Kebanyakan setelah memakan pisang, orang akan langsung membuang kulitnya ke tempat sampah. Padahal ada banyak manfaat ajaib yang terdapat pada kulit pisang yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini 10 manfaat dari kulit pisang yang jarang diketahui.

1. Mengurangi kerutan wajah

Kerutan Wajah

Kerutan Wajah via https://www.pixabay.com

Kerutan wajah terjadi ketika kulit kehilangan elastisitasnya dan kehilangan kekencangannya. Antioksidan dan vitamin C yang terkandung dalam kulit pisang dapat membantu mengurangi munculnya keriput.

Advertisement

Caranya gosok kulit pisang ke kulit dan biarkan selama 30 menit atau semalaman lalu bilas muka dan kembali ulangi 3 kali seminggu.

2. Meredakan kulit gatal

Kulit Gatal

Kulit Gatal via https://www.pixabay.com

Kulit pisang adalah obat alami yang bagus untuk kulit gatal. Kulit pisang mengandung nutrisi seperti magnesium vitamin C dan vitamin D yang terdapat dalam kulit pisang untuk menghilangkan gatal dari racun atau gigitan nyamuk.

Caranya adalah oleskan kulit pisang ke area yang terkena gigitan nyamuk biarkan selama 10 hingga 15 menit lalu hapus dan ulangi ke area yang terkena gigitan lainnya.

3. Melindungi mata dari sinar UV

Melindungi mata

Melindungi mata via https://www.pixabay.com

Advertisement

Kulit pisang dapat digunakan untuk melindungi mata dari kerusakan sinar UV karena kulitnya kaya akan Lutein yang mendorong regenarasi sel retina. Selain itu kulit pisang juga baik untuk melihat keadaan di malam hari.

Caranya adalah gosok kulit pisang di mata sebelum berjemur. hal ini juga terbukti mengurangi resiko katarak.

4. Penghilang rasa sakit dan memar

Kulit pisang dapat berfungsi sebagai obat penghilang rasa sakit alami. Untuk merasa lebih baik oleh satu tempelkan sepotong kulit pisang ke area yang sakit atau memar. Kulit pisang akan memperbaiki kondisi tubuh yang mengalami sakit dan memar karena mengandung campuran enzim yang diketahui dapat mengencerkan darah.

Caranya oleskan kulit pisang langsung di area yang sakit lalu biarkan selama 30 menit sampai rasa sakit menghilang. Campuran minyak sayur dan kulit pisang juga membantu menghilangkan rasa sakit dan memar.

5. Mengurangi bekas luka

Kulit pisang memiliki kemampuan untuk mengurangi iritasi kulit seperti pembengkakan, kemerahan dan jaringan parut. Kulit pisang juga mengandung asam lemak terseterifikasi yang sebenarnya telah diisolasi dan dimasukkan ke dalam berbagai lotion yang mengurangi visibilitas bekas luka.

Caranya ambil kulit pisang dan oleskan ke daerah yang terluka biarkan selama 1 jam atau semalaman lalu ulangi setiap hari.

6. Mengobati migrain dan sakit kepala

Sakit Kepala

Sakit Kepala via https://www.pixabay.com

Jika kalian mencari cara alami untuk mengobati migrain, kulit pisang ini bisa menjadi obat alami untuk sakit kepala. Tempelkan kulit pisang di dahi dan di belakang leher dapat membantu meringankan sakit kepala. Ini karena kalium yang terkandung di dalam kulit pisang.

Caranya pertama masukkan kulit pisang ke dalam freezer selama 1 jam lalu tempelkan kulit pisang satu kedahi dan satu ke belakang leher biarkan hingga menjadi hangat. Ulangi jika kalian masih sakit kepala dengan tambahan kulit pisang yang dingin.

7. Menghilangkan serpihan kaca

Serpihan Kaca

Serpihan Kaca via https://www.pixabay.com

Jika kita tertusuk potongan kaca kulit pisang bisa digunakan untuk membuang potongan kaca tanpa rasa sakit. Karena kulit pisang kaya akan enzim yang memiliki efek menarik subjek hingga permukaan kulit yang akan membuatnya lebih mudah untuk mengambil serpihan kaca tanpa rasa sakit.

Caranya oleskan kulit pisang Matang ke area kulit yang terkena kaca diamkan kulit selama 15 menit lalu kemudian lepaskan serpihan kaca nya.

8. Menghilangkan kutil dan kapalan

Kulit pisang berhasil digunakan untuk menyingkirkan kutil. Kalian harus menempelkan potongan kulit pisang dengan menggunakan perban atau perekat yang kuat, lalu biarkan sampai kulit pisang itu benar-benar menjadi hitam. Biasanya ini membutuhkan waktu selama beberapa minggu, tetapi pada akhirnya kutil kan menghilang dan terkelupas seperti potongan kulit mati.

9. Mengurangi jerawat

Kulit pisang mengandung vitamin C dan vitamin E. Selain itu, kulit pisang juga mengandung kalium seng, besi dan mangan. Kandungan ini dapat menenangkan kulit yang meradang dan mengurangi jerawat. Caranya adalah gosok kulit pisang ke kulit wajah dan biarkan selama 5 hingga 10 menit lalu bilas kulit wajah dan ulangi dua kali sehari.

10. Memutihkan gigi

Kulit pisang yang matang sangat kaya Potassium yang dapat membantu mengurangi noda kuning yang muncul sebagai akibat dari konsumsi minuman tertentu seperti kopi teh dan makanan tertentu seperti blueberry dan raspberry.

Caranya setelah kita sikat gigi seperti biasa menggunakan pasta gigi ambil bagian dalam kulit pisang dan gosokan pada gigi selama 2 menit lalu bilas gigi dan ulangi setiap hari.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya