5 Cara Memisahkan Kuning Telur Tanpa Alat Khusus biar Tetap Utuh

Cara memisahkan kuning telur

Bagi sebagian orang, memisahkan telur merupakan pekerjaan yang tricky dan untung-untungan, karena nggak semua telur bisa dipecah dalam keadaan kuning telur yang masih utuh. Bahkan sering kali telur terasa encer, sehingga sangat sulit dipegang. Hal ini seringkali membuat malas saat ingin membuat kue atau masakan yang harus memisahkan kuning telurnya.

Advertisement

Biasanya orang memilih membeli alat khusus pemisah kuning telur. Namun, sebenarnya cara memisahkan kuning telur dari putihnya cukup mudah, lo. Bahkan, kamu nggak perlu punya alat khusus. Berikut ini, Hipwee Tips bagikan cara memisahkan kuning telur tanpa alat khusus yang bisa kamu coba dengan mudah. Yuk, simak!

1. Pilih telur yang masih baru dan didinginkan dulu supaya lebih mudah dipisahkan

Cara memisahkan kuning telur

Telur lama biasanya mudah pecah | Credit by 4045qd on Depositphoto

Sebelum mencoba memisahkan kuning telur dari bagian putihnya dengan beberapa cara, pastikan dulu telurmu masih baru. Sebab, biasanya telur lama memiliki jaringan sel yang sudah rusak sehingga kuning telur mudah pecah. Jika ingin lebih mudah, kamu bisa menyimpan telur di dalam kulkas lebih dulu.

Telur dingin ternyata lebih mudah untuk dipisahkan karena jaringan selnya lebih padat daripada telur yang berada pada suhu ruang. Biasanya, telur di suhu ruang lebih cair sehingga susah untuk dipisahkan.

Advertisement

2. Cara memisahkan kuning telur menggunakan tangan, praktis tanpa perlu alat apa pun

Cara memisahkan kuning telur

Menggunakan tangan | Credit by Gorbunova on Depositphoto

Cara memisahkan kuning telur menggunakan tangan bisa kamu coba dengan mudah. Namun, pastikan dulu kamu sudah mencuci tangan sampai bersih dan mengeringkannya. Tangan yang kotor dan basah akan membuat telur semakin licin, sehingga susah dipisahkan.

Cara memisahkan kuning telur dengan tangan yakni dengan memecahkan telur di atas tangan secara perlahan. Bukalah jari-jari sedikit demi sedikit sembari menggoyang-goyangkan telur, sehingga putih telur akan menetes melewati sela-sela jari.

3. Memisahkan kuning telur dengan memanfaatkan cangkangnya

Advertisement
Cara memisahkan kuning telur

Menggunakan cangkang | Credit by Weyo on Depositphoto

Bagi sebagian orang, kuning telur memang cukup sulit untuk dipegang karena sangat licin. Maka, cobalah untuk memanfaatkan cangkang telur untuk memisahkan kuningnya. Cara memisahkan kuning telur menggunakan cangkang pun cukup mudah.

Kamu hanya perlu memecahkan cangkangnya secara perlahan di bagian tengahnya, kemudian dibuka perlahan dan taruh seluruh telur pada satu bagian cangkang. Pindahkan telur ke cangkang sebelah dengan perlahan. Ulangi dengan hati-hati hingga putih telur menetes dan tersisa kuningnya saja pada cangkang. Meski cukup mudah, tapi memisahkan kuning telur dengan cara ini cukup lama, jadi harus lebih sabar ya~

4. Cara memisahkan kuning telur menggunakan botol plastik

Cara memisahkan kuning telur

Menggunakna botol plastik | Credit by Berry Kitchen on YouTube

Jika kamu ingin memisahkan kuning telur dengan cepat, cobalah untuk memanfaatkan botol plastik bekas. Cara memecahkan telur seperti ini pun cukup mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan botol plastik bekas yang sudah dicuci bersih dan dikeringkan. Pecahkan telur dengan perlahan, jangan sampai kuningnya pecah. Kemudian, arahkan mulut botol pada kuning telur, tekan perlahan kemudian lepaskan.

Otomatis kuning telur akan tertarik ke dalam botol, sehingga terpisah dari putihnya. Setelah itu, tekan botol kembali di atas wadah terpisah, sehingga kuning telur akan keluar dari botol. Jika kamu ingin mencoba cara memisahkan kuning telur menggunakan botol seperti ini, pastikan telur masih baru ya, sehingga nggak pecah saat disedot ke dalam botol.

5. Memisahkan kuning telur dengan bawang putih, salah satu cara yang sempat viral di media sosial

Cara memisahkan kuning telur

Memisahkan kuning telur | Credit by Gorbunova on Depositphoto

Selain keempat cara di atas, pernah viral di media sosial tentang orang yang memisahkan kuning telur menggunakan bawang putih. Sebenarnya cara ini cukup mudah dan hampir sama dengan menggunakan tangan biasa. Namun, bedanya sebelum memisahkan kuning telur, tangan digosok perlahan menggunakan bawang putih.

Jika ingin membuktikan kebenaran cara ini, coba kamu menggosokkan telunjuk dan jempol pada bawang putih selama 5-10 detik kemudian ambil kuning telur yang sudah dipecah dari cangkangnya pada sebuah wadah. Maka, otomatis kuning telur akan terangkat dan terpisah dari putihnya.

Beberapa cara di atas bisa dicoba sesuai kebutuhan dan paling mudah menurutmu. Sebab, ada orang yang kesulitan memegang telur secara langsung, tapi ada juga yang merasa kesulitan menggunakan alat bantu. Meski begitu, kelima cara memisahkan kuning telur ini bisa dicoba pada telur ayam maupun bebek. Selain itu, cukup praktis karena kamu nggak perlu beli alat khusus pemisah telur. Selamat mencoba!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE