Panduan Kegiatan di Rumah Selama Social Distancing. Tetap Sehat, Produktif, dan Nggak Gabut

Aktivitas rumah social distancing

Sudah sekitar dua minggu pemerintah meminta banyak pihak untuk #JagaJarakSejenak dengan tinggal di rumah saja. Bagi sebagian orang mungkin menyenangkan, tapi ada juga yang malah merasa gelisah dan bosan. Wajar sih, sebab biasanya kita pasti keluar rumah untuk melakukan aktivitas lain sehari-harinya, eh sekarang udah hampir dua mingguan tinggal di rumah doang.

Advertisement

Tapi sebenarnya, rasa bosan ini bisa kamu bunuh kok. Berikut Hipwee Tips punya panduan kegiatan selama di rumah yang bisa kamu ikuti. Yuk, praktikkan biar tetap sehat dan produktif.

1. Pagi hari setelah bangun tidur lakukanlah peregangan sebentar

olahraga ringan via www.prozeny.cz

Nggak mesti keluar rumah, kamu pun bisa kok melakukan peregangan di atas kasur. Misal dengan melakukan gerakan seperti sikap lilin atau overhead stretch. Nggak perlu lama, lakukan sekitar 10 sampai 15 menit saja sudah cukup kok.

2. Selesai peregang, bersihkan dulu area rumah, masak, dan sarapan

masak dulu via andreabeaman.com

Baiknya semua pekerja rumah diselesaikan pagi hari supaya saat bekerja atau sekolah daring kamu nggak ribet mengurusi ini-itu lagi. Saat membersihkan rumah, kamu bisa sekalian menyemprotkan cairan disinfektan ke permukaan seperti gagang pintu atau keran. Agar pola makan tetap terjaga, usahakan sarapan kurang dari pukul 09.00 ya.

Advertisement

3. Jangan lupa berjemur 10 sampai 15 menit di waktu tertentu

Dokter Ahli Gizi, dr. DR. Tan Shot Yen menjelaskan, pukul 10.00 merupakan waktu terbaik untuk berjemur, melansir laman Kompas. Di mana pada jam tersebut, ultraviolet B yang dibawa sinar matahari akan bekerja langsung dengan kolestrol dalam permukaan kulit untuk membentuk vitamin D3. Nah, vitamin inilah yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan imun kita. Berjemur pun nggak perlu terlalu lama, 15 hingga 20 menit saja sudah kok.

4. Setelah semua selesai, bekerja atau belajarlah di area ternyaman dalam rumah

Meski di rumah, kamu mesti menyiapkan meja kerja yang proper agar lebih produktif. Baiknya, atur waktu seefektif mungkin supaya kerjaan bisa selesai sesuai jam kerjamu. Jangan lupa, sesekali berjalan-jalanlah di area rumah supaya nggak bosan. Oh iya, tetap sediakan waktu untuk beristirahat dan makan siang juga, ya!

5. Jika semua kewajiban sudah dikerjakan, beritirahatlah sejenak sembari menikmati serial favorit

hibur diri

Salah satu kunci supaya imun tetap kuat ialah dengan melakukan manajemen stres. Selain bermain dengan anak atau menonton film, kamu juga bisa menelpon teman atau saudara untuk melepas penat. Lakukan rutin, supaya merasa lebih bergairah apalagi jika kamu tinggal sendiri di rumah.

Advertisement

6. Di awal minggu, sempatkan waktu untuk melakukan food preparation

lakukan food prepartion via www.businessinsider.sg

Hal ini dilakukan supaya pengeluaran tetap terkontrol di masa pandemi ini. Selain itu, ini juga akan mempercepat proses masak dan membuat bahan jauh lebih awet. Food preparation ini bisa dilakukan seminggu atau dua minggu sekali kok.

7. Patuhi jam tidur harianmu dengan nggak begadang dulu

usahakan tidur cukup via www.topresume.com

Sering diabaikan, padahal tidur cukup dan berkualitas merupakan salah satu kunci untuk mendapatkan tubuh yang bugar. Di samping itu, tidur cukup juga bisa menjaga imun tetap kuat sehingga bisa bantu melawan virus corona.

Beberapa aktivitas di atas bisa kamu sesuaikan sendiri dengan jam kerjamu. Baiknya, usahakan untuk tetap bergerak meski kamu hanya di rumah saja. Sebab, hal ini bisa bantu meningkatkan imun tubuh. Nggak melulu harus olahraga berat, sesimpel beres-beres rumah juga udah cukup membantu, kok. Tetap jaga kesehatan, ya~

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

CLOSE