6 Rahasia Masak Beras Merah di Rice Cooker Biar Pulen Teksurnya. Nggak Lembek Apalagi Keras

Cara masak beras merah

Selain kaya serat, beras merah juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup tinggi. Berbeda dengan beras putih biasanya, kadar gula dalam beras merah justru lebih rendah sehingga cocok dikonsumi para pelaku diet maupun healthy lifestyle. Sayangnya, dibalik gizinya yang kaya, rasa beras merah cenderung lebih hambar. Bahkan, tekstur berasnya juga cukup keras jadi agak sulit untuk dimasak.

Advertisement

Butuh trik khusus untuk bisa mendapatkan nasi merah yang pulen. Jangan khawatir, kalau sudah tahu rahasianya, memasak beras merah di rice cooker akan jadi lebih mudah. Nggak percaya? Berikut Hipwee Tips berikan bocorannya.

1. Sebelum dimasak, beras merah harus direndam dulu agar teksturnya lebih empuk

direndam dulu via deepscookbook.com

Rendamlah beras merah di dalam air selama 30 menit untuk mendapatkan tekstur yang diinginkan. Jumlah airnya pun mesti diperhitungkan dengan tepat. Satu gelas beras merah bisa direndam dengan empat gelas air. Pastikan kamu tak memasak beras merah yang lebih dari satu tahun untuk menjaga kualitas rasa dan gizinya.

2. Untuk proses pencucian cukup lakukan dua sampai tiga kali bilasan saja

bilas dua kali via seruni.id

Proses pencuciannya pun sama dengan beras-beras lainnya. Tapi baiknya gunakan air mengalir agar kotoran serta sisa-sisa kulit gilingan padinya gampang terlarut. Hindari membilas beras merah terlalu sering karena bisa mengurangi kadar vitamin di dalamnya.

Advertisement

3. Kalau pengin mendapatkan rasa beras merah yang lebih gurih, sebelum dimasak bisa dipanggang dulu

panggang di teflon via deepscookbook.com

Trik ini memang nggak akan mengubah teksturnya. Tapi ini justru bisa memperkuat sentuhan rasa kacang dari beras merahnya. Kalau nggak punya oven atau microwave, tumislah beras dengan sedikit minyak zaitun dan air, kemudian aduk sampai keluar aromanya.

4. Nah, bagian terpenting ialah mengatur takaran airnya 

takaran air beras via www.qupas.id

Karena tekstur beras merah cukup keras, maka air yang digunakan untuk memasak pun lebih banyak daripada beras putih. Sesuai rekomendasi dari Good House Keeping, satu cangkir beras merah bisa dimasak dengan air sebanyak 2 1⁄4 cangkir. Tapi jika di kemasan beras merahmu ada petunjukan takarannya, ikuti saja.

5. Mencampur beras merah dan beras putih juga boleh dilakukan untuk mendapatkan tekstur nasi yang lebih empuk

dicampur beras putih via www.irmasenja.com

Meski dicampur dengan beras putih, tetap perbanyak porsi beras merah daripada beras putih agar manfaatnya nggak banyak berkurang. Amannya, bisa menggunakan perbandingan 1:2 untuk beras putih dan beras merah. Nah, penggunaan air juga mesti disesuaikan lagi. Kalau masaknya lebih banyak beras merah, airnya tentu harus lebih banyak.

Advertisement

6. Setelah masak, jangan langsung dibuka. Tapi diamkan dulu 5 sampai 10 menit

Waktu tambahan ini akan memungkinkan kelebihan air bisa diserap tanpa membuat nasi merah jadi lebih lembek. Setelah proses pendiaman ini berlalu, aduklah nasi menggunakan centong agar nasi tak menempel di pot rice cooker. Pastikan nasi merah selalu disimpan dalam kondisi hangat supaya teksurnya nggak berubah. Aturan ini pun berlaku ketika kamu memasak nasi merah dengan panci atau kukusan.

Selain cara memasak, ternyata penyimpanan beras merah juga bisa memengaruhi teksturnya lo! Penyimpanan beras yang terlalu lama di suhu ruangan bahkan bisa membuat nasi terasa pahit karena kadar minyak di dalamnya berkurang. Kalau mau lebih aman, simpanlah beras merah di dalam wadah tertutup lalu masukkan ke dalam kulkas.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE