Cara Membuat Bolu Pisang Kukus Tanpa Mikser dengan Takaran Sendok

Cara membuat bolu pisang

Buah pisang bisa dibilang buah yang common dan banyak digemari. Selain dimakan langsung, buah pisang ini bisa diolah dengan beragam cara. Tak hanya dikukus, digoreng, atau dibuat keripik, buah pisang juga bisa diolah menjadi kue bolu. Yup, kue bolu pisang yang teksturnya lembut saat digigit dan rasanya lembut itu, lo. Tentu banyak outlet-outlet di luar sana yang menjual bolu pisang, bukan? Alih-alih membeli, apa kamu nggak pengin coba bikin sendiri kue bolu pisang di rumah?

Advertisement

Tenang, jika kamu belum atau nggak punya oven, mikser, dan timbangan, kamu masih tetap bisa berkreasi membuat kue bolu, kok. Kali ini, Hipwee akan membagikan cara membuat bolu pisang kukus tanpa mixer dengan takaran sendok supaya lebih praktis dan nggak butuh pakai timbangan. Yuk, simak langkah-langkahnya!

1. Pertama, kamu perlu menyiapkan semua bahan-bahan untuk membuat bolu pisang

Bahan-bahan bolu pisang | Credit via MamaAdeeva on YouTube

Sebelum mengolahnya menjadi adonan, kamu perlu menyiapkan semua bahan yang akan digunakan untuk membuat bolu pisang kukus. Berikut bahan-bahannya:

  • 3 buah pisang ambon
  • 7 sdm tepung terigu
  • 2 butir telur
  • 2 sdm minyak goreng
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/4 sdt vanili
  • 1/4 sdt garam
  • 4 sdm gula pasir atau sesuai selera
Advertisement

2. Haluskan pisang dengan garpu lalu sisihkan dalam wadah terpisah

Haluskan pisang | Credit via simplyrecipes.com

Kupas buah pisang dan haluskan dengan menggunakan garpu. Setelah itu, sisihkan pisang ke dalam wadah bersih untuk nanti dicampur bersama dengan bahan lainnya.

3. Ambil mangkuk besar, kemudian aduk telur dan gula hingga gula pasir larut dan telur mengembang

Aduk telur dan gula pasir | Credit via Danielicious on YouTube

Aduk telur dan gula pasir hingga mengembang agar adonan kue bolu pisang juga bisa mengembang dengan sempurna saat dikukus. Banyaknya gula pasir yang digunakan bisa disesuaikan dengan kesukaan masing-masing, ya.

4. Masukkan bahan kering mulai dari tepung terigu, baking powder, vanili, dan garam sesuai takaran

Masukkan bahan kering | Credit via simplyrecipes.com

Setelah adonan telur dan gula mengembang, kamu bisa mulai menambahkan bahan kering ke dalam adonan. Saat menambahkan bahan kering, jangan lupa untuk menyaring bahan untuk meminimalisir gumpalan pada adonan. Aduk semua bahan hingga tercampur rata. Cara membuat bolu pisang dengan takaran sendok ini bisa memudahkan kamu yang nggak memiliki timbangan.

Advertisement

5. Tuang pisang ke dalam adonan dan tambahkan minyak goreng. Aduk hingga rata dan adonan siap dikukus

Tuang pisang ke adonan | Credit via Danielicious on YouTube

Setelah semua bahan tercampur, masukkan pisang yang sudah dihaluskan sebelumnya dan tambahkan minyak goreng sesuai takaran, lalu adonan diaduk kembali hingga semuanya tercampur rata.

6. Siapkan loyang yang telah dioles margarin dan ditaburi tepung terigu. Tuang adonan dan ratakan

Tuang adonan ke dalam loyang | Credit via simplyrecipes.com

Sebelum adonan dituang ke dalam loyang, olesi loyang terlebih dahulu dengan margarin dan taburi sedikit tepung terigu supaya adonan nggak lengket saat diangkat.

7. Panaskan panci kukusan dan kukus adonan selama 30 – 45 menit. Lalu, tes kematangan dengan tusukan sate

Kukus adonan | Credit via Danielicious on YouTube

Kamu perlu memanaskan terlebih dahulu panci kukusan. Setelah panas, letakkan loyang adonan dan kukus selama 30-45 menit. Jangan lupa lapisi tutup panci dengan lap bersih agar uap air nggak menetes ke adonan, ya. Selanjutnya, coba tes kematangan dengan menggunakan tusukan, jika adonan nggak menempel di tusukan, artinya bolu sudah matang.

8. Setelah matang, dinginkan sebentar lalu potong-potong dan bolu siap disajikan

Bolu pisang kukus yang telah matang | Credit via simplyrecipes.com

Setelah kue bolu matang, tunggu beberapa menit hingga bolu agak dingin baru kemudian potong-potong. Yup, bolu pisang kukus sudah siap dinikmati~

Bagi kamu yang belum atau nggak memiliki peralatan untuk baking seperti mixer dan timbangan, kamu tetap bisa membuat bolu pisang ini kok karena tahapannya cukup mudah. Kamu juga bisa menambahkan kismis di atas adonan sebagai topping bolu pisang. Selamat mencoba, ya!

Cek aneka #ResepAndalanmu lain yang bisa kamu coba di sini.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE