6 Cara Membersihkan Bagian Luar HP Tanpa Merusak Case-nya. Biar Nggak Jadi Sarang Kuman!

Cara membersihkan HP

Salah satu upaya untuk mencegah persebaran virus ialah dengan menjaga kebersihan. Selain cuci tangan, kita juga mesti membersihkan benda yang sering dipegang, salah satunya HP. Apalagi kalau kamu sering membawanya serta ketika masuk ke toilet. Hiiiyyy~

Advertisement

Kalau selama ini kamu masih abai dengan kebersihan HP-mu, terutama bagian luarnya, mulai sekarang rutinkan untuk membersihkannya. Nggak ribet kok, pun nggak merusak case-nya. begini lo caranya!

1. Pertama, kamu bisa menggunakan alkohol yang biasa dipakai untuk medis

alkohol atau alkohol swab via alkes-marinno.com

Tuangkan alkohol ke kain halus atau tisu, kemudian usap pelan di bagian luar HP. Usahakan supaya alkohol nggak mengenai layar atau tombol, sebab ada beberapa ponsel yang sensitif jika kena cairan ini. Kalau mau lebih praktis, gunakan alkohol swab yang tersedia di apotek atau swalayan terdekat.

2. Kamu pun boleh menggunakan minyak kayu putih buat membersihkan HP

pakai minyak kayu putih via wiwiatyrrah.blogspot.com

Sebelum dibersihkan, pastikan HP-mu dalam keadaan mati. Dengan kain halus atau kapas, tuangkan beberapa tetes kayu putih kemudian oles di bagian luar HP. Cairan kayu putih juga jauh lebih aman daripada alkohol, udah gitu boleh kamu gunakan untuk layarnya juga.

Advertisement

3. Hand sanitizer juga bisa kamu pakai buat membersihkan HP lo!

pakai hand sanitizer via onedio.com

Caranya pakainya sama saja dengan alkohol atau minyak kayu putih. Tapi enaknya pakai hand sanitizer, bisa lebih cepat kering. Gunakan hand sanitizer cair ya, jangan yang gel.

4. Sabun cuci tangan boleh digunakan untuk membersihkan HP, tapi ada aturan pakainya

diusap ke tangan via www.macobserver.com

Bukan dilarutkan ke air terus digosok ke HP, sabun cuci tangan mesti kamu usap ke tangan dan bilas dengan air bersih. Saat tangan dalam kondisi setengah kering, segera usap lembut HP-mu lalu bersihkan pelan dengan tisu. Pastikan nggak ada komponen yang kena cipratan airnya, biar nggak rusak.

5. Kalau mau lebih praktis, kamu bisa pakai tisu basah

pakai tisu basah via www.travelchannel.com

Penggunaan tisu basah nggak disarankan untuk HP yang nggak tahan air. Apalagi kalau sampai kena layarnya. Gunakan tisu basah hanya untuk membersihkan bagian belakang dan case HP-nya saja.

Advertisement

6. Lakukan perawatan khusus untuk bagian layar ponselnya

bersihkan layar pakai vinegar via engnews24h.com

Layar HP tetap perlu kamu bersihkan. Caranya bisa pakai air bersih yang sudah dicampur dengan sedikit cuka. Supaya aman, taruhlah campuran air tersebut ke dalam botol spray. Setelah itu baru semprot-semprot dan usap dengan kain lembut, jangan pakai tisu karena seratnya bisa menggores layar yang sensitif.

Meski kelihatannya sepele, membersihkan HP mesti kamu lakukan setidaknya sekali dalam dua hari. Sebab, kita nggak pernah tahu seberapa banyak kuman yang menempel di sana. Padahal kan hampir setiap menit juga kita pegang HP.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE