu juga kaya manfaat buat kesehatan tubuh. Nggak mau ‘kan baru umur 20-an tapi udah pusing mikirin penampilan yang kayak udah 50-an?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya