Menjadi seorang cowok yang sibuk dengan banyak kegiatan memang bisa membuat handai taulan lupa dengan hal-hal kecil yang punya pengaruh besar. Soal jerawat, misalnya. Meskipun sibuk, cowok mesti sadar dengan penampilan wajah.

Sibuk karena berbagai kegiatan memang sah-sah saja. Entah gara-gara kerjaan kantor, organisasi, bahkan yang sibuk main game. Tak ada yang melarang. Tapi untuk kebaikan wajah kita, kenapa nggak coba lakukan hal-hal di bawah ini.

Jangan kebanyakan ngopi! Ngantuk bisa hilang, tapi jerawat bisa datang.

ga bikin ngantuk sih..

ga bikin ngantuk sih.. via healthygaylifestyles.com

Advertisement

Bagi kebanyakan cowok, kopi selalu jadi pilihan utama untuk membuatnya jauh dari rasa kantuk. Apalagi kalau ada tugas kantor atau kuliah yang memaksa kalian harus terjaga sampai larut malam. Tapi jika berlebihan konsumsi kopi, potensi munculnya jerawat juga makin besar.

Dikutip dari Times of India, 2-3 cangkir kopi bisa meningkatkan hormon kortisol dalam tubuh. Kafein yang terkandung itu yang bikin kortisol meningkat.

Kortisol punya peran mempertahankan keseimbangan tekanan darah dengan cara ngejaga kepekaan pembuluh darah dari pengaruh hormon adrenalin lainnya. Dan ketika kortisol itu berlebih, kulit bisa rusak dan jerawat muncul pun sulit buat dihindari.

Selain nggak baik buat ginjal, alkohol juga bikin jerawatan. Jauhin!

Haram juga, kan?

Haram juga, kan? via www.discoveryplace.info

Advertisement

Bagi kalian para peminum dan punya masalah dengan wajah berjerawat, jangan mimpi wajahmu bisa bebas jerawat. Jerawat bisa muncul karena kandungan alkohol juga lho, bro…

Minuman beralkohol bentuknya emang liquid, tapi siapa yang tau minuman beralkohol malah bisi bikin kalian dehidrasi. Dari dehidrasi itu, kondisi kulit bisa jadi ngga sehat seperti jerawat, roacea, eksim, dan psoriasis. Alkohol juga bikin kulit kalian kusam, keriput, dan kering.

Batasi konsumsi karbohidrat. Ternyata karbohidrat juga memicu jerawat

makanan kita sehari-hari

makanan kita sehari-hari via ceritaperut.com

Selain bikin perut melar, konsumsi karbohidrat juga bisa menyebabkan wajah mudah berjerawat. Karena kita orang Indonesia yang sebagian besar makanan pokoknya nasi, maka kita kudu jaga baik-baik porsinya.

Makanan berkabohidrat, seperti nasi, memiliki kecenderungan meningkatkan kadar gula darah. Selain itu, untuk masalah kesahatan kulit, karbohidrat juga melepaskan hormon yang merangsang produksi minyak, dan membuat sel-sel kulit menyumbat pori-pori lebih cepat.

Kalau jajan mie ayam atau bakso bilang tanpa mecin. Mecin juga bikin jerawatan lho

Kurang-kurangin mecin juga.

Kurang-kurangin mecin juga. via 1.bp.blogspot.com

Garam memang bisa jadi salah satu bahan untuk perawatan kulit dari jerawat. Ketika dicampur dengan madu, garam dapat jadi masker yang jadi alternatif perawatan wajah berjerawat.

Tapi, hal tersebut hanya berlaku untuk obat luar. Bukan yang dicerna oleh alat pencernaan kita. Makanan yang mengandung garam dengan dosis tinggi malah terbukti meningkatkan potensi kemunculan jerawat. Apalagi mecin, guys. Kurang-kurangin..

Kalo gak yakin tanganmu bebas bakteri, jangan pegang-pegang muka deh

Tangannya diem, daripada infeksi.

Tangannya diem, daripada infeksi. via 1.bp.blogspot.com

Kadang secara tak sadar, kita sering menyentuh wajah dengan tangan kita. Kita tak tahu kondisi tangan kita habis pegang apa. Kalau tangan gak bersih, tangan akan penuh dengan bakteri dan kuman yang bisa menempel di wajah kulit kamu.

Banyak-banyakin minum air putih. Selain jauh dari dehidrasi, kulit bisa lebih sehat

Minum air putih dulu, guys.

Minum air putih dulu, guys. via lh3.googleusercontent.com

Jangan sekali-kali remehkan hal yang satu ini. Meskipun sibuk membuat kita kerap melupakan sesuatu, jangan pernah lupa minum air putih. Sempatkan isi tubuhmu dengan air putih.

Manfaat menjaga minum air putih setiap hari sangat banyak. Di samping menghindari diri dari kemungkinan dehidrasi, banyak minum air putih bisa berdampak baik buat kulit. Kulit bisa ngga bakal kusam, kering dan terhindar dari jerawat.

 

Ditengah kesibukan lembur atau nonton bola tidur harus tetap kamu jaga

Jangan begadang kalo tiada artinya.

Jangan begadang kalo tiada artinya. via sleepwellmedical.com

Waktu paling baik buat tidur adalah jam 9 atau 10 malam. Dan sebagai cowok, batas waktu itu bisa aja kita tabrak kalau masih ada tanggungan pekerjaan atau kuliah yang belum terselesaikan. Namun untuk menghindari potensi munculnya jerawat, tubuh perlu waktu tidur 8 jam.

Pada saat kita tidur, kulit kita akan melakukan recovery untuk merangsang pembentukan sel-sel kulit baru. Sel-sel kulit mati pun diperbaharui. Dengan demikian, komedo dan jerawat dapat dicegah. Jadi, kalau pola tidurmu gak sehat, jangan kaget jerawat-jerawat bisa bermunculan di wajahmu.

Paling penting: Jangan stres dan galau kebanyakan!

Jangan lupa main.

Jangan lupa main. via cdn.images.dailystar.co.uk

Ini hal yang paling penting. Ketika kita stres, kelenjar-kelenjar sebasea pada kulit terangsang sehingga memicu kemunculan jerawat.

Sesibuk apa pun kamu, jangan lupa bahagia.

Stres juga berpengaruh terhadap sistem imun tubuh. Penyembuhan jerawat yang sudah ada pun lebih lambat dibanding saat stres jauh dari kita. Pasti kita juga pernah merasakan ketika stres, kecenderungan untuk menekan-nekan sendiri jerawatnya semakin besar. Efeknya, peradangan jerawat terjadi lebih hebat.

Bagaimana, guys? Masih bingung kenapa kamu masih jerawatan aja? Mulai skarang udah tahu kan apa yang harus dilakukan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya