7 Resep Pancake Takaran Sendok yang Fluffy dan Kenyal. Tanpa Susu atau Baking Powder pun Bisa

Resep pancake

Lagi pengin sarapan tapi nggak mau yang berat-berat? Mending bikin pancake saja. Kudapan yang sering ditemui di restoran atau kafe ini mudah kok membuatnya. Pancake, pannenkoek dalam bahasa Belanda, atau panekuk dalam bahasa Indonesianya, sebenarnya merupakan kue dadar yang terbuat dari terigu, susu, gula, dan telur. Hingga kini, sudah banyak resep pancake rumahan yang bahan pembuatannya divariasikan jadi lebih beragam. Jika umumnya pancake hanya disajikan dengan siraman sirup mapple atau madu, kini topping-nya jauh lebih beraneka ragam, belum lagi adonannya. Bahkan ada juga yang membuat resep pancake teflon tapi dengan varian rasa gurih dan asin.

Advertisement

Dibanding kue lainnya, membuat pancake jauh lebih mudah. Selama takaran bahannya tepat, resep pancake sederhana buatanmu akan seenak dan selembut kayak yang disajikan di kafe-kafe. Tenang, nggak harus pakai timbangan khusus, takaran untuk resep pancake sederhana dan praktis juga bisa menggunakan takaran sendok lo! Beberapa resep pancake takaran sendok berikut bisa dijadikan rujukan.

1. Sekalipun tak memakai baking powder, resep pancake pisang tetap bisa mengembang dan nggak bantat lo! Kunci keberhasilan resep pancake tanpa baking powder ini di takaran terigu dan juga susunya

pancake pisang | credit: Tookapic via www.pexels.com

Bahan-bahan:

  • 2 buah pisang Cavendish
  • 8 sdm tepung terigu
  • 3 sdm gula
  • 2 sdm mentega cair
  • 3 ‚Äď 5 sdm susu cair
  • 1 butir telur
Advertisement

Cara membuat: 

  1. Kocok telur dan gula sampai gulanya larut. Di wadah terpisah, lumatkan pisang dengan garpu sampai halus.
  2. Campur pisang dengan susu dan terigu kemudian tambahkan gula dan telur yang sudah dicampur. Aduk hingga rata, lalu masukkan mentega cair dan aduk kembali.
  3. Panaskan teflon tanpa minyak, tuang adonan pancake sesuai selera. Balik jika adonan mulai kecokelatan dan lakukan sampai semua adonan habis. Sajikan dengan tambahan madu dan pisang atau bisa dimakan polosan saja.

Sumber resep

Advertisement

2. Resep pancake coklat merupakan salah satu yang paling praktis. Adonan pancake biasa tinggal ditambah cokelat bubuk lalu diberi topping cokelat seperti selai atau meses. Dijamin nggak akan gagal~

pancake cokelat | credit: wikipedia via id.wikipedia.org

Bahan-bahan:

  • 4 sdm tepung terigu
  • 3 sdm gula
  • 2 sdm susu kental manis cokelat
  • 1 butir telur
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdm cokelat bubuk
  • 2 sdm mentega cair
  • Sejumput garam

Cara membuat:

  1. Campur telur dan gula lalu kocok sampai larut. Di wadah lain, campurkan terigu, baking powder, dan sejumput garam.
  2. Tuang campuran terigu sedikit demi sedikit ke telur dan gula yang sudah dikocok. Sambil diaduk, tambahkan susu kental manis, mentega cair, dan bubuk cokelat. Aduk hingga adonan jadi seperti saus.
  3. Panaskan teflon kemudian tuang adonan secukupnya. Tunggu sampai kecokelatan dan mulai berongga, kalau sudah tinggal dibalik. Angkat pancake yang sudah jadi lalu beri topping cokelat sesuai selera.

Sumber resep

3. Resep pancake fluffy yang beberapa waktu viral ternyata gampang membuatnya. Rahasia resep pancake lembut ini ada di kocokan putih telurnya

pancake lembut | credit: Kompas via travel.kompas.com

Bahan-bahan:

  • 3 butir telur ‚Äď pakai 2 kuning, 3 putihnya
  • 2 sdm susu cair
  • 2 sdm tepung terigu protein sedang
  • 2 sdm gula
  • 1 sdm minyak sayur
  • Air lemon, ekstrak vanila, garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Pisahkan telur dan kuningnya lalu taruh di dua wadah. Campur kuning telur dengan susu, garam, ekstrak vanila, minyak, terigu. Aduk hingga merata.
  2. Di wadah lain campur putih telur dengan air lemon lalu kocok selama satu menit. Berikutnya tambahkan sedikit gula lalu kocok selama 30 detik. Masukkan sisa gula dan kocok lagi selama tiga menit sampai berubah menjadi busa. Coba balik wadahnya, kalau nggak tumpah berarti adonan meringue dari putih telur ini siap digunakan.
  3. Campur adonan meringue sedikit demi sedikit ke adonan kuning telur. Panaskan teflon, lalu tuang adonan pancake-nya. Balik adonan kalau sudah kecokelatan. Angkat kemudian sajikan dengan tambahan madu atau topping lainnya.

Sumber resep

4. Kalau lagi diet, resep pancake tanpa susu berikut bisa dicoba. Gantilah tepung terigunya dengan oatmeals yang sudah dihaluskan supaya kalori dan glutennya lebih rendah

pancake oats pisang | credit: BBC via www.bbc.co.uk

Bahan-bahan:

  • 2 buah pisang Cavendish
  • 4 sdm oatmeals
  • 1 sdm mentega cair
  • 1 sdm madu
  • 1 butir telur

Cara membuat:

  1. Blender oatmeals, pisang, telur, dan madu sampai jadi adonan kue.
  2. Panaskan teflon kemudian tuang sedikit adonan pancake. Balik jika adonan sudah kecokelatan dan lakukan sampai semua adonan habis. Sajikan dengan topping madu atau buah segar.

Sumber resep

5. Berbeda dengan pancake biasa yang rasanya manis, resep pancake Korea cenderung gurih dan asin. Cara membuat resep pancake tanpa telur ini mudah kok! Tinggal campur kimchi atau sayur lain dengan tepung terigu, sudah deh jadi~

pancake kimchi | credit: pxhere via pxhere.com

Bahan-bahan:

  • 1 gulung kimchi
  • 2 sdm kuah kimchi
  • 3 batang daun bawang, potong panjang
  • 1/2 buah bawang bombai, cincang halus
  • 4 sdm tepung terigu
  • 3 ‚Äď 5 sdm air
  • 1/2 sdt garam
  • Gula secukupnya

Cara membuat:

  1. Iris kimchi, lalu campur dengan daun bawang dan bombai yang sudah dipotong. Tambahkan terigu, garam, gula, dan air. Aduk sampai jadi adonan pasta.
  2. Panaskan teflon kemudian tuang adonan pancake. Tunggu sampai baunya harum dan pinggirnya agak kecokelatan lalu balik dan biarkan matang sempurna.
  3. Resep pancake sederhana tanpa mixer ini bisa dimakan dengan saus sambal atau diberi saus kecap asin yang ditambah dengan bubuk cabai dan wijen putih sangrai. Kalau nggak ada kimchi, pakai daun bawang dan bombai saja sudah cukup kok.

Sumber resep

6. Kue favorit Doraemon juga bisa dibuat dengan adonan pancake lo! Biar lebih enak, resep pancake dorayaki ini bisa ditambah isian pasta kacang merah

dorayaki kacang merah | credit: Umami Insider via in.pinterest.com

Bahan-bahan:

  • 2 butir telur
  • 9 sdm tepung terigu
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdm susu bubuk
  • 1 sdm madu
  • 1/2 sdt baking powder
  • 2 sdm air
  • Pasta kacang merah secukupnya untuk isian

Cara membuat:

  1. Kocok telur dan gula dengan menggunakan whisk hingga larut. Masukkan baking powder, madu, dan susu bubuk, aduk lagi sampai rata. Tuang terigu sedikit demi sedikit sampai kekentalan adonan cukup. Diamkan selama 5 menit.
  2. Ambil satu centong adonan kemudian tuang ke teflon yang sudah dipanaskan. Gunakan api kecil saja lalu balik jika adonan mulai kecokelatan di pinggir sisinya.
  3. Oles pasta kacang merah lalu tutup dengan pancake lainnya. Sajikan selagi hangat.

Sumber resep

7. Resep pancake durian berbeda dengan resep pancake teflon lainnya. Proses membuatnya cenderung lebih lama karena mesti bikin kulitnya dulu lalu diisi dengan durian dan krimnya

pancake durian | credit: Dapoer Rohmah via food.grab.com

Bahan-bahan:

  • 12 sdm tepung terigu
  • 4 butir telur ayam
  • 10 sdm susu cair
  • 2 tetes pasta pandan
  • 1 bungkus krim kocok
  • 4 buah daging durian tanpa biji

Cara membuat:

  1. Campur terigu, telur ayam, susu cair, dan pasta pandan. Aduk semua bahan sampai merata.
  2. Olesi teflon dengan mentega kemudian dadar kulit pancake-nya. Pastikan ketebalan kulitnya pas biar nggak enek dan tetap lembut. Angkat kulit dan ulangi sampai adonan habis.
  3. Ambil selembar kulit pancake lalu isi dengan krim dan daging durian kemudian lipat dan simpan pancake durian di freezer selama beberapa jam. Sajikan dalam kondisi dingin.

Sumber resep

Nah gimana, nggak perlu repot-repot beli gelas takar lagi kan untuk membuat pancake? Kalau percobaan pertama masih gagal, bisa jadi takaran adonanmu belum presisi, atau cara mengaduk adonannya kurang maksimal. Jadi, kamu tertarik bikin resep pancake yang mana nih?

Cek aneka #ResepAndalanmu lain yang bisa kamu coba di sini.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE