Cara Membuat Pancake Durian Warna-Warni. Jadi Camilan atau Ide Jualan

Cara membuat pancake durian

Menjalani banyak aktivitas dari rumah, kita pun kerap merindukan beragam jenis jajanan yang biasa kita temui ketika bekerja di kantor atau datang kuliah ke kampus. Kegiatan belajar atau bekerja dari rumah pun kerap menjadi aktivitas yang rawan menyebabkan kantuk karena tak ada teman untuk sekadar mengobrol. Akhirnya banyak yang menyiapkan camilan untuk menjadi teman bekerja supaya terhindar dari rasa kantuk.

Advertisement

Nah, buat kamu yang sedang mencari ide camilan baru supaya nggak membosankan, kamu bisa lo coba membuat pancake durian sendiri di rumah. Tenang, kali ini Hipwee akan membagikan cara membuat pancake durian yang mudah dan praktis untuk dicoba. Selain menjadi camilan, kue ini juga cocok untuk jadi ide jualan. Kira-kira seperti apa ya proses pembuatannya? Yuk simak ulasan berikut ini~

1. Pertama, kamu perlu menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan

Bahan adonan pancake | Credit via cookpad.com

Kamu perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan yang akan digunakan untuk membuat camilan manis satu ini. Alat yang digunakan yaitu mikser dan teflon. Sedangkan bahan untuk pancake terbagi menjadi dua, yaitu bahan untuk kulit dan bahan untuk isi.

Bahan untuk kulit pancake meliputi:

Advertisement
  • 200 gram tepung terigu
  • 425 ml susu cair dingin
  • 3 kuning telur
  • 1 sdm mentega yang sudah dilelehkan
  • 1 sdt vanila
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • pewarna makanan merah, hijau dan kuning atau sesuai selera

Sedangkan bahan untuk isi  pancake:

  • 1 butir durian kerok
  • 5 sdm susu kental manis putih
  • 100 gram whipped cream yang sudah diratakan dengan mikser
Advertisement

2. Campurkan bahan kering untuk adonan kulit pancake durian

Campurkan bahan kering | Photo by Samee Anderson on Unsplash

Sebelum mencampurkannya dengan bahan lainnya. Kamu bisa mencampur tepung terigu, garam, dan gula pasir terlebih dahulu ke dalam sebuah wadah. Aduk hingga semua bahan tercampur secara merata. Setelah itu, sisihkan. Pada tahap ini, kamu juga bisa memisahkan buah durian dari bijinya untuk memudahkan saat proses pengisian pancake nanti. Letakkan daging buah durian ke dalam sebuah wadah.

3. Tambahkan dengan bahan lainnya dan beri pewarna adonan

Campur semua adonan dan beri pewarna | Credit via cookpad.com

Pada tahap ini, kamu perlu menyiapkan beberapa wadah untuk adonan. Pertama siapkan wadah untuk campuran kuning telur dan susu cair. Setelah itu, tuang campuran susu, telur dan vanili ke dalam adonan bahan kering lalu mikser dengan kecepatan rendah selama kurang lebih satu menit. Setelah semua bahan tercampur merata, saring adonan tersebut supaya nggak ada yang menggumpal lalu tambahkan mentega cair dan aduk hingga rata.

Selanjutnya, bagi adonan ke dalam tiga wadah dan beri pewarna makanan berwarna merah, kuning dan hijau ke dalam masing-masing adonan. Aduk hingga adonan dan pewarna makanan tercampur merata.

4. Goreng kulit pancake menggunakan teflon dengan api kecil

Goreng adonan kulit pancake | Credit via cookpad.com

Setelah adonan kulit pancake matang, tahapan selanjutnya ialah menggoreng adonan kulit dengan menggunakan teflon. Gunakan teflon anti lengket agar adonan nggak mudah rusak dan sobek. Kamu bisa menggunakan ‘centong’ berbentuk bulat untuk menuangkan adonan ke dalam teflon.

Ambil satu centong adonan, lalu tuang ke dalam teflon hingga seluruh permukaan tertutup adonan. Ambil adonan secukupnya supaya kulit pancake nggak terlalu tebal. Gunakan api kecil supaya kulit nggak gosong. Setelah matang, angkat secara perlahan supaya kulit pancake nggak sobek, lalu sisihkan ke dalam piring. Lakukan langkah yang sama untuk membuat kulit pancake selanjutnya hingga adonan habis.

5. Masukkan buah durian yang telah dikupas untuk isian pancake

Isi pancake dan lipat seluruh sisinya hingga berbentuk kotak | Credit via cookpad.com

Ambil kulit pancake yang sudah digoreng sebelumnya, lalu ambil daging buah durian secukupnya dan letakkan di bagian tengah kulit. Kamu bisa menambahkan kental manis dan whipped cream di bagian atas buah durian untuk menambah cita rasa manis. Selanjutnya, lipat seluruh sisi kulit pancake hingga berbentuk kotak. Lakukan langkah yang sama untuk kulit pancake selanjutnya, ya.

6. Tata pancake di kotak makanan lalu simpan di lemari pendingin

Tata pancake ke dalam wadah plastik | Credit via cookpad.com

Kamu bisa tata pancake ke dalam wadah plastik atau kotak penyimpanan makanan, lalu masukkan ke dalam lemari pendingin selama kurang lebih satu jam hingga beku. Setelah itu, pancake sudah siap dinikmati 🙂

Nah, itu dia cara membuat pancake durian yang mudah dan bisa banget dijadikan sebagai ide jualan online. Selain menjadi ide jualan, kamu juga bisa menyimpannya di lemari pendingin sebagai stok camilan. Selamat mencoba!

Cek aneka #ResepAndalanmu lain yang bisa kamu coba di sini.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE