Kondisi badan yang tidak fit, kurang tidur, pegal-pegal, kelelahan akut dan rasa jenuh pada pekerjaan; banyak hal yang baik secara fisik maupun mental terbukti bisa menghambat kinerja dan produktivitas seseorang.

Namun, kamu tetap punya tanggung jawab pada pekerjaan. Apapun kondisi pribadimu, kamu harus tetap profesional. Nah, ketika harus tetap bekerja sekalipun kondisi tubuh sedang benar-benar lelah, 10 hal di artikel ini bisa jadi akan sangat membantumu.

1. Tentukan Tugas-Tugas yang Harus Segera Diselesaikan

pilih tugas yang harus segera diselesaikan via blog.qwilr.com

Di saat kelelahan, tubuh dan pikiran seringkali sangat sulit diajak kompromi. Jadi sejenak tenangkan diri sebelum menyentuh pekerjaan. Duduk dan pikirkan tentang berapa banyak pekerjaan yang bisa kamu selesaikan hari ini. Dengan kondisi tubuh yang tidak maksimal, pilih tugas-tugas apa saja yang harus kamu selesaikan terlebih dahulu. Usahakan pula untuk mengerjakan tugas sesuai urutan; dari yang paling mudah, sedang, hingga yang paling sulit.

Tanpa gambaran alur kerja yang jelas dalam kepalamu, kinerjamu justru tidak akan efektif. Bisa jadi akan banyak waktu yang terbuang tanpa satu pekerjaan pun selesai. Bisa-bisa, kamu akan merasa lelah tanpa hasil apa-apa.

2. Kamu Wajib Menjauhkan Diri dari Hal-Hal yang Bisa Menjadi Distraksi

Advertisement

singkirkan distraksi via shdwallpapers.com

Semakin lelah tubuh dan pikiranmu, maka semakin besar potensimu untuk terdistraksi saat sedang bekerja. Rasa malas dalam dirimu menjadi 2 kali lipat dari biasanya. Kamu pun dituntut untuk lebih ‘keras’ pada dirimu sendiri.

Singkirkan ponsel dari atas meja kerjamu dan putus koneksi internet ketika kamu sedang tidak benar-benar membutuhkannya. Cara sederhana ini dapat menghindarkanmu dari kebiasaan membuka media sosial.

3. Sediakan Botol Air Mineral di Atas Meja Kerjamu

minum banyak air via keehuachee.blogspot.com

Dehidrasi adalah salah satu yang akan menurunkan kemampuan konsentrasimu. Dehidrasi juga akan semakin parah ketika tubuh dalam keadaan tidak fit. Untuk menghindarinya, selama bekerja kamu harus minum air putih sesering mungkin.

Caranya, sediakan botol air mineral di atas meja kerja tepat di samping komputermu. Melihat botol air minum itu akan mengingatkanmu untuk sering-sering menenggak air putih. Selain itu, hitung berapa banyak air putih yang kamu minum setiap harinya. Jika kondisi tubuh yang normal saja butuh 2 liter air putih setiap harinya, tubuhmu yang sedang kelelahan tentu butuh lebih banyak.

4. Lawan Rasa Kantuk dan Malas dengan Bergerak

gerakan tubuhmu via www.samsill.com

Kelelahan membuatmu lebih mudah mengantuk saat sedang bekerja. Memaksakan diri bisa membuat rasa kantuk semakin parah.

Lawan rasa kantuk dengan aktif bergerak sembari bekerja. Caranya, gerakkan tubuhmu selama 1 atau 2 menit setelah fokus bekerja selama 20 menit. Kamu bisa melakukan gerakan-gerakan kecil seperti menggoyangkan tangan atau kaki. Bisa juga dengan memilih berjalan-jalan sejenak menjauh dari meja kerjamu. Ketika bergerak, temperatur tubuh cenderung naik dan membuatmu tetap terjaga sekalipun harus bekerja dalam kondisi kelelahan.

5. Sesekali, Pergilah ke Toilet untuk Mencuci Muka

cuci muka via beautyhigh.com

Mencuci muka dengan air dingin adalah cara ampuh untuk membuatmu merasa segar. Rasa segar inilah yang akan membantumu bertahan untuk terus bekerja dan melawan kantuk atau malas.

Jika kamu bekerja di rumah, mandi di siang hari sangat disarankan untuk menyegarkan tubuhmu. Dengan begitu, kamu akan lebih bersemangat untuk bekerja dan sejenak melupakan rasa lelah yang sebenarnya sedang kamu rasakan.

6. Ketika Duduk Membuatmu Malas, Bekerjalah dengan Berdiri

kerja dengan berdiri via www.archijuice.com

Bekerja dengan posisi duduk memang membuatmu merasa nyaman. Tapi, kamu justru tidak boleh merasakan kenyamanan ketika bekerja dalam kondisi lelah. Semakin nyaman, maka semakin besar potensimu untuk bermalas-malasan atau bahkan tertidur.

Bekerja dengan posisi berdiri bisa jadi cara efektif untuk mengatasi kondisimu. Itulah alasaannya mengapa penting untuk memiliki 2 jenis meja kerja yang berbeda, yaitu meja kerja duduk dan berdiri. Keduanya bisa digunakan secara bergantian sesuai kondisi yang sedang kamu rasakan.

7. Nikmati Secangkir Kopi Jika Itu Memungkinkan

Kafein dalam kopi dapat membantu menjaga konsentrasi, termasuk bagi tubuh yang sedang kelelahan. Namun, manfaat kopi tidak akan efektif bagi mereka yang sudah terbiasa minum kopi setiap hari. Kafein hanya bisa bekerja maksimal pada tubuh yang tidak terbiasa mengkonsumsinya.

Minum kopi sebelum jam 2 siang sangat disarankan asalkan porsinya pas, cukup secangkir selama 2 atau 3 hari misalnya. Bagi mereka yang jarang minum kopi, secangkir kopi ini bisa meningkatkan fokus dan konsentrasi hingga berlipat-lipat. Selain itu, kopi juga tidak akan memberikan efek samping seperti sakit kepala atau dehidrasi.

8. Cukup Luangkan 20 Menit untuk Tidur Siang

tidur siang via hellobeautiful.com

Salah satu yang dibutuhkan tubuh yang sedang kelelahan adalah istirahat. Sebaiknya, luangkan selama 20 menit untuk tidur antara jam 1 siang sampai jam 3 sore. Gunakan separuh waktu makan siangmu untuk tidur demi mengembalikan tenaga dan kesegaran tubuhmu lagi. Selain bisa meningkatkan kemampuan kognitifmu, tidur siang juga dapat mengembalikan energi dan produktivitasmu hingga 2 kali lipat, lho!

9. Pilih Porsi Makanan yang Ringan

makan siang yang ringan via garden-of-vegan.tumblr.com

Sebaiknya, pilih makanan ringan ketika tubuh memang sedang tidak bersahabat. Daripada makan nasi yang butuh lebih banyak energi untuk mencernanya, lebih baik mengganti menu makan siang dengan salad buah atau sayur. Vitamin dan nutrisi dari buah dan sayur akan lebih mudah dicerna sehingga menjaga cadangan energimu.

Jenis makanan yang terbilang ringan layaknya buah dan sayur juga tidak akan menyebabkan rasa kantuk seperti makanan lain yang tinggi karbohidrat. Khusus untuk menjaga kekebalan tubuhmu yang tengah melemah, bisa dengan mengkonsumsi brokoli dan buah-buahan yang kaya Vitamin C.

10. Pastikan Tubuhmu Sudah Terpapar Sinar Matahari Pagi

sinar matahari via blog.executivebiz.com

Paparan sinar matahari pagi selama 15 menit akan meningkatkan kadar vitamin D dalam tubuh. Vitamin D dan B adalah yang bertugas mengatasi kelelahan yang kamu rasakan. Usahakan untuk selalu bangun pagi dan menikmati sinar matahari sebelum jam 9 pagi. Setelah merasakan hangatnya sinar matahari, tubuhmu akan lebih bersemangat untuk menyelesaikan pekerjaan dan tugas-tugas yang sudah menantimu.

Merasa lelah tentu sah-sah saja. Kamu hanya dituntut untuk pintar-pintar menyiasatinya. Selain itu, manfaatkan waktu istirahatmu dengan baik, ya! Tetap semangat!