4 Cara Mencairkan Daging Beku dari Freezer yang Benar dan Higienis

Cara mencairkan daging beku

Kebanyakan orang menyimpan daging beku di dalam freezer karena alasan praktis dan untuk persediaan. Sayangnya, alasan praktis kadang justru merepotkan ketika harus mencairkan daging dahulu sebelum memasak. Apalagi, mencairkan daging beku dari dalam freezer butuh waktu lama dan nggak boleh sembarangan, karena daging rentan ditumbuhi bakteri.

Advertisement

Selain itu, keliru cara mencairkan daging beku juga bisa merusak kualitas daging. Akibatnya, daging jadi kurang segar dan alot. Nah, bagaimana cara mencairkan daging beku supaya olahan daging tetap lezat dan sehat tapi tetap praktis? Yuk, simak cara mencairkan daging beku dengan cepat dan higienis berikut!

1. Jangan gunakan air panas atau hangat untuk merendam daging beku, gunakan air biasa dan ganti air secara berkala

Cara mencairkan daging beku

Rendam daging dengan air biasa | Credit by Collegiatecooker on flikr

Bagi banyak orang, mencairkan daging beku dengan merendamnya ke dalam air panas atau hangat mungkin dianggap cara paling praktis. Namun, perbedaan suhu yang drastis justru bisa merusak tekstur daging. Belum lagi bagian dalam daging bisa menjadi tempat bertumbuhnya bakteri. Jika ingin cepat, rendamlah daging pada air biasa. Namun, perhatikan cara aman merendam daging dalam air berikut:

  1. Masukkan daging ke dalam plastik yang rapat, supaya daging nggak terkena air secara langsung dan menghindari kontaminasi bakteri dalam air.
  2. Rendam bungkusan daging ke dalam air biasa, ganti secara berkala jika air sudah terasa dingin untuk mempercepat proses pencairan.
  3. Cara ini hanya boleh dilakukan maksimal 2 jam sebelum daging dimasak. Jika lebih dari itu, dikhawatirkan daging bisa ditumbuhi bakteri.
Advertisement

Cara ini paling cocok untuk mencairkan daging slice dan daging giling beku, karena lebih mudah mencair dan nggak khawatir terlalu lama dalam proses perendaman.

2. Mencairkan daging dari freezer dengan cara merendamnya dalam air dingin untuk menjaga tekstur dan kualitas daging

Cara mencairkan daging beku dengan cepat dan higienis

Rendamdaging dalam air dingin | Credit by Belhenk on flikr

Cara mencairkan daging beku baik sapi maupun ayam dengan merendamnya pada air dingin adalah solusi yang bisa kamu coba. Meski nggak secepat cara yang pertama, tapi cara ini lebih baik untuk menjaga tekstur dan kualitas daging. Air dingin bisa menurunkan suhu daging secara perlahan, sehingga daging tetap segar dan bisa menghambat pertumbuhan bakteri.

Sebelum merendam daging, pastikan harus dibungkus dalam plastik yang rapat. Buat bungkusan yang kecil-kecil untuk mempercepat proses pencairan. Setelah daging mencair, segera masak dan jangan terlalu lama dibiarkan di suhu ruang, karena daging akan cepat ditumbuhi bakteri.

Advertisement

3. Gunakan microwave untuk mencairkan daging beku dengan cepat, tapi bisa merusak kualitas masakan

Cara mencairkan daging beku dengan microwave

Mencairkan daging beku dalam microwave | Credit by Jayzynism on depositphoto

Cara mencairkan daging beku baik ayam maupun sapi menggunakan microwave adalah solusi yang paling praktis. Nggak sampai 1 jam, daging beku sudah siap diolah. Namun, cara ini bisa merusak kualitas masakan, karena daging yang dipanaskan dalam microwave akan keluar dalam keadaan setengah matang. Selain itu, pada daging sapi, teksturnya bisa berubah kering dan keras.

4. Cara mencairkan daging beku di dalam chiller dengan perubahan suhu yang bertahap untuk menjaga kualitas daging

Cara mencairkan daging beku dari freezer

Keluargan daging dari frezeer, pindah ke chiller | Credit by Belchonock on depositphoto

Cara mencairkan daging beku di chiller dalah cara terbaik yang bisa kamu coba. Perubahan suhu yang bertahap dari dalam freezer ke chiller otomatis akan membuat daging mencair perlahan. Cara ini memang butuh waktu yang lama, bahkan mencapai 12-24 jam. Namun, cara ini dinilai paling aman dan higienis, karena bisa mencegah pertumbuhan bakteri dengan efektif, sehingga kualitas daging tetap terjaga.

Supaya tetap aman dan nggak menunggu terlalu lama, kamu bisa mengeluarkan daging beku dari freezer pada malam hari. Kemudian meletakannya di rak chiller sampai pagi. Jika paginya daging belum cair sempurna, maka lanjutkan pencairan dengan cara nomor 2 atau 1 di atas.

Perlu diingat jika daging yang sudah dicairkan, nggak boleh dibekukan lagi, karena bisa merusak daging dan membuatnya cepat membusuk.

Nah, itulah 4 cara mencairkan daging beku yang benar dan tetap higienis. Kamu bisa pilih cara yang paling cocok sesuai kebutuhan. Selamat mencoba!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE