5 Cara Mengatasi Kelilipan yang Benar. Jangan Ditiup atau Dikucek, ya!

Cara mengatasi kelilipan

Kelilipan atau kondisi mata kemasukan benda asing adalah salah satu masalah mata yang bisa terjadi pada siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Bahkan, kejadiannya selalu tiba-tiba, sehingga kadang memicu gerak reflek untuk mengucek mata yang kelilipan. Apalagi rasa gatal, mengganjal, bahkan kadang perih membuat kita nggak sabar untuk mengatasinya.

Advertisement

Selain mengucek, pertolongan pertama pada kelilipan yang biasa dilakukan adalah meminta orang lain untuk meniup mata yang kelilipan. Padahal, mengucek dan meniup justru membuat partikel semakin masuk, bahkan bisa menimbulkan luka dan menyebabkan iritasi. Nah,  untuk menghindari kondisi yang parah, sebenarnya ada cara mengatasi kelilipan yang aman dan mudah, lo. Berikut Hipwee Tips bagikan caranya, yuk simak!

1. Mengedipkan mata dengan cepat untuk memicu air mata yang bisa membantu mengeluarkan partikel

Mengedipkan mata | Credit by Dimaberlin on depositphoto

Ketika mata kelilipan, respons pertama yang akan kita lakukan adalah menutup kelopak mata dengan erat. Cara mengatasi kelilipan dengan aman yang bisa kamu coba sebagai pertolongan pertama adalah mengedipkan mata dengan cepat. Alih-alih mengucek, mengedipkan mata justru lebih aman karena tidak membuat kotoran semakin masuk dan bergesekan dengan mata.

Mengedipkan mata dengan cepat akan memicu air mata untuk keluar sehingga bisa mendorong partikel untuk keluar. Cara mengatasi mata kelilipan ini cukup aman, mudah, dan efektif.

Advertisement

2. Menarik kelopak mata yang terasa mengganjal untuk mengeluarkan partikel yang masuk ke mata

Menarik kelopak mata | Credit by Ia__64 on depositphoto

Jika dengan mengedipkan mata belum berhasil mengeluarkan kotoran, cobalah cara mengatasi kelilipan berikutnya yakni menarik kelopak mata. Jika bagian kelopak atas yang terasa mengganjal, maka tarik kelopak atas, begitu pula jika yang mengganjal di bagian kelopak bawah. Sebelum melakukan cara mengatasi kelilipan seperti ini, pastikan tangan sudah bersih dan kering.

Lakukan perlahan hingga kelopak mata terangkat, tahan 3 detik sembari berkedip atau memutar bola mata. Cara ini bisa mengatasi kelilipan pasir, serbuk kayu, bulu mata atau partikel yang lebih besar dibanding debu. Selain itu cara mengatasi kelilipan ini juga mudah dilakukan pada anak.

3. Gunakan alat bantu berupa kapas atau kain basah yang bersih jika partikel yang masuk harus dikeluarkan menggunakan tangan

Advertisement
Cara mengatasi kelilipan

Memberiskan mata menggunakan kapas | Credit by double.dphoto on depositphoto

Jika partikel atau kotoran yang masuk ke mata cukup besar, biasanya lebih sulit keluar dari area mata, sehingga butuh diambil menggunakan tangan. Namun, jangan pakai tangan secara langsung ya, karena bisa saja melukai mata. Cara mengatasi kelilipan ini bisa menggunakan kapas atau kain basah yang bersih.

Buat ujung kapas atau kain yang lancip setelah dibasahi dengan air bersih. Kemudian arahkan pada bagian mata yang kelilipan untuk membantu mengambil partikel yang sulit keluar. Usahakan kapas atau kain yang digunakan tidak menyenggol bagian mata apa pun supaya tidak menimbulkan gerak refleks untuk menutup mata. Membersihkan partikel pada mata menggunakan kapas atau kain juga sebagai cara mengatasi kelilipan pada bayi dan anak.

4. Mencuci mata menggunakan air bersih untuk mengeluarkan kotoran yang mengganjal

Mencuci mata | Credit by Tinatin1 on depositphoto

Saat kelilipan, sering kali mata terasa mengganjal padahal tidak terlihat partikel yang masuk ke area mata. Jika kamu mengalami hal ini, biasanya partikel menempel di bawah kelopak mata. Maka, cara mengatasi mata mengganjal tapi tidak ada kotoran yang paling aman adalah mencuci mata.

Caranya cukup mudah, kamu bisa menggunakan eye bath cup atau wadah apa pun yang bersih dan bisa menampung air. Tuangkan air bersih ke dalam wadah, bisa juga pakai air matang atau air minum untuk menjamin kebersihannya. Kemudian rendam mata ke dalam air, saat mata sudah di dalam air cobalah untuk berkedip beberapa kali. Cara ini cukup efektif untuk menuntaskan partikel yang mengganjal pada mata.

5. Jika masih menyisakan rasa mengganjal, coba gunakan obat tetes mata untuk mengatasi iritasi akibat kelilipan

Cara mengatasi kelilipan

Tetes mata | Credit bya dragana.ctock@gmail.com on depositphoto

Kelilipan sering kali menyebabkan iritasi yang ditandai dengan mata kemerahan. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menggunakan obat tetes mata merek apa pun yang biasa dijual di apotek. Usahakan yang mengandung tetrahydrozoline HCl yang dapat membantu meredakan mata merah karena iritasi ringan, seperti kelilipan. Cara ini juga bisa mengatasi rasa kelilipan yang tak kunjung hilang dan bisa membantu mengeluarkan partikel yang belum bisa dikeluarkan dengan cara-cara sebelumnya.

Beberapa cara mengatasi kelilipan di atas bisa kamu lakukan sebagai pertolongan pertama yang paling aman. Namun, jika kelilipan membuat mata terus mengeluarkan air, merah yang cukup pekat, bahkan berdarah, sehingga menimbulkan sensasi perih dan pegal, segera periksakan ke dokter, ya!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE