4 Trik Bikin Caption Instagram yang Ciamik Buat Jualan di Instagram. Nggak Bisa Asal-asalan!

caption instagram untuk jualan

Mungkin selama ini kita tidak sadar karena tidak begitu memperhatikan bahwa ada beberapa akun Instagram olshop yang jadi rujukan pertama saat akan mencari sesuatu karena feed-nya yang menyenangkan, rasanya entah  kenapa ada satu kekuatan yang menarik kita untuk membeli atau paling tidak berkomentar di post mereka. Eits, bukan hal magis maksudnya tapi kekuatan tersebut muncul dari kata-kata yang ditulis sebagai caption gambar jualan tersebut.

Advertisement

Tak hanya digunakan untuk melengkapi gambar saja, justru kata-kata yang ditulis di caption adalah sebuah cara ampuh untuk menarik hati calon pembeli lo. Makanya, untuk kamu yang baru mulai memiliki olshop, ada beberapa trik yang perlu dikuasai untuk memaksimalkan hal yang satu ini, berikut beberapa caranya. Simak yuk!

1. Hal pertama yang mesti dilakukan adalah mengetahui siapa audience-mu, lalu kamu bisa menentukan brand voice

Sesuai dengan audience/ Credit: HMNS via www.instagram.com

Audience di media sosial diharapkan akan menjadi salah satu pelangganmu nantinya, makanya kamu bisa menarik mereka dengan konten yang relate. Untuk mengetahuinya kamu perlu membuat list siapa saja yang kira-kira akan tertarik dengan produkmu lalu menentukan karakter mereka, misalnya berapa usianya, dari mana saja asal mereka, apa pekerjaannya, dan apa hobi mereka. Nah, setelah itu kamu bisa menentukan brand voice, caranya adalah dengan menggunakan beberapa kata sifat untuk menunjukkan nilai dan kualitas apa yang dibawa brand yang kamu punya, misalnya jika jualanmu baju murah untuk anak kuliah, maka kamu bisa menggunakan kata fashionable, up to date, dan terjangkau. Dari sana kamu bisa menentukan berarti perlu berkomunikasi dengan cara yang santai dan ringan.

2. Nah secara teknis, ada perhitungan membuat panjang caption sampai peletakkan kata-kata di dalamnya

Singkat, padat, jelas/ Credit: Uniqlo via www.instagram.com

Dilansir dari situs Influencer Marketing Hub, walaupun Instagram menyediakan banyak karakter untuk caption, ternyata kamu tak bisa asal menggunakannya semua. Jumlah terbaik yang bisa digunakan adalah antara 138 sampai 150 karakter. Social Report menyarankan, jika tak ingin muncul tulisan ‘more‘ maka kamu bisa menulis sebanyak 125 karakter saja. Jika ingin membuat audience mengeklik ‘more‘ maka kamu harus membuat caption yang membuat mereka penasaran, kuncinya letakknya kata paling penting di awal kalimat.

Advertisement

3. Tagar merupakan salah satu fitur yang digunakan untuk lebih memudahkan produkmu muncul di pencarian, tapi kamu tak bisa menggunakannya sembarangan

Kasih spasi/ Credit: Heels Addict via www.instagram.com

Yang paling penting untuk diingat terkait tagar adalah penggunaannya yang harus relevan dengan produk yang sedang dijual, sebisa mungkin jangan sampai menaruh terlalu banyak tagar dalam caption karena justru copy atau tulisanmu jadi tak terbaca. Kamu bisa mengubur tagar-tagar ini dengan meng-enter atau menaruh jarak berupa titik agar berada jauh di bawah. Cara kedua adalah dengan tak menaruh tagar di caption sama sekali, sebagai gantinya kamu bisa menaruhnya di bagian komentar setelah foto sudah terunggah.

4. Untuk meningkatkan engagement dan nantinya berujung di peningkatan penjualan maka kamu bisa menaruh call to action

Call to action/ Ccredit: The Klog via www.instagram.com

Yang dimaksud call to action adalah seruan untuk audience melakukan sesuatu seperti meninggalkan komentar, menandai teman mereka, atau memberikan opini mereka. Akan tetapi, untuk mendapatkan respons dari audience maka topik atau tulisan di depan harus dibuat menarik. Menaruh pertanyaan di caption seperti tes skill, pilihan ganda, dll.  juga bisa menjadi sebuah cara untuk menaikkan engagement.

Advertisement

Nah, selain tips tersebut, kamu juga bisa menggunakan berbagai fitur yang tersedia seperti emoji, tapi jangan menaruh terlalu banyak hingga mengganggu ya. Kamu juga bisa kok sesekali mengutip kalimat dari seseorang, eits tapi bukan yang klise ya, kamu bisa mengutip seperti ketika menuliskan caption dengan story telling.

Nah, dengan mengetahui beberapa trik tersebut semoga akun jualanmu makin laris manis yaaa~ Jangan pernah takut untuk memulai, yuk #KitaMulaiBersama supaya bisa bersama-sama memajukan #UKMDariDanUntukIndonesia. Semangat, Guys!

xx
Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE