Cara Membuat Salad Buah Rumahan yang Kaya Nutrisi dan Tak Cepat Berair

Cara membuat salad buah

Buat kamu yang ingin hidup lebih sehat, konsumsi buah-buahan sudah pasti menjadi solusinya. Alih-alih mengonsumsi makanan yang berlemak atau berminyak, buah lebih kaya akan vitamin dan juga nutrisi. Variasinya pun sangat banyak sehingga kita bisa memilih buah yang sesuai dengan selera masing-masing. Namun, seringkali kita merasa bosan saat mengonsumsi buah-buahan hanya dengan dimakan secara langsung. Oleh karena itu, Hipwee akan menemani kamu membuat kreasi buah-buahan menjadi salad buah yang enak dan tetap bernutrisi.

Advertisement

Salad buah adalah makanan yang terbuat dari berbagai macam buah dan dicampur dengan bahan lain, seperti yoghurt, mayones, dan keju. Rasanya manis dan menyegarkan, cocok menjadi hidangan penutup atau camilan yang sehat. Cara membuat salad buah ini cukup sederhana dan bisa disesuaikan dengan selera. Setelah ini, kamu bisa mempraktikkannya di rumah atau bisa kamu jadikan ide jualan. Seperti apa cara membuat salad buah yang enak dan praktis? Simak ulasan berikut ini.

1. Pertama, siapkan bahan isian berupa buah-buahan segar

Siapkan buah-buahan segar | Credit: Hippopx

Bahan isian yang digunakan untuk membuat salad buah cukup sederhana. Kamu bisa memakai buah-buahan yang ada di rumahmu saja atau memilih buah yang memiliki tekstur berbeda-beda. Biasanya, buah yang umumnya digunakan untuk membuat salad adalah semangka, melon, pisang, pir, anggur, stroberi, dan kiwi.

Tips memilih buah-buahan yang akan digunakan untuk membuat salad adalah memilih buah yang memiliki rasa yang kontras. Dengan begitu, cita rasa salad buah yang kamu buat akan lebih bervariasi. Selain buah-buaham, kamu juga bisa menambahkan jeli atau nata de coco jika ingin menambah tekstur kenyal pada salad.

Advertisement

2. Kedua, siapkan bahan saus salad berupa yoghurt, mayones, dan susu kental manis

Siapkan bahan untuk saus | Credit: Vegan.rocks

Ada banyak macam resep saus salad buah yang bisa kita buat. Namun, agar nantinya salad yang kita sajikan lebih segar dan tidak berair, kamu bisa mengombinasikan tiga bahan berupa yoghurt, mayones, dan susu kental manis. Kamu juga bisa menambahkan air perasan lemon jika ingin lebih asam dan keju untuk bahan pelengkap.

Yoghurt yang kamu gunakan untuk membuat salad buah bisa berupa greek yoghurt atau plain yoghurt yang bisa kamu temukan di supermarket. Yoghurt itu akan membuat cita rasa salad menjadi sedikit asam dan menyegarkan. Kemudian, susu kental manis akan membuat salad buah menjadi lebih gurih, wangi, dan manis tanpa tambahan gula.

3. Kupas dan potong buah-buahan berbentuk dadu supaya lebih mudah dikonsumsi

Potong dadu buah-buahan | Credit: Devina Hermawan via Youtube

Setelah alat dan bahan membuat salad buah disiapkan, bersihkan buah-buahan dengan air mengalir sebelum dikupas. Setelah itu, kupas dan potong buah-buahan berbentuk dadu agar lebih mudah dikonsumsi. Jika buah dan bahan lain, seperti jeli dan nata de coco, sudah terpotong semua, masukkan ke dalam wadah berukuran besar. Setelah itu, aduk pelan buah-buahan yang sudah terpotong sampai tercampur rata.

Advertisement

4. Campurkan bahan saus sampai rata dan sesuai selera

Membuat saus salad buah | Credit: Devina Hermawan via Youtube

Buah-buahan sudah siap, kini saatnya kamu membuat saus untuk salad buah. Cara membuat saus salad buah adalah dengan mencampurkan mayones, yoghurt, dan susu kental manis menjadi satu. Percampuran ketiga bahan itu merupakan cara membuat saus salad buah agar tidak berair.

Kamu bisa menggunakan perbandingan  1 cup mayones,  1,5 cup yoghurt, dan 4 sdm susu kental manis untuk membuat dua sampai tiga mangkuk salad buah. Kemudian, aduk dan cicipi saus supaya tidak terlalu manis atau terlalu asam. Jika menurutmu masih kurang asam, tambahkan air perasan lemon di dalamnya. Jika kamu ingin membuat salad untuk diet, kurangi penggunaan susu kental manis di dalam sausnya.

5. Pindahkan buah yang sudah tercampur ke dalam mangkuk untuk disajikan

Pindahkan campuran buah ke dalam wadah | Credit: Devina Hermawan via Youtube

Jika semua bahan sudah disiapkan, kamu sudah bisa mulai menyajikan salad ke dalam mangkuk. Jika tidak dimakan sendiri, cara membuat penyajian salad buah untuk dijual biasanya menggunakan cup atau mangkuk berbahan plastik.

Kamu bisa mengisi setengah wadah dengan buah yang sudah tercampur, lalu siram dengan sausnya. Setelah itu, masukkan buah kembali sampai penuh, baru tuangkan saus yang lebih banyak. Sesuaikan banyaknya saus yang kamu tuangkan dengan kebutuhanmu. Jika sedang mengurangi makanan berlemak, lebih baik tuangkan saus sedikit saja.

7. Tambahkan keju dan hiasan buah, salad buah pun siap dinikmati

Salad buah siap dinikmati | Credit: Devina Hermawan via Youtube

Salad sudah masuk ke dalam mangkuk, terakhir kamu bisa menambahkan keju untuk melengkapi rasa. Tetapi, kamu tidak perlu menambahkannya jika ingin membuatnya lebih sehat atau tidak suka dengan keju. Tambahkan secukupnya saja dan jangan berlebihan agar nutrisi buah tetap terjaga. Setelah itu, hias mangkuk salad buah dengan irisan buah-buahan supaya cantik saat dihidangkan. Salad buah pun siap dinikmati.

Itu dia cara membuat salad buah sederhana di rumah yang bisa kamu ikuti. Cara membuat salad buah ini juga bisa menjadi referensi menu diet yang mudah dan murah. Bagaimana SoHip, sudah tidak sabar membuat salad buah sendiri di rumah?

Cek aneka #ResepAndalanmu lain yang bisa kamu coba di sini.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE