Cara Menanam Bunga Telang di Halaman Rumah. Bisa Merambat dengan Indah

Cara menanam bunga telang

Bunga telang merupakan salah satu jenis tumbuhan yang saat ini banyak digemari untuk dijadikan berbagai jenis kreasi makanan dan minuman. Biasanya bunga berwarna ungu kebiruan ini diolah menjadi teh, minuman herbal, pewarna makanan seperti kue dan nasi. Selain menghasilkan warna yang cantik, telang memiliki berbagai khasiat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Advertisement

Bunga telang mengandung sejumlah bahan aktif yang bermanfaat sebagai antioksidan, antibakteri, antiinflamasi, baik untuk diabetes, radang mata, antidepresan, kesehatan hati dan sebagainya. Selain itu, bunga telang juga cukup mudah untuk ditanam, lo. Kamu bisa menanam sendiri di pekarangan rumah, bisa ditanam langsung di tanah dan bisa juga di pot atau polybag. Berikut, Hipwee Tips beritahu cara menanam bunga telang yang super mudah!

1. Cara menanam bunga telang dari biji untuk mendapatkan bibit berkualitas

Biji bunga telang ptik langsung dari pohonnya | Credit by Hipwee

Cara budidaya bunga telang terbilang cukup mudah. Kamu bisa membeli biji bunga telang kemasan pabrik di toko pertanian atau bisa juga minta tetangga, biji yang langsung dipetik dari tanamannya. Nah, untuk mendapatkan bibit yang berkualitas, cara menanam biji bunga telang ini bisa dilakukan dengan proses penyemaian lebih dulu. Berikut cara menyemai biji bunga telang:

  1. Jika kamu menggunakan biji yang memetik langsung dari tanamannya, pastikan biji sudah masak sejak sebelum dipetik. Kemudian, biji harus dikeringkan hingga berubah warna menjadi hitam, sementara kulinya jadi cokelat.
  2. Sebelum proses penyemaian, rendam dulu biji bunga telang ke dalam air hangat suam-suam kuku selama 30-60 menit.
  3. Pilih biji yang tenggelam dalam air dan buang biji yang mengapung karena biji tersebut biasanya sudah rusak. Kemudian rendam lagi biji yang tenggelam di dalam air selama 12 jam untuk mempercepat proses perkecambahan.
  4. Siapkan tempat penyemaian berupa wadah yang telah diberi tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1.
  5. Buat lubang pada wadah sedalam 3 cm. Beri jarak 5 cm tiap lubang.
  6. Masukkan biji yang sudah direndam pada lubang tersebut. 1 lubang cukup untuk 1-2 biji.
  7. Tutup lubang dengan tanah tapi jangan terlalu ditekan. Lakukan penyemprotan sampai tanah benar-benar lembap.
  8. Letakkan semaian biji bunga telang di tempat yang gelap selama semalam. Kemudian simpan di tempat yang terang tapi hindari terkena sinar matahari langsung. Tanah harus selalu dalam keadaan lembap, ya!
  9. Tunggu proses semai selama 5 minggu atau sampai muncul daun sejati dan batangnya sudah lebih dari 5 cm, maka bibit bunga telang siap ditanam.
Advertisement

2. Menanam bunga telang di dalam pot atau polybag supaya lebih praktis. Cocok buat kamu yang nggak punya lahan untuk menanam

Cara menenam bunga telang

Menanam bung telang di polybag | Credit by Hipwee

Setelah proses penyemaian, bibit siap ditanam di dalam media yang permanen hingga bisa berbunga. Hal yang perlu kamu siapkan dalam cara menanam bunga telang ini adalah media tanam atau wadah yang akan digunakan. Jika kamu nggak punya lahan atau tanah langsung untuk menanam, maka kamu bisa menggunakan pot atau polybag. Berikut cara menanam bunga telang dalam pot atau polybag:

  1. Siapkan pot atau polybag yang akan dijadikan wadah media tanam. Usahakan diameternya minimal 20 cm dan tinggingan 20 cm ya, supaya nggak gampang roboh saat tanaman semakin lebat dan tinggi.
  2. Isi pot dengan campuran tanah, pupuk kandang dan pasir dengan komposisi 2:1:1.
  3. Siapkan batang kayu sepanjang 30-50 cm untuk menjaga tanaman tetap tegak dan kokoh.
  4. Buat lubang di tengah pot, kedalamannya sesuai akar bibit yang akan ditanam. Kemudian pasangkan kayu tadi di sebelah bibit.
  5. Letakkan pot di tempat yang terkena sinar matahari 6-8 jam tiap hari.

3. Menanam bunga telang langsung di tanah supaya tanaman lebih liar, lebat daun dan bunganya

Advertisement
Cara menanam bunga telang

Bunga telang yang ditanam langsung di tanah | Credit by Fifah88 on Commons Wikimedia

Selain menggunakan pot atau polybag, cara menanam bunga telang juga bisa dilakukan di kebun atau langsung di tanah. Keuntungan menanam bunga telang langsung di tanah adalah daunnya bisa lebih lebat, sehingga kemungkinan berbunga lebat juga lebih besar. Berikut cara menanam bunga telang langsung di tanah:

  1. Pilih tempat dengan sinar matahari yang cukup, yakni sekitar 6-8 jam per hari. Jauhi pohon dan semak-semak besar, lebih baik di dekat dinding atau pagar.
  2. Pilih tanah yang memiliki kandungan pasir. Namun, jika nggak ada, kamu bisa mencampur tanah, pasir dan pupuk, sekalian membuat tanah jadi gembur sebelum menanam bibit.
  3. Buat lubang dengan kedalaman sesuai panjang akar bibit yang akan ditanam. Buat jarak 20-30 cm tiap lubang.
  4. Meski ditanam dekat dinding atau pagar, jika masih diperlukan, kamu juga bisa menyiapkan kayu sepanjang 30-50 cm sebagai tempat perambatan tanaman.

4. Perawatan bunga telang supaya berbunga lebat, cepat panen dan bisa berbunga sepanjang tahun

Cara menanam bunga telang

Perawatan bunga telang | Credit by beritabaik on Pixabay

Penanaman bunga telang terbilang cukup mudah, kan? Selain itu perawatannya juga mudah, lo. Berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam perawatan bunga telang:

  1. Tanaman bunga telang nggak boleh terlalu kering, sehingga kamu harus rutin menyiramnya setiap hari jika cuaca sedang panas.
  2. Lakukan pemupukan 2 minggu sekali untuk memberikan nutrisi pada tanaman, sehingga bisa berdaun dan berbunga lebat.
  3. Pastikan kamu juga memperhatikan rambatan bunga telang, ya. Jika kamu menggunakan pot dan kayu yang dijadikan rambatan sudah nggak sanggup menopang tanaman, kamu bisa meletakkan pot di dekat dinding atau tembok. Jika hal ini nggak memungkinkan, kamu bisa menambahkan kawat ayam.
  4. Lakukan penyiangan untuk membebaskan tanaman bunga telang dari gulma yang bisa menghambat pertumbuhannya.

Gimana, mudah kan cara menanam bunga telang dan perawatannya? Jika sudah punya tanaman bunga telang sendiri di rumah, kamu bisa membuat kreasi minuman sehat kapan pun dan lebih seru karena bisa memetik langsung. Tanaman bunga telang ini bisa berbunga sepanjang tahun, lo. Jadi, nggak perlu menunggu musim tertentu, asalkan kamu tetap menjaga tanaman tetap subur. Tertarik menenam bunga telang sendiri?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE