7 Cara Mengatasi Kulit Kering Bersisik dengan Mudah dan Aman

Kulit kering bisa menjadi satu masalah yang cukup mengganggu, terlebih jika mulai menunjukkan tanda-tanda seperti rasa gatal dan tampak bersisik. Jika tak ditangani, kondisi tersebut dapat memicu ruam atau bahkan alergi. Mau tak mau, kamu pun mesti segera mengatasinya. Ada berapa perawatan untuk meminimalisir gejalanya, termasuk juga punca kulit kering di muka.

Advertisement

Mumpung belum terlanjur, yuk segera atasi dengan praktikkan perawatan atau cara mengatasi kulit kering bersisik dan gatal berikut ini. Walau nggak instan, setidaknya cara mengatasi kulit kering dan gatal berikut bisa mencegah kemungkinan buruk terjadi. Daripada malah alergi dan mengelupas karena telat ditangani lo!

1. Gunakan pelembap dengan kandungan khusus untuk mengurangi efek akibat kulit kering

cara mengatasi kulit kering bersisik

pakai pelembap | credit: Karolina Grabowska via www.pexels.com

Sama halnya dengan cara menghilangkan kulit kering di kaki dan cara mengatasi kulit kering di wajah, kamu pun mesti menggunakan pelembap yang tepat untuk mengatasinya. Mengutip laman Hello Sehat, pelembap untuk kulit kering mestinya mengandungan shea butterceramide, asam stearat, asam laktat, ataupun gliserin. Senyawa tersebut mampu melepas lapisan kulit teratas yang kering dan bersisik sehingga lapisan bawahnya bisa mengisi ruang antar sel kulit. Agar cara mengatasi kulit kering pada tangan makin efektif, gunakan pelembap langsung setelah mandi.

2. Disarankan mandi dengan air bersuhu suam-suam kuku tapi jangan terlalu lama

cara mengatasi kulit kering bersisik

mandi sebentar saja | credit: torwaiphoto via www.freepik.com

Bisa dibilang metode ini merupakan cara mengatasi kulit kering secara alami yang lumayan praktis tapi agak sulit dipraktikkan. Penyebabnya karena kebiasaan seseorang yang suka mandi lama-lama. Padahal mandi terlalu lama apalagi menggunakan air hangat dapat mengurangi minyak alami kulit sehingga memicu kering dan kusam.

Advertisement

Waktu ideal untuk mandi sekitar 5 sampai 10 menit, tergantung suhu airnya. Namun durasi tersebut belum termasuk keramas. Baiknya, kurangi durasinya jika kamu mandi menggunakan air hangat. Mandilah dengan air bersuhu suam-suam kuku saja yang lebih aman.

3. Cara mengatasi kulit kering dan kasar lainnya bisa dengan menggunakan sabun khusus

cara mengatasi kulit kering bersisik

sabun khusus | credit: Thanos Pal via unsplash.com

Sabun yang mengandung parfum umumnya dapat mengurangi kelembapan kulit sehingga bisa memicu kering dan gatal. Oleh karenanya, disarankan memilih produk sabun mandi berbahan ringan dan tanpa pewangi agar kulit tetap terhidrasi. Jika kulitmu sensitif, pilihlah sabun yang hypoallergenic.

4. Keringkan kulit dengan tepat tapi jangan digosok pakai handuk, lebih baik ditepuk saja

cara mengatasi kulit kering bersisik

pakai handuk | credit: master1305 via www.freepik.com

Air yang menguap dari permukaan kulit justru bisa memicu kering dan kusam. Untuk itu, pastikan kamu segera mengeringkan tubuh menggunakan handuk atau kain lembut sebelum air menguap. Karena walaupun sepele, metode ini efektif digunakan sebagai cara mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas. Tapi dalam penggunaannya, pastikan handuk nggak digosok-gosokkan ke kulit, cukup ditepuk-tepuk saja.

Advertisement

5. Penggunaan tabir surya ternyata juga dapat mengurangi risiko kulit kering dan bersisik lo!

cara mengatasi kulit kering bersisik

pakai tabir surya | credit: AdoreBeautyNZ via pixabay.com

Paparan sinar matahari merupakan salah satu penyebab paling umum kulit kering dan bersisik. Untuk itu, disarankan menggunakan tabir surya supaya risiko dan gejala lainnya tak semakin memburuk. Pilihlah tabir surya dengan broad spectrum dan sedikitnya ber-SPF 30.

Jika kamu lebih sering beraktivitas di luar ruangan, maka gunakan tabir surya SPF 50 sebagai pencegahan atau cara mengatasi kulit wajah kering dan kusam. Intinya, gunakan tabir surya sesuai kebutuhan dan kondisi kulitmu.

6. Oleskan minyak kelapa pada bagian tubuh yang tampak kering dan bersisik untuk mengurangi efek selanjutnya

cara mengatasi kulit kering bersisik

pakai minyak kelapa | credit: Kelly Sikkema via unsplash.com

Sama halnya dengan petroleum jelly, minyak kelapa pun membantu merawat kulit kering. Mengutip laman Kompas, kandungan emolien dalam minyak kelapa dapat mengisi ruang antar sel-sel kulit dan membuat permukaannya jadi lebih halus. Nah, cara mengatasi kulit kering pada kaki dan tangan dengan menggunakan minyak kelapa juga gampang metodenya.

Oles minyak kelapa pada kulit yang kering dan bersisik. Diamkan semalaman. Dengan pemakain rutin, niscaya kulit akan semakin lembap dan nggak bersisik lagi. 

7. Selain minyak kelapa, kamu juga dapat menggunakan oatmeal kalau pengin cara alami mengatasi kulit kering pada tangan dan kaki makin cepat kelihatan efeknya

cara mengatasi kulit kering bersisik

oatmeal untuk mandi | credit: Melissa Di Rocco via unsplash.com

Salah satu cara mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas secara alami yang lumayan instan adalah menggunakan oatmeal yang ditambahkan pada bak mandi berisi air hangat. Fungsinya untuk mengurangi gatal maupun meredakan kulit bersisik.

Studi menujukkan bahwa ekstrak oatmeal memiliki sifat antiperadangan dan antioksidan yang baik untuk merawat kulit kering. Selain dicampur dalam air hangat, oatmeal bisa digunakan sebagai scrub badan, terutama jika dipraktikkan sebagai cara mengatasi kulit kering pada kaki.

Sebetulnya, cara mengatasi kulit kering dan bersisik ini hampir sama dengan cara mengatasi kulit wajah kering dan kasar secara alami. Tapi bedanya, ada kandungan khusus dalam sabun mandi dan pelembap yang lebih dianjurkan, karena ketika kulit sudah bersisik, kekeringan tentu makin parah. Sehingga mesti diatasi segera dan kudu hati-hati agar tak iritasi, begitu pun dengan cara mengatasi kulit kering pada bayi.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

CLOSE