Bacaan Surat Al Ikhlas, Keutamaan, dan Waktu Membacanya

Suratan pendek untuk amalan

Bacaan surat Al Ikhlas memang pendek. Namun, di balik fakta tersebut, surat ini mengandung sejumlah keutamaan yang membuatnya istimewa.

Advertisement

Surat Al Ikhlas diturunkan di Kota Makkah. Dalam susunan Al Quran, letak surat ini adalah surat ke-112, ayatnya berjumlah 4, kalimatnya ada 15, dengan huruf berjumlah 47.  Fakta ini, tentu membuat setiap muslim sangat mudah untuk menghafalnya.

Selain menghafal suratnya dalam bahasa Arab, kamu bisa menghafal bacaan surat Al Ikhlas latin dan artinya dalam artikel ini.

Bacaan Surat Al Ikhlas dan Artinya

قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ 

Advertisement

qul huwallāhu aḥad

 اَللّٰهُ الصَّمَدُۚ 

Advertisement

allāhuṣ-ṣamad

 لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْۙ 

lam yalid wa lam yụlad

 وَلَمْ يَكُنْ لَّهٗ كُفُوًا اَحَدٌ 

walam yakul lahụ kufuwan aḥad

Terjemahan surat Al Ikhlas

  1. Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa. 
  2. Allah tempat meminta segala sesuatu. 
  3. (Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. 
  4. Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia.”

Keutamaan Surat Al Ikhlas

Ada sejumlah keutamaan surat Al-Ikhlas yang perlu kamu tahu. Rasul saw. dan para ulama melalui berbagai riwayat kerap menyebut surat ini dan menyematkan berbagai keutamaan di dalamnya, antara lain:

1. Surat yang Allah Swt. Cintai

Dalam sebuah riwayat dari Aisyah r.a., Rasul saw. menyebutkan bahwa surat ini adalah surat yang Allah Swt. cintai.

“Sesungguhnya Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengutus seseorang kepada sekelompok pasukan, dan ketika orang itu mengimami yang lainnya di dalam shalatnya, ia membaca, dan mengakhiri (bacaannya) dengan [قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ], maka tatkala mereka kembali pulang, mereka menceritakan hal itu kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam , lalu beliau pun bersabda: “Tanyalah ia, mengapa ia berbuat demikian?” Lalu mereka bertanya kepadanya. Ia pun menjawab: “Karena surat ini (mengandung) sifat ar Rahman, dan aku mencintai untuk membaca surat ini,” lalu Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Beritahu dia, sesungguhnya Allah pun mencintainya.” (H.R. Bukhori)

2. Menjadi Pelindung dari Segala Keburukan

Jika kamu sering mendengar surat Al Ikhlas dibaca bersamaan dengan surat An Nas dan Al Falaq, ketahuilah bahwa itu ada alasannya. Dalam sebuah riwayat, Rasul saw. menyampaikan bahwa ketiga surat ini dapat menjadi pelindung bagi potensi keburukan yang bisa menjumpai manusia.

“Dituturkan oleh Uqbah bin ‘Amir al Juhani Ra. Rasulullah bersabda, “Tidak ada seorang pun yang berlindung (dari segala keburukan) seperti orang orang yang berlindung dengannya (tiga surat) tersebut.” (HR.An Nasa’i)

3. Menjadi Cahaya Alquran

Salah seorang ulama asal Indonesia, yakni Syaikh Nawawi Al-Bantani, pernah menyebut bahwa surat Al Ikhlas adalah cahaya Alquran.

Hal ini karena kandungan dari surat ini yang mencakup seluruh pokok dari Alquran. Persis sebagaimana yang Imam Al-Ghazali sebutkan: 

“Kandungan pokok Alquran itu ada tiga, yaitu mengenal Allah, mengenal akhirat, dan mengenal shirathal mustaqim,”

Waktu Membaca Surat Al Ikhlas

Karena memiliki banyak keutamaan, maka sangat bagus jika kamu sering-sering membacanya. Namun perlu kamu ketahui, ada waktu-waktu tertentu yang secara khusus kamu sebaiknya membacanya. Waktu-waktu ini sesuai dengan berbagai riwayat hadis yang kami tahu.

  1. Pagi dan sore hari
  2. Sebelum tidur
  3. Wirid setelah shalat
  4. Dalam bacaan surat sunnah qobliyah (sebelum) Subuh
  5. Dalam bacaan surat sunnah ba’diyah (sesudah) Maghrib
  6. Ketika melaksanakan shalat witir 3 rakaat
  7. Ketika melakukan ruqyah

Meskipun ada waktu-waktu khusus, bukan berarti membacanya di luar itu tidak menjadi pahala. 

Pada dasarnya, semua ayat Alquran mengundang kebaikan jika kamu baca. Namun jika kamu sudah tahu kapan saja yang lebih utama (afdhol) membaca bacaan surat Al Ikhlas, tentu sebaiknya kamu tak melewatkan waktu-waktu tersebut.

Bagaimana, kamu sudah siap mengamalkannya?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE