Begini Cara Melihat Riwayat Notifikasi di HP Android. Psst, ini Fitur Penting Tapi Tersembunyi

Cara melihat riwayat notifikasi android

Di era teknologi seperti sekarang, hampir semua aktivitas keseharian kita dapat dilakukan lewat ponsel. Semua pemberitahuan dari aplikasi yang menunjang aktivitasmu akan muncul di layar utama ponsel. Kita kerap menyebutnya dengan notifikasi. Nah, terkadang ada satu momen yang membuat ponsel banjiri notifikasi. Jika hal ini terjadi entah kenapa dengan refleks kita menghapus semua notifikasi yang muncul di layar. Padahal bisa jadi di antara banyak notifikasi itu terselip satu hal yang penting atau urgent.

Advertisement

Anehnya, fitur melihat riwayat notifikasi ini seakan-akan tersembunyi lo. Untuk dapat melihatnya ternyata ada cara khusus. Buat kamu yang penasaran, simak langkah melihat riwayat notifikasi di bawah ini.

Cara pertama, kamu bisa melihat riwayat notifikasi menggunakan fitur notification log yang ada di ponsel android

cara membuka log riwayat notifikasi via urbandigital.id

Untukmu para pengguna android, cara pertama yang bisa diterapkan untuk melihat riwayat notifikasi yang kadung terhapus adalah menggunakan log notifikasi atau notification log. Buat kamu yang belum tahu, berikut ini langkah-langkah untuk membuka log notifikasi di ponsel android:

  • Tahan layar utama atau home screen ponselmu.
  • Selanjutnya pilih ‘Widget’ yang muncul di bagian bawah layar.
  • Geser ke bawah dan pilih Setting Shortcut atau Pintasan Setelan.
  • Setelah memilih Pintasan Setelan, pilih log notifikasi dari daftar yang muncul.
  • setelah ikon notifikasi muncul di pintasan di layar utama, tekan ikon tersebut untuk membuka riwayat notifikasi.
Advertisement

Selain melihat dengan menggunakan log notifikasi dari android, kamu juga bisa menggunakan aplikasi tambahan yang berfungsi sebagai pengelola notifikasi. Lebih praktis~

aplikasi tambahan via amanz.my

Selain dengan membuka fitur log notifikasi di ponsel android, kamu juga bisa menggunakan aplikasi tambahan yang berfungsi untuk mengatur notifikasi di ponselmu. Selain berguna, aplikasi-aplikasi pengatur notifikasi ini terbilang praktis. Kamu bisa melihat riwayat pemberitahuan dan mengatur notifikasi aplikasi sesuai keinginan.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat memperingatkanmu jika kamu nggak sengaja menghapus riwayat notifikasi yang terbilang penting. Contoh-contoh aplikasi ini di antaranya Unnotification, Flash Notification, dan yang lainnya. Gimana, praktis sekaligus berguna bukan?

Nah, itu dia cara untuk melihat riwayat notifikasi ponsel android yang nggak sengaja terhapus. Dengan sedikit siasat, ternyata nggak sulit untuk melihat ulang notifikasi di ponselmu kan? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE