Cara Aman Memotong Kuku Kucing Tanpa Khawatir Melukai dan Bikin Gelisah

Jangan ragu saat memotong kuku-kukunya

SoHip yang mempunyai kucing pasti tahu bagaimana lelahnya ketika memotong kuku kucing yang sudah panjang. Kuku yang sudah panjang dan tajam tentu dapat melukai kulitmu atau merusak perabotan rumah seperti sofa. Sebenarnya cara termudah agar kucingmu terbiasa dipotong kukunya tanpa membuatnya gelisah adalah dengan membangun kebiasaan memotong kuku yang dimulai sejak kucing milikmu masih kecil (kitten).

Advertisement

Memang dibutuhkan kesabaran dan ketekunan yang ekstra, biar si kucing mau dipotong kukunya olehmu. Meskipun kini kucingmu tak lagi kecil, kamu tetap bisa kok untuk memotong kukunya sendiri di rumah tanpa perlu khawatir melukainya. Berikut Hipwee Tips kasih cara aman menaklukkan kucing kesayanganmu saat memotong kukunya.

1. Buatlah suasana tempat yang tenang dan nyaman untukmu berduaan dengan si kucing

tips memotong kuku kucing

Buatlah suasanya nyaman berdua dengan kucingmu | Foto oleh Helena Lopes dari Pexels

Memotong kuku kucing dilakukan hanya berdua saja, yakni hanya ada kamu dan kucingmu saja. Jangan ada orang lain, agar kucingmu juga merasa nyaman. Sebelum memulai memotong kukunya, kamu bisa berikan suasana yang tenang dan nyaman dengan membelai bulu kucingmu terlebih dahulu. Setelah dirasa kucingmu mulai merasa tenang, barulah kamu bisa memulai untuk memotong kuku-kukunya.

2. Biasakan kucing untuk dipegang kukunya

Agar kucingmu mau mengeluarkan kuku-kukunya, kamu bisa memberikan tekanan lembut pada bantalan di setiap jari kakinya. Ini akan memudahkanmu ketika akan memotong kukunya.

Advertisement

3. Hindari memotong kuku di area quick untuk mencegah pendarahan dan rasa sakit pada kucing

Quick merupakan bagian kuku yang berwarna merah muda di ujung jari kaki. Area quick ini berisi saraf pembuluh darah. Jika kamu tak mengetahuinya, hal ini dapat menyebabkan rasa sakit dan pendarahan pada kucing. Untuk itu, agar aman potonglah kuku kucing yang berwarna semi-transparan di bagian ujung yang paling tajam saja.

4. Gunakan gunting yang tajam dan sesuai untuk kuku kucing

tips memotong kuku kucing

Memotong kuku kucing dengan tenang | Foto oleh Ermelinda Maglione dari Pexels

Ketika kamu akan memotong kuku kucing kesayanganmu, gunakanlah gunting kuku kucing yang kecil dan memiliki pegangan yang nyaman. Kamu juga bisa menggunakan gunting guillotine yang dirancang khusus untuk memudahkanmu memotong ujung kuku kucing.

Sebelum memotong kukunya, pastikan dulu pisaunya tajam dan tidak tumpul, ya SoHip.

5. Potonglah kukunya secara vertikal dari atas ke bawah

Mulailah untuk memotong kuku kucing secara vertikal dari atas ke bawah, bukan dari sisi ke sisi. Hal ini dilakukan untuk mengurangi tekanan yang akan dirasakan kucing ketika kamu sedang memotong kukunya.

6. Jangan ragu-ragu, gunting dengan cepat dan yakin biar nggak salah sasaran

Bersikaplah tegas ketika kamu menggunting kuku kucingmu agar tidak hancur atau salah sasaran, sebab kecelakaan bisa terjadi jika kamu merasa ragu. Jika kamu sudah yakin, maka segeralah untuk menggunting kuku kucingmu dengan cepat.

7. Kucing juga punya perasaan, lo. Jadi, kasihlah pujian dan hadiah setelah kamu berhasil memotong kuku-kukunya

Kasih hadiah berupa camilan favorit si kucing

Kasih hadiah berupa camilan favorit si kucing | Foto oleh cottonbro dari Pexels via www.pexels.com

Bukan cuma manusia saja yang mempunyai perasaan, kucing juga lo! Nah, maka dari itu, ketika kamu berhasil memotong setiap kuku-kukunya, cobalah untuk memberikan pujian atau hadiah untuknya, salah satu yang bisa kamu berikan adalah camilan favorit si kucing. Kamu boleh memberikan camilan favorit yang lezat setiap kamu berhasil memotong di setiap kuku-kukunya. Pasti kucingmu akan senang.

8. Jadikan memotong kuku sebagai bagian dari rutinitasmu dan kucingmu

Biar kucingmu mau untuk dipotong kukunya, jadikan memotong kuku sebagai aktivitas rutin antara dirimu dengan kucing kesayanganmu. Sebaiknya, memotong kuku kucing dilakukan setiap sepuluh hari atau dua minggu sekali agar kuku kucing tidak tumbuh terlalu panjang yang dapat melukai dirimu atau merusak sofa kecintaan ibumu.

Itu tadi adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memotong kuku kucingmu agar tetap aman tanpa perlu khawatir melukainya. Jika kucingmu merajuk atau tidak mau digunting kukunya olehmu, maka mintalah bantuan dokter hewan atau pergi ke groomer untuk memotong kuku kucing yang sudah panjang.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE