5 Khasiat Bunga Kantil yang Kerap Dianggap Mistis, Nggak Cuma untuk Paes Manten atau Pengasihan lo

Bunga Kantil

Bunga kantil adalah nama lain dari bunga cempaka putih. Kebanyakan orang lebih familier dengan bunga kantil putih karena biasanya dipakai untuk paes manten. Padahal ada juga bunga kantil kuning, bunga kantil ungu, dan bunga kantil merah asli lo. Selain itu, banyak orang mengira khasiat bunga kantil untuk pengasihan saja. Lantaran dianggap mistis, manfaat bunga kantil untuk pelet dengan memakai bunga kantil sepasang paling sering diketahui orang. Pun tak sedikit orang percaya kalau bunga kantil untuk aura.

Advertisement

Terlepas dari kesan mistis dan mitos yang beredar, nyatanya bunga kantil memiliki manfaat yang tak terduga. Bahkan manfaat in jarang diketahui orang lo. Apa saja khasiat bunga kantil? Yuk langsung cek aja!

1. Secara karakteristik berbeda dengan bunga kenanga, bunga kantil mengeluarkan aroma wangi yang cocok banget untuk meredakan stres dan kecemasan

Bunga kantil mengatasi stres | photo by Gerd Altmann via pixabay.com

Panjang bunga kantil sekitar 2 sampai 4,5 cm. Mahkota bunganya lebih lebar ketimbang mahkota bunga kenanga. Tak cuma itu, perbedaan bunga kantil dan kenanga tampak jelas pada karakteristik pohonnya. Bila pohon bunga kantil memiliki ranting yang ditumbuhi bulu abu-abu, pohon bunga kenanga lebih kokoh dan kuat. Meskipun berbeda, keduanya sama-sama menguarkan bau wangi.

Karena aroma wangi itu, bunga kantil kerap diolah menjadi minyak essensial atau lilin aromaterapi. Kalau kamu menghirup aromanya, dijamin kecemasan dan stres menghilang. Semua produk yang mengandung ekstrak bunga kantil terbukti mampu mengurangi perasaan negatif akibat rasa cemas dan stres lo. Hanya saja, penggunaan bunga kantil untuk mengatasi gangguan kecemasan tidak bisa digunakan dalam jangka panjang.

Advertisement

2. Mengonsumsi bunga kantil ternyata bisa menurunkan berat badan. Bisa nih jadi alternatif buat kamu yang pengin diet

menurunkan berat badan | photo by Alan Cleaver via www.flickr.com

Jarang disadari, bunga kantil bermanfaat untuk menurunkan berat badan lo. Asalkan ekstrak bunga kantil dipadukan dengan phellodendron, campuran itu membuat seseorang makan lebih sedikit kalori ketimbang biasanya. Menukil Fimela, perempuan dengan bobot badan berlebih tidak mengalami kenaikan berat badan ketika mengonsumsi campuran bunga kantil tersebut. Jadi akibat makan bunga kantil bukan cuma untuk awet muda seperti mitos yang beredar selama ini, ya. Ada manfaat lainnya yang baik untuk kesehatan.

3. Coba perhatikan kandungan pasta gigi yang kamu gunakan. Kemungkinan ada ekstrak bunga kantil yang berfungsi untuk mengurangi plak gigi

mengurangi plak gigi | photo by Veronica Bosley via pixabay.com

Nggak mengherankan bila pasta gigi mengandung bunga kantil. Pasalnya ekstrak bunga kantil yang dicampur dengan xylitol dapat mengurangi plak gigi. Bunga yang memiliki nama latin magnolia x alba ini diketahui memang ampuh mengatasi permasalahan gigi dan gusi.

4. Gejala menopause sering membuat para kaum hawa kelimpungan lantaran rasa sakitnya. Agar lebih rileks, bunga kantil bisa jadi solusinya

Meringankan gejala menopause | Photo by Sora Shimazaki via www.pexels.com

Perempuan yang meninjak usia 50 tahun kadang mengalami gejala menopause. Bikin nggak nyaman, menopause disertai dengan nyeri, menstruasi yang tak teratur, sampai timbul masalah pada saluran kemih. Nah, salah satu cara yang bisa dipakai adalah menggunakan produk pereda gejala menopause yang mengandung ekstrak bunga kantil. Kandungan tersebut membuat kaum hawa yang menopause merasa lebih rileks dan nyaman. Gejala menopause pun tak terlalu menyakitkan.

Advertisement

5. Di luar segala mitos nan mistisnya, bunga kantil dapat mengatasi radang gusi

Mengatasi radang gusi | photo by Q000024 via pxhere.com

Selain mengurangi plak gigi, bunga kantil yang lekat dengan mitos nan mistis ini mampu mengatasi radang gusi. Dinilai efektif mengurangi pendarahan dan pembengkakan karena radang gusi, produk dengan ekstrak bunga kantil seperti permen dan pasta gigi disarankan untuk kamu yang punya masalah gusi nih. Jadi, kamu bisa mengunyah permen dengan ekstrak bunga kantil untuk meredakan radang gusi. Esktrak tersebut dapat menjaga kesehatan gusi dan gigi.

Nah, itu dia manfaat bunga kantil yang kerap nggak disadari orang. Lebih terkenal dengan nuansa mistis, bunga kantil sering dikaitkan dengan banyak mitos mulai dari pengasihan sampai pelet. Padahal ada manfaat bunga kantil untuk kesehatan. Makanya bunga ini dijadikan bahan untuk produk-produk perawatan tubuh seperti pasta gigi.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE