8 Cara Menambah Subscriber YouTube dengan Minim Biaya. Kualitas Kuncinya!

Cara menambah subscriber

Semakin ke sini dunia digital semakin berkembang dan turut membuka lapangan pekerjaan baru mulai dari digital marketing, content writer, copywriter, hingga content creator. Saat ini banyak orang yang bercita-cita untuk menjadi konten kreator karena dianggap memiliki penghasilan yang fantastis melalui Adsense. Salah satu hal yang identik dengan seorang konten kreator YouTube adalah subscriber.

Advertisement

Yup, dukungan dari penonton ini juga memengaruhi keberadaan konten kreator tersebut di dalam sebuah platform. Maka tak heran jika para kreator kerap mengucapkan “jangan lupa subscribe” di bagian awal atau akhir video. Nah, bagi kamu yang baru memulai peruntungan di platform YouTube, Hipwee akan memberikan beberapa cara menambah subscriber yang minim biaya. Yuk, simak ulasan selengkapnya!

1. Mulailah dengan membuat konten yang menarik dan berkualitas

Buat konten yang menarik | Photo by Charles Deluvio on Unsplash

Cara menambah subscriber yang efektif yaitu dengan membuat konten yang menarik dan berkualitas. Kamu bisa tentukan siapa yang akan menjadi audiens kamu, lalu pilih topik dan konten yang sesuai dengan target audiens. Kamu juga bisa menganalisis konten video yang sudah kamu unggah sebelumnya dengan parameter engagement, watch time, rata-rata durasi menonton, dan retensi audiens untuk melihat topik mana yang menghasilkan engagement tertinggi.

Dengan begitu, kamu bisa menemukan tipe konten seperti apa yang berpeluang meningkatkan engagement dengan audiens dan membantumu mendapatkan lebih banyak subscriber. Setelah menemukan tipe konten yang sesuai, coba untuk mengunggahnya secara rutin.

Advertisement

2. Kategorikan video ke dalam playlist dan berikan judul yang memiliki dampak maksimal

Kategorikan konten ke dalam playlist | Photo by CardMapr on Unsplash

Buat para subscriber nyaman berada di kanal YouTube milikmu dengan membuat kategori tertentu dari koleksi videomu ke dalam sebuah playlist sehingga mereka mudah menonton video secara berkelanjutan. Agar lebih berdampak, kamu juga bisa tambahkan judul playlist dengan kalimat yang powerful.

Daripada membuat judul “tips menabung“, kamu bisa membuatnya terlihat lebih menarik dengan “tips mendapatkan tabungan Rp1 juta dalam sebulan”. Hal ini bisa memancing rasa tertarik penonton sehingga mengklik konten videomu.

3. Manfaatkan fitur end screen untuk membuat rekomendasi video lain di bagian akhir video

Manfaatkan fitu end screen | Photo by NordWood Themes on Unsplash

Kamu juga perlu memikirkan cara agar para subscriber semakin banyak menonton konten video yang kamu unggah ke kanal YouTube. Salah satunya dengan memanfaatkan fitu end screen untuk digunakan di bagian akhir video. Cukup sisakan sekitar 8 – 10 detik di akhir video untuk menambahkan tautan video lainnya. Langkah ini menjadi salah satu cara yang efektif untuk mendapatkan lebih banyak views dan subscriber untuk kanal YouTube.

Advertisement

4. Tambahkan ikon subscribe pada bagian branding watermark videomu

Tombol subscribe | Credit via strangershow.com

Langkah selanjutnya yang bisa kamu coba yaitu menambahkan tombol subscribe pada bagian branding watermark video. Tombol ini dapat memudahkan audiens yang ingin mendukung kontenmu melalui subscribe, karena mereka hanya perlu menekan tombol subscribe melalui video yang baru saja mereka tonton.

5. Optimalkan kanal YouTube kamu dengan menempatkan kata kunci yang relevan

Optimalkan kata kunci | Photo by Christian Wiediger on Unsplash

Untuk mendapatkan lebih banyak dukungan dari penonton, kamu perlu membuat konten videomu lebih mudah ditemukan di laman pencarian YouTube. Kamu harus membuat videomu berada di peringkat tinggi di laman pencarian dengan melakukan optimalisasi video melalui penempatan kata kunci yang relevan di judul, tag, deskripsi, file video, file SRT serta file thumbnail

Selain itu, perhatikan juga kata kunci apa yang paling banyak memandu audiens ke video kamu dari laporan pencarian YouTube, lalu tambahkan kata kunci tersebut ke metadata.

6. Buat video dengan durasi minimal sepuluh menit dengan thumbnail yang menarik

Thumbnail yang menarik | Credit via oberlo.com

Tampilan thumbnail yang menarik bisa memicu rasa penasaran dan ketertarikan penonton untuk mengklik dan menonton videomu. Bahkan, jika penonton merasa konten videomu menarik, mereka akan tertarik untuk mendukung kanal YouTube-mu melalui subscribe. Kamu bisa gunakan warna-warna yang menarik dan menampilkan potret orang atau sesuatu yang menjadi kunci dari videomu.

7. Melakukan interaksi dengan audiens di kolom komentar juga bisa meningkatkan kualitas konten

Bangun interaksi dengan audiens | Credit via tubefilter.com

Seperti yang kita tahu, di dunia digital ini interaksi antara konten kreator dengan audiens sangat diperlukan untuk membangun komunikasi dua arah dan membuat audiens merasa dekat dengan sang kreator. Kamu juga bisa menerapkan hal ini pada kanal YouTube milikmu.

Kamu bisa memberikan respons dan menjawab beberapa komentar dari penonton, terlebih jika penonton memberikan ide atau insight yang bagus untuk perkembangan kontenmu. Kamu juga bisa melakukan live streaming dan berikan kesempatan untuk berdiskusi atau sekadar ‘ngobrol’ dengan mereka.

8. Terakhir, promosikan kanal YouTube ke komunitas yang relevan dan platform lainnya

Promosikan konten ke platform lain | Photo by Adem AY on Unsplash

Melakukan promosi ke platform lain juga bisa menjadi salah satu cara menambah subscriber, karena kamu bisa menjangkau penonton dari luar YouTube. Coba promosikan videomu di platform lain seperti di media sosial, forum dan blog diskusi, email marketing atau melakukan kolaborasi dengan sesama konten kreator. Cara ini bisa membantumu untuk bisa menjangkau penonton lebih luas lagi.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menambah subscriber di kanal YouTube. Nggak perlu mengeluarkan biaya dulu, kamu bisa coba optimalkan fitur yang ada untuk menjangkau lebih banyak dukungan.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE