Saat akan membeli atau mengonsumsi pisang, kebanyakan orang cenderung akan memilih pisang berwarna kuning dengan anggapan sudah matang dan nutrisinya lebih banyak. Sedang pisang hijau nggak banyak disukai lantaran dianggap masih mentah dan rasanya juga yang agak sepat. Padahal, kedua jenis pisang ini punya kandungan nutrisi dan khasiatnya masing-masing untuk tubuh.

Agar bisa memilih mana yang akan konsumsi sesuai kebutuhanmu, baiknya ketahui dulu nih beda kandungan nutrisi dalam pisang hijau dan pisang kuning sekaligus manfaatnya berikut.

1. Pisang hijau kerap disebut pisang diet karena ketika menjadi kuning, kadar gula di dalamnya meningkat

pisang hijau lebih rendah gula via jooinn.com

Advertisement

Gula dalam pisang hijau tersimpan dalam bentuk pati resisten yang adalah jenis karbohidrat yang nggak bisa diuraikan oleh enzim pencernaan sehingga sulit hancur. Meski lebih sedikit kalorinya, asupan pati resisten bikin kamu kenyang lebih lama, menurunkan gula darah, dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Sedangkan gula dalam pisang kuning tersimpan dalam bentuk sederhana seperti sukrosa, fruktosa, dan glukosa yang mudah dipecah tubuh sehingga cepat menaikkan gula darah. Jadi, penderita diabetes baiknya memilih mengonsumsi pisang hijau ketimbang pisang kuning.

2. Pisang kuning mengandung lemak sehat yang baik untuk menjaga kolesterol. Sedang pisang hijau sama sekali nggak mengandung lemak

pisang kuning mengandung lemak sehat via anekatop10.com

Jumlah lemak baik dalam pisang kuning termasuk sangat sedikit, hanya sekitar 0,1 gram. Lemak baik ini berfungsi menjaga kadar kolesterol baik HDL dan menurunkan kadar kolesterol jahat LDL, sehingga bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Penelitian juga menunjukkan bahwa dua lemak baik ini bermanfaat untuk mengontrol kadar insulin dan kadar gula darah yang akan menurunkan risiko penyakit diabetes melitus tipe 2 lo!

Advertisement

Tapi sayang, lemak baik ini hanya terkandung pada pisang kuning atau yang sudah matang.

3. Kandungan antioksidan pada pisang kuning lebih banyak dibandingkan dengan pisang hijau

pisang kuning lebih banyak antioksidan via www.today.com

Pisang merupakan salah satu sumber makanan tinggi antioksidan yang ampuh melawan efek merugikan dari radikal bebas dalam tubuh dan mencegah penuaan. Radikal bebas merupakan molekul-molekul yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan penyakit. Nah, untuk asupan antioksidan yang tinggi bisa kamu dapatkan lebih banyak pada pisang kuning dibanding pisang hijau yang lebih sedikit antioksidannya.

4. Kandungan vitamin dalam pisang hijau maupun pisang kuning relatif sama banyaknya

kandungan vitaminnya sama via www.powerofpositivity.com

Selain mengandung kalori, lemak baik, dan antioksidan tinggi, pisang juga mengandung beberapa jenis vitamin yang diperlukan tubuh. Vitamin itu antara lain vitamin A, B1, B2, B3, dan vitamin C. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan vitamin ini relatif sama, baik pada pisang kuning maupun yang hijau.

5. Kadar sejumlah mikronutrien seperti magnesium, seng dan mangan berubah sesuai dengan tingkat kematangan pisang

mengandung mikronutrien via www.powerofpositivity.com

Mikronutrien berperan penting dalam proses pembentukan hormon maupun sistem kekebalan tubuh. Pisang memiliki beberapa jenis zat mikro ini, antara lain magnesium, seng atau zink, dan mangan. Semakin matang pisang, kadar magnesium yang bagus untuk jantung dan tulang akan semakin menurun. Namun, kandungan seng dan mangan justru akan lebih banyak pada pisang kuning daripada pisang hijau.

6. Pisang dengan bintik-bintik hitam lebih ampuh tangkal kanker ketimbang pisang hijau dan kuning yang bersih permukaannya

pisang berbintik via www.1health.id

Bintik hitam pada bagian luar kulit pisang menunjukan kondisi matang pada pisang. Pisang memiliki kandungan Tumor Necrosis Factor (TNF) atau sifat anti kanker yang sangat kuat, di mana kandungan itu akan membantu produksi sel darah putih dalam tubuh meningkat dalam jumlah yang baik. Kandungan TNF inilah yang menyebabkan bintik-bintik hitam pada kulit pisang. Semakin banyak bintik hitam, maka semakin banyak pula kandungan imun TNF yang terkandung dalam pisang.

Jika dibandingkan dengan pisang hijau atau pisang yang memiliki kulit kuning bersih, maka pisang dengan bintik hitam ini delapan kali lebih efektif dalam peningkatan sel darah putih dan mencegah kanker dalam tubuh.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan perbedaan kandungan nutrisi pada pisang hijau maupun pisang kuning? Meski keduanya bermanfaat bagi tubuh, perhatikan komposisi dalam buah pisang terutama bagi kamu yang diabetes, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya