7 Cara Membersihkan Setrika yang Lengket Hingga Berkerak dengan Mudah

Cara membersihkan setrika

Menggunakan setrika untuk merapikan baju yang berkerut atau lecek sudah menjadi rutinitas penting dalam keseharian. Pemakaiannya yang konsisten tak jarang membuat setrika di rumah menjadi kotor, lengket, berdebu hingga berkerak. Kalau sudah begini, kamu pun jadi serba salah, masih butuh pemakaiannya tapi jika dibiarkan justru menimbulkan kekacauan pada pakaian kesayangan.

Advertisement

Keliru dalam membersihkan setrika juga bisa membuat pemakaiannya tak maksimal lo. Nah, berikut ini Hipwee jabarkan cara membersihkan setrika yang lengket ataupun berkerak. Mudah menemukan alatnya dan praktis dicoba. Yuk, simak!

1. Cara membersihkan setrika gosong dengan garam bisa jadi pilihan yang tepat, pakai benda yang ada di rumah dulu~

Cara membersihkan setrika gosong dengan garam

Membersihkan setrika dengan garam | Credit: Cookit.guru

Berkurangnya kinerja anti lengket pada setrika bisa menimbulkan noda hitam bahkan gosong pada permukaan. Cara menghilangkan gosong yang ada di setrika sebenarnya cukup mudah, kamu bisa pakai garam meja. Awalnya taburkan garam pada selembar kertas. Kemudian usapkan setrika hangat di atas lembaran kertas tersebut. Nyalakan setrika beberapa kali, lalu cabut stekernya supaya dingin. Setelah dingin, seka garam yang ada di permukaan bawah dengan kain basah dan lembut.

Cara membersihkan setrika gosong ini dinilai cukup efektif dan mudah. Sebab saat garam meja menempel pada permukaan setrika semua kotoran akan terangkat saat dilap. Cara membersihkan setrika yang hitam juga bisa pakai alumunium foil pengganti kertas, lo.

Advertisement

2. Gunakan lilin sebagai cara membersihkan bekas kain terbakar di setrika, begini lo tahapannya

Cara membersihkan setrika dengan lilin

Gunakan lilin untuk bersihan setrika | Credit: Siora Photography / Unsplash

Karena suhu yang terlalu tinggi dan dibiarkan begitu saja, setrika bisa membuat baju terbakar. Kalau sudah begini, sisa pakaiannya pun akan menempel di dasar setrika, terlebih jika bahannya dari sablon. Cara membersihkan setrika yang lengket di baju bisa pakai lilin. Tahapannya, coba nyalakan setrika, lalu oleskan lilin pada permukaan, biarkan area noda tertutupi. Kemudian matikan listriknya dan usapkan kain lembut pada dasar setrika.

Cara membersihkan setrika dengan lilin bisa jadi alternatif jika setrikamu kotor dan berkerak. Atau kamu bisa gunakan cara menghilangkan plastik yang meleleh pada setrika dengan lap basah jika noda masih kategori rendah.

3. Cara membersihkan setrika dengan pasta gigi bisa atasi lengket hingga kerak yang membandel. Kandungan abrasifnya itu lo, ampuh hilangkan noda!

Advertisement
Cara membersihkan setrika dengan odol

Cara membersihkan setrika dengan odol | Credit: PxHere

Setrika baru tapi lengket kerap dialami banyak orang, biasanya karena kualitas pelindungnya kurang baik. Akibatnya, setrika pun mudah menempel dan berkerak usai digunakan. Cara membersihkan setrika lengket plastik pun beragam, ada yang pakai cuka, jeruk nipis ataupun penghapus cat kuku. Supaya lebih praktis, kamu bisa pakai cara membersihkan setrika yang melekat dengan odol.

Pertama, cukup oleskan di area yang lengket dan gosok perlahan menggunakan sikat gigi. Jika noda dirasa hilang, bersihkan dengan tisu atau lap yang kering. Namun, pastikan setrika tak tersambung ke colokan, ya!

4. Supaya hasil lebih terlihat, kamu juga bisa pakai daun pisang yang masih segar. Kerak hingga permukaan yang lengket hilang seketika~

Cara membersihkan setrika dengan daun pisang

Daun pisang untuk bersihkan setrika | Credit: Studio Kealaula / Unsplash

Salah satu cara membersihkan setrika yang berkerak dengan mudah, yakni memakai daun pisang. Tahapannya, dengan letakkan selembar atau dua lembar daun pisang yang masih segar. Kemudian gosokkan setrika di atasnya sampai tak lengket kembali. Jika masih lengket kamu bisa mengulanginya dengan suhu yang sama.

Cara membersihkan setrika dengan daun pisang ini dinilai ampuh tuntaskan kerak hingga permukaan yang lengket. Sebab adanya minyak alami yang dapat membantu melepaskan kerak dan gosong yang sulit hilang jika hanya gunakan lap atau air.

5. Dikenal sebagai bahan yang berguna untuk bersihkan segala benda di rumah, soda kue juga bisa dimanfatkan untuk setrika

Cara membersihkan setrika dengan baking soda

Soda kue untuk bersihkan setrika | Credit: PxHere

Cara membersihkan setrika dengan baking soda termasuk mudah dilakukan. Kamu bisa mencampurkan pasta kue dengan air dan mengaduknya hingga kental dan tercampur rata. Pastikan setrika dalam keadaan dingin, ya. Barulah oleskan pasta pada permukaan yang kotor, gosok perlahan menggunakan sikat gigi kemudian dibasuh dengan lap bersih. Hal ini bisa juga dipraktikkan sebagai cara bersihkan setrika Philips di rumah.

6. Lain halnya dengan setrika uap yang perlu perawatan khsusus. Untuk membersihkannya, kamu bisa tambahkan cuka putih ke dalam wadah air setrika

Cara membersihkan setrika uap

Cara membersihkan setrika uap | Credit: Annie Spratt/ Unsplash

Lain perawatan dengan setrika biasa, cara membersihkan setrika uap bisa langsung dicuci dengan air. Supaya tak ada kerak yang mungkin menumpuk di dalam besi, kamu bisa tuangkan cuka putih ke dalam wadah air sampai sepertiganya. Biarkan setrika mengukus selam 5-10 menit dengan pengaturan panas sedang-tinggi. Kemudian isi wadah dengan air biasa dan nyalakan kembali untuk menghilangkan sisa cuka dan air mineral.

Cara mencuci setrika uap ini bisa dipraktikkan untuk merek jenis apa pun, terakhir kamu hanya perlu seka bagian bawah dan ventilasi uap dengan lap bersih atau handuk kertas.

7. Saat membersihkan setrika, hindari penggunaan barang yang keras untuk menggosok. Justru bisa bikin anti lengket jadi tergores

Cara membersihkan setrika yang lengket di baju

Perawatan setrika yang baik | Credit: Marcos Ramírez / Unsplash

Cara membersihkan setrika yang kotor jangan menggunakan barang yang keras, seperti penjepit kertas, amplas yang justru bisa merusak permukaan. Mencegah lebih baik daripada mengobati, lebih baik bersihkanlah setrika secara berkala sebelum permasalahan seperti lengket, berkerak hingga menghitam datang. Sebab jika sudah lengket, maka dipastikan fungsinya sudah berkurang.

Nah, itulah deretan cara membersihkan setrika yang bisa langsung dipraktikkan. Selagi ada trik yang bisa dipilih, maka tak ada salahnya mencoba sebelum membeli yang baru. Semoga informasinya bermanfaat, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE