7 Aplikasi Pendeteksi Gempa Akurat yang Bisa Bantu Kamu Lebih Waspada

Ada yang sudah dilengkapi dengan alarm peringatan gempa dan tsunami, lo!

Gempa bumi terjadi setiap hari di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Apalagi, Indonesia terletak di wilayah cincin api pasifik, yang menjadikannya rawan gempa. Karena gempa bumi yang kuat bisa mengakibatkan cedera dan kerusakan, peringatan dini bisa membantu kita bersiap dalam menghadapi guncangan dan jadi lebih waspada. Untuk mengetahui informasi gempa bumi secara akurat, kamu bisa download aplikasi pendeteksi gempa ini, lo!

1. Info BMKG

Info BMKG

Tampilan aplikasi ‘Info BMKG’ di Google Play Store | Sumber: Google Play Store

Advertisement

Info BMKG adalah aplikasi yang dirintis langsung oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika. Aplikasi ini akan memberikan informasi tentang cuaca dan bencana alam yang terjadi berdasarkan lokasi secara real-time. Jika ada gempa yang kekuatannya lebih dari 5 skala richter, Info BMKG akan memberitahu jarak epicentrum gempa bumi ke lokasi pengguna. Selain itu, masih banyak lagi fitur-fitur penting yang disediakan Info BMKG.

2. Info Gempa Bumi Terkini

Info Gempa Bumi Terkini

Tampilan aplikasi ‘Info Gempa Bumi Terkini’ di Google Play Store | Sumber: Google Play Store via play.google.com

Seperti namanya, Info Gempa Bumi Terkini menyediakan informasi tentang gempa bumi yang terjadi di seluruh wilayah Indonesia sesuai secara langsung. Aplikasi ini dapat mengetahui informasi waktu, lokasi, dan wilayah terjadinya gempa bumi. Data yang terdapat di aplikasi ini dapat dipastikan akurat karena bersumber dari BMKG langsung. Uniknya, aplikasi Info BMKG Gempa Bumi Terkini sudah dilengkapi dengan alarm peringatan gempa dan tsunami.

3. MAGMA Indonesia

MAGMA Indonesia

Tampilan aplikasi ‘MAGMA Indonesia’ di Google Play Store | Sumber: Google Play Store via play.google.com

Dikembangkan secara mandiri oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Indonesia, MAGMA Indonesia memberitahu secara real-time tentang aktivitas gunung api, gerakan tanah, gempa bumi, dan tsunami.

Advertisement

Untuk gempa sendiri, informasi yang disajikan mencakup lokasi dan waktu kejadian, magnitudo, kedalaman, simbol mekanisme gempa bumi di sekitar lokasi gempa bumi, nama gunung api terdekat pusat gempa bumi, dan sumber data.

Mengutip deskripsi aplikasi pada Google Play Store, informasi lainnya yang ada, namun tidak selalu disediakan adalah intensitas gempa bumi (MMI) dan tanggapan yang berisi deskripsi, kondisi wilayah, mekanisme, dampak, rekomendasi, dan nama penyusun laporan.

4. My Earthquake Alerts & Feed

My Earthquake Alerts

Tampilan aplikasi ‘My Earthquake Alerts’ di Google Play Store | Sumber: Google Play Store via play.google.com

Advertisement

My Earthquake Alerts adalah aplikasi pemantauan gempa yang kuat yang memberikan semua informasi yang dibutuhkan tentang gempa di seluruh dunia. Aplikasi ini dilengkapi dengan peta gempa langsung yang dapat mendeteksi dan melacak gempa bumi dari seluruh dunia, serta peringatan gempa yang disesuaikan.

Aplikasi My Earthquake Alerts mendapatkan informasi dari berbagai jaringan gempa AS dan seluruh dunia, termasuk USGS dan EMSC. Salah satu fitur uniknya adalah fitur pencarian yang bisa digunakan untuk menemukan sejarah gempa sejak tahun 1970.

5. Disaster Alert

Disaster Alert

Tampilan aplikasi ‘Disaster Alert’ di Google Play Store | Sumber: Google Play Store via play.google.com

Disaster Alert adalah aplikasi gratis yang menyediakan informasi tentang bencana alam apa pun di seluruh dunia, termasuk gempa bumi, tsunami, gunung berapi, banjir, kebakaran, badai, dan bencana lainnya, termasuk bencana buatan manusia.

Melalui aplikasi ini, kamu bisa menyetel peringatan dini, melihat laporan analisis situasi bencana, dan mengakses dampak bahaya dalam suatu peta wilayah. Informasi baru yang disajikan berasal dari sumber yang diverifikasi. Ketika sedang tidak ada sumber resmi yang tersedia, peringatan diperbarui secara manual sehingga membutuhkan waktu.

6. Earthquake Alert!

Earthquake Alert!

Tampilan aplikasi ‘Earthquake Alert!’ di Google Play Store | Sumber: Google Play Store via play.google.com

Dirilis oleh Josh Clemm, aplikasi Earthquake Alert! memberikan informasi gempa bumi dengan minimal Magnitudo 1.0+ untuk gempa bumi di AS dan Magnitudo 4.5+ untuk gempa bumi dari seluruh dunia. Kita juga bisa melihat lokasi gempa yang terjai melalui peta yang disediakan. Menurut pengguna, aplikasi ini mudah digunakan dan memberikan informasi yang akurat di daerah rawan bencana.

7. MyShake

MyShake

Tampilan aplikasi ‘MyShake’ di Google Play Store | Sumber: Google Play Store via play.google.com

MyShake adalah aplikasi yang awalnya dikembangkan untuk negara bagian California, namun sekarang menyediakan informasi gempa bumi di seluruh dunia yang akurat. Sayangnya, untuk pemberitahuan dini gempa bumi hanya tersedia untuk area California, Oregon, and Washington. Aplikasi ini tersedia dalam bahasa Inggris, Spanyol, dan Jepang.

Nah, nggak ada ruginya download aplikasi-aplikasi ini untuk memberi tahu peringatan dini sewaktu-waktu ada bencana alam.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE