Cara Membuat Tempe di Rumah dalam 6 Langkah Mudah. Buat yang Suka DIY, Bisa Kamu Coba nih!

Cara membuat tempe

Tempe, siapa sih yang nggak kenal sama makanan satu ini? Kamu bisa menemukan tempe dalam berbagai bentuk, mulai dari tempe mendoan, tempe bacem, keripik tempe, hingga tempe orek yang bisa SoHip temukan dengan mudah di etalase-etalase warteg langganan kamu! Tempe emang menjadi salah satu makanan kesukaan orang Indonesia, selain harganya murah gizi yang terkandung dalam tempe juga banyak lho!

Advertisement

Tapi tahu nggak sih SoHip, kamu sebenarnya bisa membuat tempe sendiri di rumah dengan cara yang cukup mudah lo! Bahan-bahannya pun tidak terlalu banyak dan mudah dicari. Buat yang sedang mencari-cari ide “do it yourself” (DIY) untuk mengembangkan diri selama pandemi, bisa coba bikin sendiri tempe di rumah. Selain bisa jadi tambahan lauk, siapa tahu kamu bakal bisa jadi juragan atau pebisnis tempe! Buat yang tertarik mencoba, ikuti deh langkah-langkah simpel di bawah ini~

Pertama-tama siapkan bahan dasar untuk membuat tempe, mudah kok, hanya 2 bahan utama!

Nih bentuk kacang kedelai untuk yang belum pernah lihat! | Gambar oleh Александр Пономарев via pixabay.com

Bahan dasar untuk pembuatan tempe cukup sederhana kok, SoHip hanya perlu menyiapkan kacang kedelai dan ragi atau jamur khusus tempe. Untuk ragi tempe sendiri kamu bisa mendapatkannya di jual di pasar, atau jika sedang malas, SoHip juga bisa kok memesan ragi tempe ini melalui toko online di internet.

Nggak ada takaran pasti untuk membuat ini, tetapi biasanya untuk 1 Kg kacang kedelai, SoHip hanya butuh setengah sendok teh ragi tempe. Selain kacang kedelai dan ragi tempe, kamu juga bisa menyiapkan plastik atau daun pisang secukupnya untuk digunakan sebagai pembungkus tempe nantinya.

Advertisement

Selanjutnya bersihkan dan rendam kedelai yang sudah kamu siapkan! Jangan lupa nanti diremas-remas sesekali kedelainya ya!

Dicuci dan direndam terlebih dahulu | Credit: Pilligrim via id.depositphotos.com

Langkah selanjutnya dalam pembuatan tempe adalah dengan membersihkan kedelai menggunakan air, hal ini kita lakukan agar kotoran-kotoran yang menempel pada kedelai seperti sisa tanah, kerikil atau ranting. Setelah bersih maka kita akan merendam kacang kedelai ini dengan air dingin selama 12 sampai dengan 18 jam.

Pastikan kacang kedelai terendam sempurna ya SoHip! Sambil di rendam kacang kedelai yang akan menjadi bahan dasar pada pembuatan tempe ini juga perlu kamu remas sesekali. Hal ini dimaksudkan agar kulit luar atau kulit ari kacang kedelai tersebut lepas, sehingga nantinya kacang kedelai akan lebih lunak dan bisa terfermentasi dengan merata oleh ragi tempe!

Setelah kacang kedelai direndam, langkah ketiga dalam pembuatan tempe adalah merebus kacang kedelai tersebut hingga lunak!

Advertisement

Tempe direbus supaya lunak, untuk memudahkan proses fermentasi! | Foto oleh Three-shots via pixabay.com

Sebelum kamu menaburkan ragi tempe, kamu harus merebus kacang kedelai yang sudah kamu siapkan terlebih dahulu. Oh iya, untuk membuang kilit ari yang sudah terlepas, selain meniriskannya dari air rendaman, kamu juga bisa mengayaknya.

Kamu bisa merebus kacang kedelai ini selama 30 s.d. 45 menit. Kedelai harus dimasak/direbus terlebih dahulu, supaya tempe yang dihasilkan nanti nggak keras. Setelah ditiriskan, angin-anginkan dahulu kedelai yang sudah direbus sebelum melakukan ke cara membuat tempe berikutnya.

Langkah keempat adalah yang paling penting! Beri ragi pada kacang kedelai yang telah di rebus untuk memulai proses fermentasi dalam pembuatan tempe D.I.Y. kamu!

Kira-kira, begini penampakan kedelai setelah direbus dan sebelum diberikan ragi! | Credit : Dhimas Ageng Bayu Saputra via commons.wikimedia.org

Nah sekarang saat yang paling penting dalam pembuatan tempe, menyatukan ragi tempe dengan kacang kedelai! Sebelum memberi ragi tempe ke kacang kedelai, SoHip pastikan d ulu bahwa kacang kedelai sudah benar-benar kering dan dingin ya! Soalnya jika kedelai masih panas, maka ragi tempe yang kamu berikan akan mati bukannya berkembang dan menjadi jamur tempe.

Tuangkan ragi tempe ke kacang kedelai, setelah itu kamu aduk-aduk sedikit agar ragi tempe tersebut tersebar secara merata. Setelah kamu taburkan, bungkus tempe dengan plastik atau daun pisang yang telah disiapkan sebelumnya. Jika kamu nggak mau repot, kamu bisa mengganti bungkus ini dengan wadah atau cetakan yang kamu miliki di rumah.

Setelah diberi ragi tempe, langkah kelima adalah mendiamkan kedelai tersebut! Ini adalah saat yang menentukan! Apakah kedelai kamu akan berubah jadi tempe atau gagal!

Setelah menyebar, ragi ini akan jadi jamur putih yang mengikat seluruh biji kedelai | Credit: asimojet via id.depositphotos.com

Nah sekarang SoHip tinggal menunggu kacang kedelai berubah menjadi tempe karena proses yang disebabkan oleh ragi tempe. Proses ini akan memakan waktu 24 sampai dengan 48 jam, harap diingat kamu juga harus menjaga suhu tempat menyimpan dalam angka 20-25 derajat Celsius.

Jika kamu membiarkan suhu ruangan ini terlalu dingin, maka ragi tempe tidak akan tumbuh menjadi jamur tempe, sedangkan jika suhunya terlalu panas maka spora jamur tempe akan mati sebelum bisa berkembang biak. Selain itu, tidak disarankan untuk menumpuk tempe jika kamu membuatnya dalam jumlah banyak, karena akan menghambat sirkulasi udara, sebab fermentasi ini menghasilkan udara panas dan udara tersebut harus tersirkulasi agar spora jamur tempe nggak mati!

Langkah terakhir, untuk menjaga tempe D.I.Y. kamu tahan lama, kamu bisa menyimpannya di dalam kulkas!

Disimpan dulu di dalam kulkas supaya lebih padat | Photo by Ron Lach via www.pexels.com

Setelah menunggu 48 jam, coba periksa kembali tempe yang kamu buat, jika sudah padat dan berbau khas tempe, maka selamat! Kamu telah berhasil mengikuti cara membuat tempe secara D.I.Y. ini tanpa gagal!

Nah tempe yang sudah jadi ini bisa langsung kamu olah sebagai bahan berbagai masakan, mau langsung bikin orek tempe? Tempe bacem? Atau tempe goreng tepung? Semua bisa kamu masak menggunakan tempe ini. Jika kamu mau menyimpan tempe ini agar bertahan lama, SoHip bisa memasukkan tempe ini ke dalam kulkas untuk menjaga agar tempe nggak basi.

Nah itulah SoHip langkah-langkah cara membuat tempe anti gagal (semoga, hehehe) di rumah. Kamu juga bisa memanfaatkan cara membuat tempe ini untuk memproduksi tempe rumahan yang siap dijual. Gimana gampang kan proses pembuatan tempe? Udah bahannya simple, kamu juga nggak perlu banyak usaha, nah siap mencoba sendiri untuk membuat tempe di rumah?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

What is bravery, without a dash of recklessness?

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE