Di negara tropis, orang-orang cenderung akan lebih banyak berkeringat, apalagi cowok. Kelebihan keringat ini bisa saja membuat kakimu jadi lebih bau busuk . Bakteri yang ada di kulit dan sepatumu akan memakan keringat dan memproduksi asam. Jangankan mencuci kaus kaki, memperhatikan kakimu itu bau atau tidak saja kadang-kadang masih malas-malasan. Hehehe…

Untungnya, masih ada cara untuk mengurangi bakteri dengan membuat habitat yang lebih kering di kakimu. Hipwee Tips akan memberi tahumu cara-cara gampang yang bisa kamu lakukan di rumah, demi kaki yang bersih dan wangi sekaligus terbebas dari bau!

1. Rendam kakimu di air garam agar bakteri penyebab bau enggan kembali menyerang

rendam pakai garam dan air via inhabitat.com

Garam akan menarik kelembapan dari kulitmu dan mengurangi jumlah bakteri yang bertahan hidup disana. Gunakan ember atau mangkuk yang berukuran sangat besar lalu campurkan garam ke dalamnya, kira-kira 1/2 -1 garam padat. Rendam kaki selama 20 menit dan lakukan setiap hari selama dua minggu.

2. Tingkat asam tinggi dalam cuka pun ampuh menyerap bau kaki. Katakan selamat tinggal sama bakteri ~

rendam kaki dengan cuka via brand-list.com

Advertisement

Merendam kakimu dengan cuka akan membuat kakimu jadi tempat tinggal yang tidak ramah untuk para bakteri.

Campurkan cuka dan air dengan perbandingan 1:2 dalam ember atau mangkuk besar. Rendam kaki selama 30 menit tiap harinya selama satu minggu. Dan bau nggak enak akan hilang dari kakimu!

3. Teh celup itu kaya antioksidan, makanya baik banget buat ngilangin segala macam bau busuk dan kuman

rendam pakai teh celup via redersdigest.co.uk

Asam dari teh akan menutup pori-porimu sehingga bisa mengurangi jumlah keringat. Teh juga bisa menjadi antibiotik alami untuk membunuh bakteri di kakimu.

  • Rendam dua kantong teh dalam sekitar setengah liter air dan didihkan selama 15 menit
  • Angkat dan tambahkan 1 liter air dingin
  • Rendam kakimu selama 30 menit tiap harinya selama satu minggu.

Atau, masukkan teh celup ke sepatumu juga bisa…

teh celup mencegah bau via thehomemadeexperiment.com

4. Pilih bahan kaus kaki yang menyerap keringat dan selalu bawa kaus kaki cadangan

Kaus kaki yang menyerap keringat via etsy.com

Bahan-bahan kaus kaki seperti nylon dapat membuat kakimu jadi lebih lembab. Berbeda dengan katun yang lebih bisa membuat kakimu bernafas. Tapi kalau kamu merasa keringatmu yang keluar di atas rata-rata cowok lainnya, mending kamu bawa kaus kaki cadangan. Ganti kaus kakimu setelah lewat tengah hari biar nggak bau. Butuh modal sih, tapi mau gimana lagi?

5.  Busuknya kakimu juga bisa disebabkan oleh sepatumu yang bau, yuk hilangin dulu!

Kamu bisa menggunakan semprotan khusus untuk sepatu, karena pada dasarnya tak semua sepatu bisa dicuci. Atau kalau ingin yang lebih gampang, kamu bisa menaburkan bubuk jagung untuk menyerap kelembaban dalam sepatumu. Bisa juga pakai baking soda, taruh dalam plastik kecil dan biarkan terbuka agar bau sepatumu bisa terserap.

Meski kadang malas-malasan, mempraktikkan cara-cara tadi itu berarti kamu masih peduli sama kebersihan. Malu ah, katanya udah gede?

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!