Segala benda yang membawa manfaat dan membuat penampilanmu lebih OK, pasti akan mendapat predikat sebagai benda kesayangan.

Siapa dari kamu yang punya barang seperti tas, sepatu, dan jaket yang berbahan kulit?

Kebanyakan orang pasti punya satu atau dua koleksi barang dari bahan ini. Tapi, ada juga yang sengaja untuk lebih tidak memilih dari bahan kulit. Salah satu pertimbangannya adalah perawatannya yang sulit.

Untuk kamu yang udah terlanjur punya banyak koleksi barang dari kulit, jangan khawatir. Hipwee sudah merangkum beberapa tips supaya barangmu tetap awet dang longlasting sampai nanti. Simak bareng-bareng, yuk!

1. Supaya tas tidak mudah berjamur, seringlah untuk mengangin-anginkan tasmu di luar ruangan.

Taruh di luar via weheartit.com

Advertisement

Banyak model tas yang berbahan dasar kulit yang bisa dipakai oleh pria dan wanita. Kadang saking sayangnya, tas ini dipakai hanya pada acara tertentu. Jika tidak dipakai, menyimpannya dalam lemari adalah pilihan satu-satunya.

Eiiits, terlalu lama menyimpan di dalam lemari nggak bikin tas kulitmu jadi awet lho. Jamur yang berwarna keputihan malah yang akan mengotori bagian luar tasmu karena udara lembab lemari. Untuk menghindari jamur-jamur itu, kamu pun perlu untuk mengangin-anginkan tasmu di luar ruangan. Supaya tasmu tetap awet dan terbebas dari jamur, ya guys!

2. Jangan lupa masukkan silica gel atau kamper ke dalam tas. Supaya tetap kering dan jamur nggak datang lagi.

Sisipkan silica gel di dalam via indulgy.ru

Setelah mendapat asupan udara yang cukup, kamu bisa meletakkan kembali tas kulitmu ke dalam lemari. Supaya jamur ogah hinggap, kamu bisa masukkan silica gel atau kamper ke dalam tas. Selain untuk menghilangkan bau yang kurang sedap, silica gel ini bisa membuat bagian dalam tasmu kering dan tidak lembab. Nah, supaya kulitnya semakin terawat dan mendapat angin yang cukup, sering-seringlah untuk membuka lemarinya ya.

3. Tidak perlu khawatir tas kotor dan bau, kamu tetap bisa mencucinya kok. Asal dengan cara tepat, tasmu akan tetap awet.

Dengan penanganan yang tepat via www.simplyspecialgifts.co.uk

Karena nyaman dan bisa diandalkan, kamu sering sekali memakai tas kulit kesayanganmu ke beragam acara dan kegiatan. Debu dan kotoran pun kadang membuat tasmu terlihat kotor. Kamu pun bingung dan khawatir, apa boleh mencuci tas kulit ini? Jawabannya adalah boleh, asalkan dengan cara yang tepat dan berbeda seperti mencuci tas yang berbahan kain.

  • Siapkan air hangat dan sabun mandi, campurkan dalam satu bak yang cukup besar.
  • Oleskan cairan sabun ke permukaan tas menggunakan tangan secara perlahan.
  • Sikat tas dengan sikat berbulu halus seperti sikat gigi untuk anak-anak, secara lembut.
  • Bilas sampai sabun hilang menggunakan air hangat. Untuk bilasan terakhir, pakai air dingin.
  • Gantung di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung dan biarkan kering dengan sendirinya.
  • Setelah kering, kamu bisa oleskan body lotion di permukaan tas, supaya tidak terlalu kering.

Mencuci tas berbahan kulit kini sudah bukan jadi hal yang sukar, kan?

4. Jangan biarkan jamur mengotori jaketmu. Bersihkan menggunakan body lotion. Efek mengkilap pun bisa kamu dapat

Jaket menjadi sebuah item penting yang selalu ada di lemari sebagian besar orang. Selain untuk melindungimu dari udara dingin dan teriknya matahari, jaket pun bisa diandalkan untuk menonjolkan penampilanmu. Ketika jaketmu dibuat kotor oleh warna putih yang menyebar, kamu seketika akan dibuat bete. Tenang, jaket kulitmu bisa dibuat bersih kembali dengan olesan body lotion kesayanganmu. Kandungan moisturizer yang kaya, bisa membuat permukaan jaketmu bersih sekaligus mengkilap. Wah, bisa dicoba nih!

5. Jaket kulitmu akan lebih awet jika disimpan dalam posisi digantung dengan hanger. Melipatnya justru membuat kondisi kulitnya jadi lebih tipis.

gantung pakai hanger via my-pleasure.dk

Supaya jaket kulitmu bisa lebih awet dan tahan lama, ada satu tips lagi nih yang perlu kamu perhatikan. Tekstur jaket kulit yang lebih kaku dan tebal daripada yang berbahan kain, perlu mendapat perawatan khusus. Lebih baik, kamu menggantungnya dengan hanger saat menyimpan di dalam lemari. Hal ini bertujuan supaya bentuk jaketmu tetap sama seperti saat pertama dibeli.Kamu nggak mau kan jaketmu jadi kusut dan nggak OK lagi karena bekas lipatan?

6. Menyimpan sepatu di dalam kardus bikin lembab dan nggak baik buat kulitnya. Mending taruh di rak aja.

Rapi dan kinclong via www.styleforum.net

Ketika sepatumu sedang tidak dipakai, memang, salah satu saran yang tepat dengan menyimpannya di dalam kotaknya. Tapi, hal ini tidak berlaku saat kamu merawat sepatu yang berbahan dasar kulit. Hal ini akan membuat sepatu kulitmu jadi lembab karena kurangnya udara segar yang masuk, yang akan memicu munculnya jamur. Supaya dapat asupan udara yang cukup, mending kamu taruh sepatu kulit di rak sepatu yang terbuka aja.

7. Memakai sikat sepatu untuk membuat mengkilap, riskan merusak bahan kulit. Pakai lap dan shoe conditioner supaya lebih awet.

Tips keren via www.jackthreads.com

Untuk membuat sepatu kulitmu jadi lebih mengkilap, banyak orang yang menggunakan sikat ketika menyemir sepatu. Ternyata, menggunakan sikat bisa merusak permukaan sepatu kulitmu. Disarankan untuk menggunakan lap kering yang lembut untuk meratakan shoes conditioner di sepatumu. Gosok perlahan supaya mendapat hasil yang mengkilap, serta awet sampai beberapa waktu ke depan.

8. Jika basah karena kehujanan, segera keringkan menggunakan koran dan lap kering. Biarkan kering dengan sendirinya dan jauhkan dari paparan sinar matahari secara langsung.

Sepatu basah via www.maxmayo.com

Cuaca memang sulit untuk diprediksi. Pagi ini cerah, tiba-tiba sore hari bisa diguyur hujan sampai malam. Akibatnya, sepatu kulitmu jadi basah. Jangan khawatir, kamu bisa melakukan pertolongan pertama pada sepatu kulitmu ini dengan koran dan lap kering. Taruh sepatu basahmu di atas koran, dari masukkan koran ke bagian dalam sepatu. Karena koran punya daya serap air yang cukup bagus. Kamu juga bisa mempercepat penyerapan air dengan lap kering.

Untuk proses pengeringan, kamu cukup menaruhnya di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Kamu pun tak perlu menggunakan pengering seperti hair dryer supaya cepat kering. Hal ini akan membuat keelastisan kulitnya menjadi terlalu kering yang membuat kulit mudah mengelupas dan pecah-pecah.

9. Dengan cuka pun, barang kulit kesayangan kalian bisa bersih dengan budget yang terjangkau.

Murah meriah via brightside.me

Untuk kamu yang ingin memberikan perawatan rutin untuk yang terjangkau, ada solusinya. Dengan air cuka kamu bisa membuat barang kesayanganmu yang berbahan kulit bebas dari jamur dan mengkilap. Caranya pun mudah.

  • Siapkan spon yang sudah dibasahi dengan air.
  • Tuang sedikit cuka di atas spon tersebut, lalu usapkan ke seluruh permukaan kulit. Terutama di permukaan yang berjamur.
  • Keringkan menggunakan handuk kering.

Selain dengan spon, kamu juga bisa pakai sikat gigi bekas sebagai alternatif. Setelah itu, kamu bisa menyimpan kembali barang berbahan kulit kesayanganmu setelah benar-benar kering, ya.

10. Atau dengan baby oil, benda kesayanganmu yang berbahan kulit bisa bersih dan mengkilap dan nggak kering.

Minyak bayi via www.laudablebits.com

Karisma yang dimiliki oleh yang berbahan kulit adalah ketika mengkilap. Nah, kamu pun bisa mendapatkan hasil yang mengkilap hanya dengan baby oil. Dengan handuk kecil yang halus, kamu perlu menyiapkan sedikit tenaga untuk meratakan ke seluruh permukaannya. Hasil mengkilap sekaligus mencegah kondisi kering bisa kamu dapatkan dalam satu waktu.

Nah, dari beberapa tips untuk merawat barang kesayanganmu yang berbahan kulit, mana nih udah nggak sabar pingin kamu coba, guys?

Kredit featured image: https://www.jackthreads.com/jtedit/2015/05/21/style-basics-101-how-to-properly-care-for-your-leather-shoes