Habis Kehujanan, Lakukan 6 Hal ini Biar Badanmu Tetap Fit. Musim Hujan Rentan Bawa Penyakit!

Anti sakit setelah kehujanan

Kamu sudah nggak heran kan, kalau ada orang yang flu atau sakit kepala setelah kehujanan? Hal ini terjadi karena tubuh manusia gegar mengalami perubahan suhu yang nggak biasa, sehingga kekebalan tubuh mengalami penurunan. Di samping itu, cuaca dingin juga membuat virus lebih mudah untuk menyebar.

Advertisement

Meski begitu, kamu bisa kok mencegah sakit, terlebih setelah kehujanan. Melansir dari berbagai sumber, lakukan 6 cara ini agar tubuh tetap fit di musim penghujan.

1. Setelah kehujanan, usahakan segera mandi dan keramas

mandi dan keramas sehabis kehujanan via www.pexels.com

Air hujan mengandung senyawa yang bersifat asam dan kadarnya justru tinggi ketika gerimis. Mandi dan keramas dengan air hangat bisa menghilangkan senyawa tersebut, sehingga bisa menghindari resiko terserang penyakit. Keringkan badan, lalu ganti pakaian agar tubuh nggak kedinginan dan suhunya tetap terjaga.

2. Konsumsi makanan dan minuman hangat

mengkonsumsi minuman dan makanan hangat via www.pexels.com

Mengonsumsi makanan dan minuman hangat bisa bikin suhu tubuh yang dingin menjadi hangat, sehingga kekebalan tubuh nggak gampang turun. Flu dan pilek dipercaya bisa dicegah dengan konsumsi makanan dan minuman hangat. Kamu bisa mengonsumsi susu, sup, atau olahan jahe. Jahe dianggap lebih efektif dalam menghangatkan sekaligus menyehatkan.

Advertisement

3. Menerapkan pola makan yang sehat

menerapkan pola makan yang sehat via www.pexels.com

Saat musim hujan, pola makan yang sehat harus kamu perhatikan lebih, karena lagi-lagi berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh. Makanan seperti sayur-sayuran yang mengandung banyak vitamin dan yang mengandung banyak protein seperti tempe dan ikan, baik dikonsumsi karena dapat membantu membangun pertahanan tubuh dalam melawan virus penyebab penyakit.

4. Banyak minum air putih

banyak minum air putih via www.pexels.com

Terkesan sepele, tapi nyatanya cuaca dingin memang membuat orang malas minum air putih. Terkadang alasannya hanya sekadar malas bolak-balik toilet. Padahal bolak-balik toilet bisa menyehatkan karena virus dan bakteri keluar lewat air seni. Selain itu, faktanya air putih juga dapat mencegah flu lo. Melansir dari laman Halodoc, Dr David Lewis, dokter THT, mengungkapkan air putih bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan melancarkan peredaran darah pencegah flu.

5. Jangan mager, lakukan gerakan peregangan

Lakukan perengangan ringan via www.pexels.com

Musim hujan memang bikin kamu jadi mageran. Tapi untuk menjaga tubuh tetap dan lebih hangat, kamu harus bergerak dengan melakukan peregangan ringan. Ketika otot beraktivitas, tubuh akan sedikit lebih hangat. Selain itu, peregangan ringan juga bisa memperlancar aliran darah.

6. Jangan begadang, jaga pola tidur

Tidur tepat waktu sehabis kehujanan via www.pexels.com

Setelah kehujanan, usahakan untuk nggak begadang. Kelelahan menjadi celah bagi virus penyakit untuk menyerangmu. Tidur yang cukup bisa memulihkan stamina dan mengembalikan sistem kekebalan tubuh yang sempat turun.

Jika kamu sudah menerapkan beberapa cara di atas tapi tetap terserang penyakit, jangan sungkan untuk langsung ke dokter. Sistem kekebalan tubuh setiap orang berbeda, dan konsultasi dengan ahli ketika kondisi nggak membaik adalah langkah bijak yang harus kamu lakukan. Tetap jaga kesehatan saat beraktivitas di musim penghujan, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

lebih menyukai titik. ketimbang koma,

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE