Mata Kedutan Berarti Mau Nangis atau Ada yang Kangen itu Mitos. Justru Ada Gangguan Saraf lo!

Mata kedutan

Kayaknya ada yang kangen aku deh. Mataku kedutan terus dari tadi.

Advertisement

Mata kedutan sering dikaitkan sebagai pertanda suatu hal. Biasanya, makna mata kedutan dipercaya tergantung pada letaknya, misalnya mata kedutan kiri yang berarti mau nangis atau akan tertimpa musibah. Sedang jika mata kanan yang kedutan, berarti ada yang kangen atau bakal ada rezeki datang. Namun, dibalik arti mata kedutan primbon Jawa, sebenarnya ada fakta medis yang belum banyak diketahui masyarakat. Kedutan yang sering terjadi secara tiba-tiba ini ternyata bisa disebabkan oleh banyak faktor. Penyebabnya bahkan dapat dijelaskan secara ilmiah lo!

Tak hanya di bagian mata, kedutan alis juga ada penjelasannya. Daripada percaya mitos-mitos yang belum tentu kebenarannya, baiknya ketahui betul penyebab kenapa alis kedutan. Melansir dari beberapa sumber, berikut Hipwee Tips berikan ulasan singkatnya supaya kamu nggak menerka-nerka sendiri kenapa mata sebelah kanan kedutan. Pun ada tips dan cara mengatasinya juga~

Menurut mitos, mata kedutan baik di kiri maupun kanan memiliki arti tertentu. Boleh percaya dan juga tidak, tapi faktanya mitos ini memang sudah banyak beredar dan dipercaya beberapa golongan masyarakat

Jangankan golongan tertentu, kamu pun mungkin pernah mencari tahu pertanda arti mata kanan kedutan bawah meskipun cuma iseng. Sebenarnya nggak masalah, asal nggak benar-benar dijadikan pedoman hidup saja. Berikut mitos mata kedutan yang banyak dipercaya.

Advertisement

1. Kedutan mata kiri bawah

kedutan mata kiri bawah via www.diadona.id

Mata kedutan kiri bawah sering diartikan sebagai pertanda yang kurang baik. Arti dari mata kedutan sebelah kiri bawah ialah kamu akan mengalami sakit atau ada musibah yang akan menimpamu.

Advertisement

2. Mata kedutan sebelah kiri atas

kedutan mata kiri atas via www.sehatq.com

Mata kedutan kiri atas justru menandakan kabar baik, yakni kamu bakal dipertemukan dengan kerabat dekat yang tinggal jauh. Biasanya sih pertemuan terjadi lantaran ada hajatan.

3. Mata kedutan kanan bawah

kedutan mata kanan bawah via hallomoms.com

Sama halnya dengan kedutan mata sebelah kiri atas, mata kanan bawah juga sering diartikan sebagai pertanda kalau kamu akan bertemu saudara jauh. Tapi ada juga yang menyebut jika mata kedutan sebelah kanan bawah justru menandakan air mata atau duka cita yang mendalam.

4. Mata kedutan kanan atas

kedutan mata kanan atas via www.halodoc.com

Menurut primbon Jawa, seseorang yang tiba-tiba mengalami mata kedutan kanan atas pojok biasanya akan disembuhkan dari sakit yang sudah lama dideritanya. Pertanda ini mungkin akan disambut sukacita oleh orang-orang terdekat, tapi jangan terlalu berekspektasi karena ini hanyalah mitos.

Mata kedutan bisa dijelaskan secara ilmiah. Menurut medis, berikut beberapa kondisi yang bisa memicunya

Kedutan terjadi karena ada gangguan di bagian komponen jaringan sekitar kelopak mata, bisa di kulit, otot, saraf, maupun pembuluh darah. Sebagian orang mungkin akan mengalami gejala ringan, tapi ada juga kedutan yang cukup mengganggu. Umumnya, mata kedutan dapat dibedakan menjadi tiga kategori berikut, yakni kedutan minor yang nggak berbahaya, blefarospasme esensial jinak, serta kejang hemifacial, mengutip laman Hello Sehat. Ketiga jenis kedutan ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, berikut beberapa di antaranya.

Penyebab kedutan minorĀ 

kedutan minor via otc-fahrenheit.co.id

Kedutan minor memang nggak berbahaya, tapi tetap saja mengganggu. Kedutan minor bisa terjadi karena gaya hidup dan kebiasaan yang kurang sehat. Misalnya sering merokok dan mengonsumsi minuman berkafein maupun alkohol. Selain itu, kedutan minor juga bisa terjadi karena stres, kelelahan, kurang istirahat, dan juga iritasi di kornea mata. Meski nggak berbahaya, bukan berarti kamu boleh mengabaikannya, sebab hal ini dapat mempengaruhi kondisi kesehatan lain jika penyebabnya dibiarkan begitu saja.

Penyebab kedutan blefarospasme esensial jinak

kedutan blefarospasme esensial jinak via hellosehat.com

Gangguan kedutan ini lebih sering menyerang perempuan daripada laki-laki. Selain disebabkan oleh faktor keturunan, blefarospasme esensial jinak juga bisa terjadi karena sering mengonsumsi minuman keras dan kafein, terpapar cahaya terang, kelelahan, kurang tidur, iritasi akibat polusi udara, dan juga stres.

Berbeda dengan kedutan biasanya, blefarospasme esensial jinak juga dibarengi dengan gejala lain seperti mata kering, radang permukaan mata, dan juga sensitivitas terhadap cahaya. Baiknya, kedutan ini segera ditangani sebelum membuat pandangan mata jadi kabur dan menyebabkan kedutan lain di area wajah yang lebih sering.

Penyebab kedutan atau kejang hemifacial

Di antara kedutan mata lainnya, kejang hemifacial ialah yang terparah. Mengutip laman Alodokter, Gangguan pada area mata ini umumnya disebabkan oleh tekanan arteri saraf yang melibatkan bagian lain dari otot wajah. Kejang hemifacial justru hanya berdampak di salah satu mata saja, yakni pada pada sisi wajah yang mengalami kelainan. Kejang hemifacial memang merupakan kondisi langka, tapi bisa saja terjadi karena arteri yang menekan saraf wajahmu.

Selama belum parah, kedutan mata bisa diatasi dan juga dicegah. Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghentikannya

1. Istirahat yang cukup dan terapkan pola hidup sehatĀ 

kurangi kafein via www.sehatq.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kedutan mata bisa terjadi karena kebiasaan yang kurang baik. Nah, salah satu trik menghentikannya ialah dengan mengubah gaya hidup, misalnya berhenti merokok, mengurangi konsumsi kafein dan minuman beralkohol, serta menjaga mood biar nggak gampang stres. Meski sepele, hal tersebut biasa mengurangi keluhan kedutan mata lo!

2. Kompres hangat di sekitar kelopak mata yang kedutanĀ 

kompres hangat mata via medium.com

Salah satu penyebab mata kedutan ialah kelelahan. Nah, untuk meredakan rasa lelahnya, kamu bisa menempelkan kompres hangat di area sekitar mata.

Basahi waslap atau handuk dengan air hangat, lalu tempel di sekitar mata yang kedutan. Diamkan selama 15 menit supaya mata lebih rileks dan ulangi minimal dua minggu sekali untuk mencegah kedutan lainnya.

3. Untuk sementara, batasi dulu menatap layar alat elektronikĀ 

jauhi handphone via www.treehugger.com

Selain bikin mata gampang lelah, menatap gadget terus-menerus juga bisa membuat mata kering, penglihatan kabur, dan memicu kedutan. Baiknya, segera istirahatkan mata sebelum kedutan mengganggu aktivitasmu. Batasi menatap layar gadget baik laptop maupun ponsel sampai mata mulai nyaman. Kalau perlu, gunakan tetes mata biar korneanya nggak begitu kering.

Jika gejala terus terjadi, mungkin dokter akan menyarankanmu melakukan suntik botoks. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi obat tertentu atau melakukan pengobatan tradisional seperti akupuntur dan juga terapi nutrisi. Kalau masih belum membaik, dokter mungkin akan melakukan operasi pengangkatan beberapa otot dan saraf pada kelopak mata untuk menghentikan kedutannya. Tapi biasanya sebelum sampai ke tahap ini, kamu harus melakukan beberapa pemeriksaan medis dulu.

Kedutan mata memang wajar terjadi, tapi kalau terus-menerus baiknya segera kunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan. Terlebih jika gejalanya juga dibarengi dengan keluhan lain. Meski kelihatannya sepele, kedutan mata nggak boleh dianggap remeh. Sebelum terlanjur, mulai sekarang coba perhatikan lagi seperti apa kedutan matamu. Jangan cuma dikaitkan dengan mitos tapi cek kondisi medisnya. Semoga bermanfaat, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE