Balkon rumah atau teras lantai atas identik dengan hunian yang bertingkat. Biasanya sih difungsikan untuk tempat jemuran atau dibiarkan begitu saja. Apalagi kalau ukurannya cenderung sempit dan nggak dapat sudut pemandangan yang menarik, yang ada balkon cuma jadi ruangan mangkrak yang bahkan pintunya pun jarang dibuka.

Kalau rumahmu bertingkat dan punya balkon yang belum difungsikan, coba deh sontek beberapa ide penataan balkon yang sudah Hipwee Tips kumpulkan berikut. Balkonmu yang sempit itu bisa diubah jadi ruang santai untuk leyeh-leyeh cantik lo!

1. Menggunakan kursi kayu untuk tempat bersantai di balkon memang paling pas karena memberi nuansa hangat dan natural

menambahkan kursi dan meja kayu via gr.pinterest.com

2. Agar lebih nyaman, kamu bisa tambahkan bangku panjang dengan alas bantal untuk dudukan. Plus bantal-bantal kursi sebagai pelengkapnya

bantal dudukan di kursi kayu via id.pinterest.com

3. Kalau balkonmu dirasa terlalu sempit untuk menaruh meja, buatlah meja dari palet kayu yang direkatkan permanen pada besi pembatas

meja dari palet kayu via www.thespruce.com

4. Bagaimana dengan sofa mini berbentuk L yang dilengkapi dengan bantalnya? Kamu bisa tambahkan lampu-lampu di atasnya

sofa mini via id.pinterest.com

5. Jika memungkinkan, kamu bisa merancang bangku panjang dari kayu yang mengelilingi dinding atau besi pembatas

bangku panjang mengelilingi pembatas via www.pinterest.nz

6. Menaruh kasur? Boleh saja! Usahakan ranjangnya cukup kuat ya…

kasur lengkap dengan ranjangnya via id.pinterest.com

7. Kalau cuaca di luar balkon cenderung menyengat, kamu bisa letakkan payung di atas kursi dan mejamu. Udah kayak di kafe-kafe aja nih!

payung untuk menghalangi panas via herimag.pw

8. Kursi-kursi dekoratif lainnya juga bisa kamu tampilkan di balkon kesayangan. Jangan lupa sertakan karpet dan elemen hiasan lainnya

elemen dekoratif via id.pinterest.com

9. Jika balkonmu cukup lebar dan dekat dengan dapur, nggak ada salahnya memanfaatkannya sebagai area ruang makan. Menanam pohon yang cukup tinggi bisa dijadikan referensi agar lebih adem

ruang makan di balkon via homesthetics.net

10. Nah, payung-payung besi yang bisa dirambati tanaman menjalar juga bakal bikin balkonmu terlihat lebih lega dan asri kayak di taman kota

balkon bernuansa taman kota via cindymartindesign.com

11. Balkon tak harus dimanfaatkan jadi ruang bersantai bersama. Balkon dengan kursi single seperti ini cocok untukmu yang butuh ruang menyendiri

balkon untuk menyendiri via www.recognizealeader.com

Advertisement

Jadi, penataan balkon mana nih yang paling cocok dengan karaktermu?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya