7 Cara Mendapatkan Uang dari YouTube Selain Mengandalkan Adsense

Cara mendapatkan uang dari YouTube

Terlepas dari beberapa efek negatifnya, media sosial juga memberikan keuntungan, salah satunya berupa penghasilan yang cukup besar bagi mereka yang mampu berpikir kreatif. Salah satu platform yang berpotensi menghasilkan uang adalah YouTube. Lantas, bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube?

Advertisement

Meski ada beberapa perbedaan peraturan dengan tahun-tahun sebelumnya, cara mendapatkan uang dari YouTube masih bisa diupayakan. Buatmu yang sedang mencoba meraup peruntungan lewat nge-vlog, berikut ini adalah cara mendapatkan uang dari YouTube pemula. Simak, yuk!

1. Cara pertama dan paling lumrah dilakukan untuk mendapat uang dari YouTube adalah memasang iklan dengan adsense

cara mendapatkan uang dari youtube tanpa adsense

YouTube Adsense/Credit: Unsplash

Cara mendapatkan uang dari YouTube dengan android, komputer maupun laptop adalah sama. Umumnya, para YouTuber mendapatkan uang dari iklan melalui adsense. Adsense sendiri adalah perhitungan uang dari YouTube yang telah ditetapkan. Memang, butuh berapa subscriber untuk mendapatkan uang dari YouTube? Syarat untuk memasang iklan sendiri adalah YouTube-mu memiliki 4000 jam tayangan dan 1000 subscriber. Terdengar cukup sulit, tapi sebenarnya angka tersebut mudah didapatkan jika kamu konsisten untuk mengupload video.

Jika syarat-syarat sudah dipenuhi, kamu bisa mengajukan permohonan monetisasi ke YouTube. Caranya juga mudah, kamu tinggal masuk ke kanal Creator Studio, pilih Status and Feature lalu klik tulisan Enable pada kolom Monetization. Jika sudah dilakukan, pihak YouTube akan meninjau kanalmu sebagai uji kelayakan. Jika sudah dikonfirmasi oleh pihak YouTube, kamu tinggal menautkan akun adsense pada kanalmu. Di sana kamu bisa memilih iklan yang sesuai dengan konten di kanalmu. Meski sudah diatur, biasanya YouTube juga memberikan iklan secara acak pada videomu.

Advertisement

2. Selain adsense, kamu bisa membuat video bersponsor untuk mendapatkan dua kali keuntungan

cara mendapatkan uang dari youtube dengan android

Membuat video sponsor/Credit: Unsplash

Apakah ada cara mendapatkan uang dari Youtube tanpa adsense? Tentu saja ada! Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah membuat video sponsor. Hal ini biasanya lumrah terjadi pada kanal-kanal besar yang telah memiliki jam tayang tinggi dan punya banyak subscriber. Akan ada banyak perusahaan yang meminta bantuanmu membuat video bersponsor.

Tentu saja membuat video sponsor harus memiliki teknik. Kamu bisa menyelipkan video sponsor di tengah atau awal video. Jadi meski kontenmu nggak ada adsense, kamu telah mendapatkan uang dari kesepakatan dengan perusahaan yang memintamu membuat video bersponsor.

3. Kamu bisa menggunakan teknik product placement sebagai upaya mempromosikan sebuah brand secara halus

Advertisement
cara mendapatkan uang dari youtube pemula

endorsement adalah salah satu cara lain/Credit: Unsplash

Selain video bersponsor, kamu juga bisa mendapatkan uang dari product placement. Teknik ini sangat lumrah dilakukan di televisi maupun film. Biasanya, kamu harus mempromosikan satu merek tanpa harus mempromosikannya secara blak-blakan. Misalnya, kamu sedang membahas tentang fesyen dan kamu menggunakan baju dari brand tertentu.

Sebelum melakukannya, tentu saja koneksi dengan brand adalah kuncinya. Kamu harus mendekati banyak brand yang berpotensi untuk memberikanmu uang untuk product placement. Selain mendapat uang, teknik product placement yang soft selling sangat memudahkanmu dalam membuat video. Kamu tetap bisa membuat konten sesuai idealismu seraya mempromosikan sebuah brand.

4. Banyak YouTuber yang menggunakan fitur Subscription alias donasi dari para penonton untuk mensponsori video

berapa subscriber untuk mendapatkan uang

Donasi dari penggemar/Credit: Unsplash

Baru-baru ini, YouTube telah membuat fitur baru berama Subscription. Fitur ini berbeda dengan subscribe pada umumnya. Secara singkat, fitur ini merupakan pengumpulan dana dari para penggemar yang ingin mendukung para kreator untuk tetap bersemangat membuat konten. Secara sederhana, penonton menjadi sponsor dari video-video yang diunggah sang kreator itu sendiri.

Kendati begitu, menggunakan fitur ini cukup sulit. Pasalnya kamu harus tahu dulu cara membuat channel YouTube menghasilkan uang dan memiliki banyak subscriber. Selain itu, kamu juga harus punya konten-konten menarik dan berkualitas tinggi. Jika subscriber sudah percaya, kamu pasti bakal mendapatkan uang donasi dari para penggemar tanpa harus berharap dari adsense.

5. Sistem Affiliate Links sangat efektif dilakukan untuk mendapatkan keuntungan hanya dari klik di deskripsi video

cara membuat channel youtube menghasilkan uang

memasang link untuk mendapat keuntungan/Credit: Unsplash

Affiliate Links adalah sistem bisnis yang memberimu keuntungan berupa uang jika memasang link tertentu di deskripsi video kita. Bahkan deskripsi video atau lebih lumrah disebut caption bisa menghasilkan uang.

Cara kerjanya juga cukup sederhana. Jika ada orang yang membuka link tersebut, kamu akan mendapat komisi. Sebelum itu, kamu harus menjalin perjanjian tertentu dengan brand. Untuk menstimulasi subscriber membuka link tersebut, kamu bisa membuat video khusus yang berbicara tentang brand tersebut lebih mendalam.

6. Seorang YouTuber terkenal bisa menjual beragam merchandise unik dan otentik tentang kanalnya

cara mendapatkan uang dari youtube tanpa upload video

menjual merchandise/Credit: Unsplash

YouTuber yang besar biasanya memiliki banyak penggemar militan. Tanpa sadar, para kreator YouTube telah menjadi figur publik yang dikenal masyarakat. Karena memiliki fame dan penggemar, seorang YouTuber punya kuasa untuk menjual merchandise yang berhubungan dengan dirinya atau kanal YouTube-nya.

Hal ini lumrah dilakukan oleh banyak YouTuber maupun pekerja seni lain seperti musisi. Kamu bisa menjual baju, pernak-pernik dan berbagai macam barang otentik yang memang dikhususkan untuk merchandise. Kamu cukup mempromosikan barang buatanmu sendiri dan biarkan penontonmu menentukan apakah mereka ingin membeli merchandise tersebut atau tidak.

7. Kamu bisa membuat event yang mempertemukanmu dengan para penggemar. Uang yang kamu dapat diambil dari keuntungan harga tiket yang ditentukan

cara mendapatkan uang dari youtube hanya dengan menonton

Membuat sebuah acara/Credit: Unsplash

Setelah membahas cara-cara lain, ada nggak sih cara mendapatkan uang dari YouTube tanpa upload video? Seorang YouTuber bisa mendapatkan uang tanpa harus membuat video dengan cara membuat event seperti meet and greet. Ya meski begitu, awalnya kita harus tetap rajin upload video agar memiliki penggemar yang bisa datang ke meet and greet tersebut.

Singkatnya, nggak ada cara mendapatkan uang dari YouTube tanpa membuat karya, apalagi cara mendapatkan uang dari YouTube hanya dengan menonton. Kamu harus mengeluarkan sebuah karya yang otentik agar bisa mendapatkan balasan yang setimpal.

Nah, itu dia beberapa tips dan cara untuk mendapatkan uang dari YouTube. Gimana? Apakah kalian tertarik untuk memulai kanal YouTube sendiri? Semoga saja artikel ini bisa membantumu yang memang berniat untuk membuat kanal YouTube dan mendapatkan uang dari sana. Amiiin~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE