Bahaya Main HP Sebelum Tidur, Jaga Kesehatanmu!

Zaman sekarang, kayaknya sulit banget buat pisah sama handphone kita. Dari mulai buka sampai tutup mata, handphone selalu jadi peneman yang setia. Bahkan, kalau lagi nggak bisa tidur, kita bakal main handphone sambil nunggu ngantuk. Berjasa banget, ya, dia? Saatnya berterima kasih karena keberadaannya bikin kita merasa nggak kesepian.

Advertisement

Eits, jangan salah dulu. Kamu mungkin nggak menyadari ini, tapi kebiasaan main handphone sebelum tidur bisa mempengaruhi kesehatan otak dan kualitas tidurmu, loh! Kelihatannya, sih, nggak bahaya dan seru, padahal sebenarnya berdampak besar pada tubuhmu secara keseluruhan.

Bahaya bermain ponsel sebelum tidur

Main hp saat tidur

Wanita tidak bisa lepas dari ponselnya | Foto oleh SHVETS production dari Pexels via www.pexels.com

Kamu nggak butuh memeriksa handphone-mu sebelum tidur supaya otakmu nggak terus-terusan aktif dan terbangun. Kebiasaanmu akan memburuk kalau kamu merasa harus selalu terhubung untuk menjawab atau memposting sesuatu. Terus-terusan memeriksa ponsel, terutama sebelum tidur, berdampak negatif pada perasaan itu.

Selain itu, cahaya biru yang dipancarkan handphone juga berdampak buruk bagi penglihatan, dan lagi-lagi, otakmu. Paparan cahaya biru yang terlalu sering dapat menekan melatonin, yaitu hormon yang mengatur pola tidurmu. Kalau hormon itu terganggu, kamu akan mengalami insomnia dan akhirnya merasa lelah di siang hari dan cepat marah. Singkatnya, ponsel membuatmu tetap terjaga dan menunda tidur REM.

Advertisement

Paparan cahaya biru yang sangat terang juga memengaruhi jam tubuhmu, loh. Normalnya, kamu akan merasa berenergi saat matahari terbit dan lelah saat matahari terbenam. Namun, keterangan cahaya ponsel membuat tubuhmu selalu aktif dan waspada. Ini dapat mengakibatkan tubuhmu capek setiap waktu.

Apa yang harus dilakukan?

tips mengecas HP

Menjauhkan ponsel saat ingin tidur | Foto oleh Hasan Albari dari Pexels

Kamu harus mengatur waktu penggunaan handphone-mu sebelum tidur, dong! Pastikan handphone-mu sudah mati 1 jam, atau sekurang-kurangnya 30 menit, sebelum kamu tidur. Hal ini dilakukan supaya otak dan perasaanmu punya waktu untuk istirahat sehingga tidurmu jadi tenang.

Advertisement

Kalau kamu sulit membatasi penggunaanmu, coba letakkan handphone di ruangan yang berbeda dari kamar tidurmu. Alternatif lain adalah untuk menyalakan ‘Night Mode‘ atau ‘mode malam’ untuk meminimalkan notifikasi yang mengganggu tidur nyenyakmu.

Selamat mencoba, ya! Semoga kebiasaan main handphone sebelum tidurmu bisa berhenti.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE