7 Khasiat Body Oil Ini Bikin Kamu Ternganga. Lotion Belum Ada Apa-apanya

Khasiat body oil untuk melembapkan kulit

Kulit selalu memerlukan pelembap, apa pun jenis kulitnya. Terlebih di cuaca yang ekstra panas seperti sekarang ini, yang bikin kulit kehilangan kelembapan alaminya. Belum lagi kalau kulitmu tergolong kering dan bersisik, justru harus makin rajin pakai pelembap. Kalau nggak, bukan hanya tampak kasar, tapi juga mempercepat proses penuaan lho!

Advertisement

Salah satu pelembap kulit yang banyak dipakai adalah lotion, sayangnya lotion ini cepat menguap setelah dipakai. Nah, body oil digadang-gadang jadi alternatif pelembap kulit yang khasiatnya lebih ampuh dibanding lotion. Sehebat apa sih body oil sebenarnya?

1. Body oil akan mengunci kelembapan kulitmu lebih lama, sehingga nggak bakal cepat menguap ke udara

Mengunci kelembapan kulit. Photo by Christin Hume via unsplash.com

Berbeda dengan lotion yang merupakan campuran dari berbagai zat kimia, body oil hanya mengandalkan kandungan minyak alami saja, sehingga kulitmu bakal mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Body oil juga lebih cepat menyerap di kulit dan mengunci kelembapan lebih tahan lama ketimbang lotion yang cepat menguap dan kering. Nggak perlu dipakai berulang-ulang ‘kan jadinya. Karena kelembapannya yang seimbang, kulitmu akan terasa kenyal, halus dan lembut.

2. Nggak hanya melembapkan, body oil juga mampu memperbaiki kondisi kulit dan memudarkan bekas luka

Mengatasi masalah kulit juga. Photo by Dmitry Poch via depositphotos.com

Selain kulit lembap yang tahan lama, masalah kulit seperti stretch mark, selulit ataupun bekas luka bisa diatasi dengan rutin mengoleskan body oil. Pilih kandungan rosehip oil alias minyak tumbuhan yang diekstrak dari buah mawar yang kaya akan lemak esensial yang baik untuk regenerasi jaringan. Bisa juga menggunakan kandungan geranium yang mampu menjaga elastisitas kulitmu. Mau tahu minyak alami yang juga ampuh basmi jerawat dan bekas-bekasnya? Cek di sini.

Advertisement

3. Bukan cuma kesehatan kulit saja, aroma alami body oil juga ampuh perbaiki mood dan bikin pikiran lebih tenang

Merileksasi tubuh dan pikiran. Photo by Chelsea shapouri via unsplash.com

Untuk memberi efek menenangkan, pilihlah body oil yang punya keharuman dengan efek relaksasi seperti lavender, bergamot, chamomile dan ylang ylang atau kenanga. Biar efek relaksasinya lebih terasa, pakailah body oil pada malam hari dengan menyalakan lilin aromaterapi sambil memijat bagian tubuhmu yang terasa lelah. Nah, kalau mood-mu sudah bagus, secara nggak langsung rasa percaya dirimu juga meningkat. Selain pijat pakai body oil, kamu juga bisa melakukan spa sendiri di rumah lho! Baca tutorialnya di sini.

4. Memijat tubuh dengan body oil akan mengurangi nyeri dan stres tanpa menimbulkan gesekan yang nggak nyaman pada kulit

Hilangkan stres. Photo by alan caishan via unsplash.com

Tahukah kamu? Saat kamu sedang stres, kulit jadi jaringan terakhir yang menerima nutrisi karena darah harus terlebih dahulu melewati organ vital seperti otak dan jantung. Stres juga menyebabkan tubuh memproduksi radikal bebas yang dapat merusak kesehatan kulit. Untuk mencegahnya, memijat tubuh dengan body oil adalah solusi yang tepat guna. Body oil membuat aktivitas memijat jadi lebih nyaman karena nggak menimbulkan gesekan yang kasar pada kulit. Panas yang dihasilkan dari terapi pijat juga mampu melancarkan peredaran darah, sehingga kamu akan lebih rileks.

5. Kulit sudah lembap, badan juga sudah enakan, sekarang giliran rambutmu yang juga bisa merasakan khasial body oil

Bisa untuk rambut juga. Photo by EdZbarzhyvetsky via depositphotos.com

Karena hanya mengandalkan bahan alami, biasanya body oil juga bisa difungsikan untuk menutrisi serta memperbaiki rambutmu. Cukup tuangkan beberapa tetes body oil dan balurkan pada rambut dalam kondisi setengah basah untuk menutrisi dan melindunginya dari debu dan polusi. Kamu pun bisa gunakan body oil dalam keadaan rambut yang kering untuk sekadar melembutkan agar rambutmu nggak berantakan.

Advertisement

6. Wangi alami dari body oil bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan aroma parfum di badan lho!

Parfum pun bisa wangi lebih lama. Photo by titov via depositphotos.com

Body oil umumnya membawa keharuman dari ekstrak tanaman alami yang terkandung di dalamnya. Nah, wangi alami dari body oil ini memperkuat keharuman parfum jadi lebih tahan lama jika keduanya memiliki base notes yang sama. Misalnya aroma kayu cendana, lavender, atau rosewood. Kamu pun nggak perlu khawatir jika suatu saat lupa pakai parfum, karena aroma kesegaran dari body oil ini juga bisa menggantikan wangi parfummu. Nah, biar wangi di badanmu melekat kuat seharian, coba dulu trik ini.

7. Terakhir, body oil itu kandungannya alami. Kulitmu yang sensitif itu nggak bakal gampang iritasi

Dari bahan alami. Photo by AntonMatyukha via depositphotos.com

Khasiat ini tentu jadi kelebihan body oil karena pelembap tubuh bertekstur cream dan lotion biasanya membutuhkan zat pengemulsi untuk menyatukan unsur air dan minyak. Nah, zat pengemulsi ini yang kadang punya kandungan bahan kimia yang cenderung bikin kulit iritasi. Karena berasal dari kandungan alami tumbuh-tumbuhan, body oil lebih aman digunakan, khususnya untuk kulit yang kering dan sensitif.

Meskipun harganya cenderung lebih mahal dari lotion, kamu akan mendapatkan khasiat yang tentunya jauh lebih menguntungkan ketimbang lotion. Jadi kapan nih, kamu mau coba pakai body oil?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

CLOSE