Nggak terasa kita sudah tiba di penghujung tahun memasuki bulan Desember. Bagi umat Kristiani, bulan Desember tentu menjadi saat yang ditunggu-tunggu karena perayaan hari Natal jatuh di bulan ini. Menjelang bulan Desember, suasana Natal perlahan mulai terasa di berbagai tempat, salah satunya di pusat perbelanjaan. Beragam pernak pernik mulai dijajakan dan bikin gemas ingin ngeborong. Selain identik dengan pernak perniknya, hari Natal juga tak lepas dari menu sajiannya yang unik dan meriah. Banyak menu cemilan yang biasanya terasa biasa saja di hari lain menjadi begitu spesial di momen Natal.

Kalau biasanya kamu menikmati sajian kue-kue Natal buatan Mama atau beli di toko kue, kenapa kali ini nggak coba membuat sendiri di rumah? Selain kamu bisa bikin lebih banyak kue dengan bujet lebih rendah, kamu juga bisa bebas berkreasi sehingga kuemu bisa tampil beda dari kue-kue kering Natal pada umumnya. Plus lebih higienis dan sesuai selera juga karena buatan sendiri! Tertarik menjajal kemampuanmu di dapur? Hipwee Tips kali ini akan menyajikan resep-resep kreasi kue Natal yang sedap, instagrammable dan tentunya wajib dicoba~

1. Kue kering putri salju. Kue lezat berbalut gula yang lumer di mulut ini bisa kamu kreasikan dengan isian cokelat, lho!

Manis dan lezat, siapa nih yang bisa nolak? via sajiansedap.grid.id

Advertisement

Sajian di hari Natal terasa kurang lengkap tanpa kehadiran kue kering berbentuk bulan sabit ini bertabur gula halus. Yang membuatnya unik adalah taburan gula halus yang terlihat seperti salju, membalut kue-kuenya. Karena bentuknya yang seolah berselimut salju, nggak heran kue ini sering menjadi sajian wajib di momen Natal. Nah, biar nggak kelihatan biasa-biasa saja seperti kue putri salju lainnya, kue ini kamu isi dengan filling cokelat seperti resep berikut ini, lho!

Bahan-bahan :

  • 175 g mentega

  • 100 g gula pasir1 sdt vanili

  • 400 g tepung terigu

  • 200 g kacang walnut yang dihancurkan

  • Chocolate chip secukupnya

  • Gula halus secukupnya

2. Gingerbread Cookies. Kue berbentuk manusia salju dengan rasa jahe ini pas banget disajikan di hari Natal. Selain bentuknya lucu, rasanya juga unik!

Imut banget, ‘kan~ via www.schwartz.co.uk

Advertisement

Ingin sajian hari Natal tampak lebih cantik dan memikat mata? Tambahkan setoples gingerbread cookies di deretan kue-kue andalanmu! Penampilannya yang imut dan menggemaskan bikin gingerbread cookies ini sangat sulit buat ditolak, dijamin deh tamu-tamu yang datang bakal penasaran buat nyicipin. Aroma jahe dan kayu manis yang unik membuat cemilan ini sempurna banget buat kamu nikmati dengan segelas cokelat panas. Cara membuatnya nggak sesulit yang kamu bayangkan kok!

Bahan-bahan :

  • 450 g tepung terigu
  • 2 dst baking powder
  • 4 dst bubuk jahe
  • 2 dst kayu manis
  • Sejumput garam laut
  • 200 g gula kastor
  • 250 g unsalted butter, di
  • 4 sdm golden syrup
  • 1 butir telur ukuran besarCara membuat :
  1. Campurkan tepung dengan soda kue, bubuk jahe, dan kayu manis ke dalam satu wadah sambil diayak perlahan.
  2. Masukkan butter dan aduk dengan garpu hingga seperti pasir halus.
  3. Tambahkan gula kastor dan aduk rata kembali.
  4. Campurkan telur dengan golden syrup lalu kocok lepas. Masukan adonan telur ke dalam tepung dan aduk terus dengan sendok kayu hingga adonan menyatu dan merata. Diamkan selama 30 menit (tutupi mangkok dengan kain/serbet).
  5. Gulung adonan setebal kurang lebih 1/2 cm, kemudian cetak dengan cetakan bentuk natal seperti manusia jahe, malaikat, bintang, pohon natal, manusia salju. Susun di atas loyang yang sebelumnya telah dilapisi kertas minyak/kertas roti (gunanya agar tidak menempel bila dipanggang)
  6. Panggang dalam oven 180 derajat Celcius selama kurang lebih 15 menit hingga matang. Setelah matang, keluarkan dan dinginkan.
  7. Hias dengan royal icing sesuai selera ­ dan keringkan sebentar.

3. Bûche de noël. Kue asal Perancis ini jadi salah satu kue yang wajib disajikan pada hari Natal. Cocok nih buat penggemar cokelat!

‘Balok kayu’ ini cantik dan tentunya bisa dimakan~ via www.bettycrocker.com

Kelihatan unik dan menggiurkan ya? Bolu gulung yang punya nama keren Bûche de noël atau Yule Log ini sangat populer di negara-negara Eropa seperti Perancis, Swiss, dan Inggris. Pada dasarnya kue Bûche de noël ini adalah kue roll cake biasa yang didekorasi sedemikian rupa hingga menyerupai balok kayu dengan ornamen buah dan dedaunan. Cara membuatnya relatif mudah kok. Kalau kamu punya bahan-bahannya, yuk langsung praktik sendiri di rumah. Untuk resepnya kamu bisa langsung klik video di bawah ini ya!

4. M&M’s™ Cookies. Cookies ini mudah dibuat dan pasti bakal jadi favorit banyak orang meskipun tampilannya sederhana~

Cookies biasa jadi kelihatan beda dengan butiran M&Ms via www.bettycrocker.com

Suka makan cookies dengan taburan choco chip? Untuk Natal kali ini kamu bisa berkreasi membuat cookies menggunakan taburan permen cokelat M&Ms. Kamu bisa  menggunakan permen M&Ms warna merah dan hijau agar menonjolkan nuansa Natalnya. Resepnya nggak sulit kok!  Yuk, cus cek resepnya!

Resep ini disadur dari maedapur.blogspot.co.id

Bahan-bahan:

  • 120 g butter
  • 100 g gula palem
  • 50 g gula halus
  • 1 butir kuning telur
  • 150 g tepung terigu
  • 1/2 sdt soda kue
  • 1/2 sdr vanili bubuk
  • 100 g M&Ms

Cara membuat :

Campurkan mentega dan gula lalu aduk dengan menggunakan spatula bila butternya dalam kondisi ruang dan kocok menggunakan mixer bula butter-nya membeku/keras. Kocok hingga lembut, lalu masukan kuning telur dan campurkan rata adonannya.

Masukkan tepung, soda kue dan vanili bubuk. Aduk hingga rata dan menjadi bola adonan. Sendok menggunakan ice cream scoop atau sendok ke atas loyang. Tekan-tekan dengan punggung sendok agar melebar, tapi jangan sampai terlalu gepeng ya. Masukkan ke dalam kulkas selama kurang lebih 15-30 menit lalu panggang di oven di suhu 180 derajat selama 15 menit atau sampai matang.  

 5. Christmas Cupcake. Rasanya sayang kalau melewatkan menu cupcake karena selain enak, kue ini juga instagrammable banget!

Super cantik~ via www.sugarandsoul.co

Kue cupcake sangat lucu dan menggemaskan sehingga sangat cocok disajikan di hari Natal. Kamu bisa berkreasi dengan hiasan di atas kuemu, entah dengan icing atau taburan permen warna warni. Biar suasana Natal semakin terasa meriah, kamu bisa hias dengan hiasan tema-tema natal, misalnya pohon natal. Nah, buat kamu yang nggak suka ribet, cupcake bisa jadi pilihan karena membuat cake dasarnya relatif nggak terlalu sulit dan jarang gagal. Kamu juga bebas berkreasi dengan hiasan di atasnya.  Cek resepnya di video berikut ini kalau kamu tertarik membuatnya ya~

6. Eclairs. Sajian kue lezat dengan tampilan yang cantik. Topping-nya juga bisa kamu kreasikan sesuka hati, lho~

Tampilannya cantik, instagramable dan rasanya lezat~ via www.taste.com.au

Bentuknya yang mungil dan cantik saat disajikan plus memiliki rasa yang lezat membuat kue Prancis ini layak buat kamu sajikan di momen Natal. Pada dasarnya sih bahannya mirip dengan kue sus, tapi dengan tekstur lebih padat. Meskipun Eclairs populer dengan lelehan cokelat di atasnya, tapi kamu bisa kok variasikan topping-nya sesuai selera. Tertarik membuatnya ya? Simak video berikut ini ya!

Gimana, sudah memutuskan mau mencoba membuat kue yang mana dulu? Semoga resep yang dibagikan kali ini bisa bermanfaat ya! Selamat mencoba dan berkreasi di rumah 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya