8 Cara Mencukupi Kebutuhan Vitamin D bagi Cewek Berhijab. Tenang, Caranya Enak-enak Kok!

Cara mencukupi vitamin D

Katanya cewek berhijab bakal kekuarangan vitamin D, ya? Bener nggak sih?

Advertisement

Wajar jika ada anggapan seperti ini. Mengingat matahari merupakan sumber utama vitamin D yang paling banyak diserap oleh tubuh, sementara cewek berhijab nggak banyak terpapar langsung oleh sinar matahari.

Namun, anggapan di atas nggak sepenuhnya benar, ya! Banyak riset telah mengungkap terjadinya kekurangan vitamin D secara global biasanya disebabkan oleh perilaku manusianya itu sendiri. Gimana nggak kekurangan vitamin D, kalau kamu saja justru malah menghindari sumber vitamin D? Ya, dengan menghindari makanan berlemak atau menggunakan sun block terlalu banyak, misalnya.

Lantas, bagaimana jika kita, khususnya cewek berhijab ingin kebutuhan vitamin D dalam tubuh tetep terpenuhi? Tenang, Hipwee Tips sudah merangkumnya untukmu kok. Simak, yuk!

Advertisement

1. Berjemur masih jadi cara terbaik untuk memenuhi kecukupan vitamin D. Nggak perlu juga berjemur lama-lama sampai kulitmu gosong juga kok

berjemur via www.sihealth.co.uk

Dilansir dari laman Hello Sehat, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan untuk memenuhi kebutuhan sumber vitamin D, kamu perlu berjemur senggaknya 5 hingga 15 menit seenggaknya 3 kali seminggu. Usahakan agar sinar matahari mengenai bagian lengan, tangan, dan wajahmu tanpa tabir surya, apalagi kalau kulitmu pucat. Nggak perlu jauh-jauh ke lapangan, cukup ke depan atau belakang rumah yang nggak terlihat orang.

2. Konsumsi ikan laut secara rutin juga bisa memenuhi asupan vitamin D

ikan salmon via health.detik.com

Lemak ikan merupakan sumber vitamin D yang baik bagi tubuh. Ikan salmon, makarel, tuna, dan belut merupakan contoh-contoh ikan yang bisa memenuhi kebutuhan vitamin D.

3. Sama seperti tubuh manusia, jamur juga akan memproduksi vitamin D yang yang banyak jika terpapar sinar matahari lo!

Kalau kamu nggak suka ikan, mengonsumsi jamur bisa jadi alternatif ketika kamu butuh asupan vitamin D yang cukup. Bahkan jamur jenis portobello pun mengandung 446 IU vitamin D untuk setiap 3,5 onsnya.

Advertisement

4. Sebagai salah satu makanan yang kaya protein, telur juga bisa dijadikan sebagai sumber vitamin D

Nggak perlu takut kolesterol, kuning telur justru bisa memenuhi kebutuhan vitamin D tubuhmu lo! Kalau kamu makan sebutir telur saja setiap hari, ia akan memenuhi kebutuhan 40 IU vitamin D. Nah, kalau masih kurang yakin dengan kolesterolnya, kamu bisa kok makan putihnya saja.

5. Nah, kalau kamu penggemar masakan padang, cobalah makan hati sapi untuk memenuhi kebutuhan vitamin D kamu

hati sapi rendang via Cara%20mencukupi%20vitamin%20D

Hati sapi memang punya kandungan kolesterol yang cukup tinggi, namun makanan ini memiliki kandungan vitamin D yang juga tinggi lo! Dalam satu potong hati sapi terkandung 50 IU vitamin D.

6. Selain hati, susu sapi pun juga memiliki kandungan vitamin D yang bagus untuk tubuh

Nggak hanya susu sapi, bahkan susu kedelai pun memiliki kandungan vitamin D yang cukup untuk tubuh. Wah, pantas saja para orang tua getol meminta anaknya untuk rajin minum susu, ya!

7. Kalau ingin menghindari makanan yang berlemak, kebutuhan vitamin D juga bisa kamu dapatkan dari segelas jus jeruk lo!

jus jeruk via www.inverse.com

Buatmu yang punya kolesterol tinggi dan nggak suka susu atau punya alergi laktosa, jus jeruk bisa jadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan vitamin D.  Setiap satu gelas jus jeruk mengandung vitamin D hingga 100 IU.

8. Kalau ingin kebutuhan vitamin D tercukupi dengan cepat, konsumsilah suplemen yang baik untuk tulang

suplemen vitamin D via hellosehat.com

Ini cocok jika kamu nggak punya waktu untuk berjemur dan memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Namun, tetep ya, kamu nggak boleh berlebihan dalam mengonsumsi suplemen. Nanti bisa-bisa malah kamu keracunan.

Mengingat manfaatnya yang baik untuk tubuh, kamu disarankan untuk dapat memenuhi kebutuhan vitamin D. Namun, nggak boleh berlebihan, setiap orang dewasa disarankan untuk mengkonsumsi maksimal 4000 UI vitamin D dalam sehari. Nggak perlu khawatir kebutuhan vitamin D-mu nggak tercukupi meski berhijab, masih banyak kok hal yang bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan vitamin D-mu!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE