Bisa dibilang,

Skripsimu tidak akan kelar tanpa peranan dosen pembimbing.

Advertisement

Kamu boleh saja pernah dibuat galau dan merasa di-PHP ketika minta tanda tangan, atau panik ketika revisi yang diberikan beliau sama sekali berlainan dengan fokus penelitianmu. Tapi dosen pembimbing tetaplah orang yang paling berpengaruh dalam skripsimu. Karena beliau, kamu bisa tahu seperti apa tulisan akademik yang baik dan yang kurang baik. Karena izin beliaulah, kamu jadi bisa sidang pendadaran. Karena pengesahan beliau naskahmu memenuhi syarat untuk mendapatkan gelar sarjana.

Jangan hanya mengucapkan terima kasih di kata pengantar saja, alangkah baiknya kamu juga memberikan kado atau bingkisan sebagai kenang-kenangan pada dosenmu yang telah membimbing skripsi sampai selesai kini. Tanpa harus bingung memilih kado apa yang cocok dan pantas untuk diberikan, 10 rekomendasi ini bisa jadi inspirasi.

1. Laptop adalah gawai yang selalu dosen pakai, jadi hadiahi saja soft case buatan sendiri agar laptopnya tak gampang lecet.

Kado untuk dosen pembimbing skripsi

Kado untuk dosen pembimbing skripsi via ispydiy.com

Laptop adalah gawai yang sering digunakan dosen untuk mengajar, bahkan tak terkecuali buat mengoreksi skripsi yang sedang kamu revisi. Nah, sebagai wujud terima kasih, kamu bisa memberikan soft case agar laptopnya tak mudah rusak. Nah, jika ingin kado ini terkesan lebih personal, buat sendiri saja. Caranya juga mudah kok.

Advertisement

Pertama-tama buat pola seperti ini di atas kain bermotif. Setelah itu lapisi dengan kain felt agar lebih tebal. Lalu gunting dan gunakan lem kain untuk melipat kain agar membentuk seperti amplop. Sebagai pemanis, kamu juga bisa menempelkan pita di atasnya. Sekarang soft case laptop unik buatan tangan siap di berikan pada dosen pembimbing terbaik yang telah membantu skripsi.

2. Agar dosen pembimbing lebih rajin menandatangani revisi skripsi, kamu berikan saja pena yang berkualitas nan elegan.

Hadiah untuk dosen pembimbing skripsi

Kado untuk dosen pembimbing skripsi via www.etsy.com

Memberikan kenang-kenangan pada dosen pembimbing memang bukan kewajiban, tapi gak ada salahnya juga dilakukan. Gak harus barang mewah kok, yang penting bermanfaat misalnya pena. Pilihlah pena yang berkualitas, bagus dan bentuknya elegan. Lalu kemas dalam kotak  kayu berwarna coklat atau dihias dengan pita saja. Dengan kado seperti ini, semoga beliau makin rajin mengoreksi revisi — meski bukan revisimu sih, karena kamunya ‘kan sudah lulus 😀

3. Dosen pembimbing pasti dengan senang hati menerima kado buku yang kamu beri, apalagi jika buku itu dari bidang yang beliau geluti.

Kado buat dosen pembimbing skripsi

Kado buat dosen pembimbing skripsi via www.theidearoom.net

Buku adalah barang berharga agar keilmuan dosen selalu update dan mendalam. Jadi kamu bisa menjadikan buku sebagai kenang-kenang untuk beliau. Namun, agar kado yang diberikan lebih “tepat”, pilihlah buku yang memang belum beliau miliki. Selain itu, pilihlah buku dengan tema yang  berkaitan dengan proyek yang sedang digeluti. Kamu bisa mencuri-curi informasi dengan melihat-lihat rak koleksinya. Setelah itu, bungkus buku pemberianmu dalam kemasan yang menarik ya, misalnya dengan hiasan ranting bunga seperti pada gambar. Nah, kado seperti ini pasti bikin dosen pembimbing skripsi merasa senang.

4. Masing-masing daerah di Indonesia punya kain khas yang indah, kenapa gak memberikan kain khas daerahmu saja sebagai hadiah?

kenang-kenangan buat dosen pembimbing skripsi

kenang-kenangan buat dosen pembimbing skripsi via tessalombokholidays.co.id

Mungkin kamu asli dari Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Lombok atau daerah lainnya? Pasti kamu tak asing dengan kain khas yang bercorak indah. Kain songket, kain tenun, kain batik, kain tapis, dan masih banyak lain kain tradisional yang menarik. Nah, kamu bisa menjadikan benda satu ini sebagai kenang-kenangan untuk dosen pembimbing tercinta. Pilihlah kain dengan ukuran standar misalnya 2 x 1,5 meter. Ukuran ini membuat beliau lebih leluasa untuk membuatnya jadi atasan atau bawahan. Lalu kemas dalam kotak kado yang indah. Dijamin, beliau pasti tak akan menolak.

5. Buku agenda tak hanya bermanfaat untuk mencatat jadwal rapatnya, tapi juga menampung ilmu baru yang didapat.

Kado untuk dosen pembimbing skripsi

Kado untuk dosen pembimbing skripsi via www.diymaniacs.com

Kamu ingin memberikan kado untuk dosen pembimbing namun bingung memilih barang yang cocok untuk beliau? Tenang, kamu bisa memilih buku agenda sebagai hadiah. Pastikan kamu pilih buku agenda dengan warna yang tak norak ya. Selain itu, pilih model yang elegan. Lalu kemas menggunakan kain ala Jepang. Jangan lupa selipkan kartu ucapan terima kasih ya.

6. Dosen pembimbing skripsimu cowok? Berikan saja dasi eksklusif agar beliau lebih necis.

Kado untuk dosen pembimbing skripsi

Kado untuk dosen pembimbing skripsi via agmashop.ru

Dosen pembimbingmu laki-laki? Agar lebih necis, berikan saja dasi sebagai kado kenang-kenangan selama kuliah. Tapi pastikan kamu pilih warna yang netral agar cocok dipakai buat jas warna apa saja, misalnya dasi warna hitam, biru dongker, atau coklat tua. Lalu kemas dalam kotak kado polosan. Jangan lupa selipkan ucapan terima kasih atas bimbingan yang sudah diberikan. Jadi, beliau bisa tampil lebih necis saat mengajar atau seminar.

 7. Selain membuat beliau kenyang, kenang-kenangan dalam bentuk camilan bikinan sendiri bisa terasa lebih personal.

Kado untuk dosen pembimbing skripsi

Kado untuk dosen pembimbing skripsi via bg104879817.fm.alibaba.com

Memberikan kenang-kenangan pada dosen pembimbing skripsi bukan berarti gratifikasi ya, hal justru bisa jadi bentuk rasa terima kasih. Namun, pastikan kamu memberikannya saat skripsi memang sudah kelar.

Nah, agar kado yang kamu berikan lebih personal, berikan saja cemilan atau coklat buatan tangan. Kamu bisa bikin sendiri atau pesan pada catering. Kemas dalam kotak, keranjang, atau toples yang transparan. Tambahkan pita sebagai hiasan. Sekarang rasa terima kasih sudah bisa diwakilkan salam bentuk kado cemilan.

8. Ingin memberikan kenang-kenangan yang unik dan berbeda? Terrarium bisa menjadi jawabannya.

Kado buat dosen pembimbing skripsi

Kado buat dosen pembimbing skripsi via au.lifestyle.yahoo.com

Selain makanan, kamu juga bisa memberikan hiasan sebagai kenang-kenangan. Tak melulu lukisan atau patung ukiran, terrarium yang bisa dibuat sendiri juga jadi pilihan. Cara membuatnya mudah kok, gunakan akuarium bulat sebagai wadah. Lalu masukkan batu, kompos, arang aktif, dan zeolit secara berlapis. Kemudian masukkan tanaman tahan lembab seperti sansiviera (lidah mertua), kaktus, sukulen, dan bromelia. Nah, mudah ‘kan cara membuatnya? Terrarium indah nan eco-green siap menghiasi meja kantor beliau.

9. Botol minum atau thermos yang kamu berikan bisa menjadi penyelamat saat beliau kehausan di sela-sela kesibukan.

kado buat dosen pembimbing skripsi

kado buat dosen pembimbing skripsi via www.vitamin-ha.com

Air adalah kebutuhan dasar bagi orang, apalagi dosen yang selalu sibuk kesana-kemari. Maka, dari itu kamu bisa memberikan botol minum atau thermos sebagai kado kenang-kenangan. Selain itu botol minum atau thermos berbentuk polos yang dikemas dalam kertas kado unik bisa membuat beliau senang. Benda ini sewaktu-waktu bisa menyelamatkan beliau saat kehausan di antara padatnya jadwal.

10. Demi penampilan yang prima saat menjadi pembicara, berikan jas atau blazer sebagai kenang-kenangan baginya.

10 (2)

Blazer atau jas bisa jadi alternatif kenang-kenangan

Selain mengajar dan mengoreksi skripsimu, gak sedikit dosen yang aktif menjadi pembicara di seminar-seminar. Nah, agar penampilannya lebih prima, kamu bisa memberinya kado jas atau blazer resmi nan eksklusif sebagai tanda terima kasih. Namun, pastikan kamu memilih bahan yang tidak panas ya. Selain itu, tentukan warna kalem dan tak norak. Dengan hadiah ini, dosen pembimbingmu pasti merasa senang.

11. Kalau dosen pembimbingmu masih sendiri, sebagai rasa terima kasih gak ada salahnya kamu kenalkan pada saudara atau teman yang berkualitas tinggi

Dijodohin! Hehe

Dijodohin! Hehe

Dosen pembimbingmu masih jomblo atau sendiri? Inilah waktunya kamu membantu mencarikannya jodoh. Tawarkan padanya untuk kenalan dengan orang yang menurutmu memang berkualitas dan cocok dengan beliau. Mungkin temanmu, kakakmu, atau saudaramu. Ucapan terima kasih semacam ini pasti bikin beliau juga terharu.

Keberhasilan menyelesaikan skripsi memang bukan sepenuhnya hasil dari kerja dosen pembimbing. Namun, sebagus apapun kamu mengerjakannya, tanpa tanda tangan beliau, naskah tidak bisa diajukan sebagai syarat wisuda. Nah, tak hanya mengucapkan terima kasih di kata pengantar. Kamu juga bisa memberikan 11 kado ini sebagai kenang-kenangan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya