5 Perawatan Telapak Tangan yang Kering Akibat Keseringan Cuci Tangan dan Pakai Hand Sanitizer

Telapak tangan kering

Mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer setiap waktu sudah jadi kebiasaan sejak virus corona masuk ke Indonesia. Meski efektif mengurangi bakteri dan virus yang menempel di telapak tangan, namun ada kandungan dalam sabun cuci tangan ataupun hand sanitizer yang bikin telapak tangan jadi kering. Apalagi yang nggak dilengkapi pelembap. Niatnya tetap steril, tapi malah kering dan mengelupas. Kan sayang~

Advertisement

Nah, sebelum kulit telapak tanganmu mulai mengelupas, baiknya coba terapkan cara-cara berikut untuk merawatnya.

1. Aplikasikan gel lidah buaya setelah cuci tangan atau pakai hand sanitizer

pakai gel lidah buaya via blog.alfacart.com

Kamu bisa pakai lidah buaya asli ataupun gel yang sudah banyak dijual di pasaran. Sebelum mengaplikasikan gel lidah buaya ini, pastikan bahwa tanganmu sudah cukup kering setelah cuci tangan atau dipakaikan hand sanitizer. Selain gel lidah buaya, kamu juga bisa menggunakan hand cream lo!

2. Malam hari sebelum tidur, oleskan minyak zaitun ke area tangan

pakai minyak zaitun via snapguide.com

Biar lebih efektif, lakukan pemijatan sebentar. Kalau nggak ada minyak zaitun, boleh diganti dengan minyak kelapa. Selain meminimalisir telapak tangan yang kering, cara ini juga bisa bikin kulit jadi lebih halus. Jika sudah muncul tanda-tanda kulit mengelupas, minyak zaitun boleh kamu oleskan pada malam hari dan paginya tinggal bilas dengan air hangat.

Advertisement

3. Rendam tanganmu dengan air hangat yang diberi sejumput garam tiap dua hari sekali

rendam tangan di air via heartprettynails.wordpress.com

Pastikan suhu benar-benar pas agar kulit telapak tangan nggak makin mengelupas. Kalau mau lebih lembap, kamu bisa menambahkan setetes minyak zaitun di larutan air garam ini. Rendamnya nggak perlu lama, 10 menit saja sudah cukup kok.

4. Cobalah sesekali masker telapak tangan menggunakan kentang

pakai masker kentang via handmd.com

Selain bisa mengangkat sel kulit mati karena kandungan antioksidannya, kentang juga bisa melembapkan kulit yang kering. Kamu hanya perlu memarut kentang lalu tambahkan dengan sedikit madu lalu aplikasikan ke telapak tangan. Setelah 10 menit, bilas masker kentang dengan air hangat.

5. Selain kentang, kamu juga bisa memanfaatkan pisang untuk dijadikan masker

Advertisement

pakai masker pisang via www.rdasia.com

Kandungan vitamin dan mineralnya yang cukup banyak bisa mengembalikan kelembapan telapak tangan. Caranya, blender pisang, oleskan ke telapak tangan, lalu bilas dengan air. Kalau mau ditambahkan madu atau minyak zaitun juga boleh lo!

Kesannya sepele, tapi pengelupasan kulit seperti ini kadang terasa perih lo! Nah, biar telapak tanganmu tetap lembut meski tiap hari harus cuci tangan atau pakai hand sanitizer, terapkan tips-tips di atas, ya!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE