Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan ataupun Tanpa Olahraga. Kalau Telaten, Pasti Bisa Rata!

cara mengecilkan perut

Salah satu bagian tubuh yang bikin nggak PD saat ukurannya nggak proporsional adalah perut. Siapa yang mau punya perut buncit? Bukan sekadar soal penampilan saja, perut buncit juga menjadi indikasi ketidakberesan dalam tubuh juga lo. Penyebabnya sendiri bisa dari hormonal maupun kebiasaan sehari-hari. Penumpukan lemak visceral alias lemak aktif yang membalut organ-organ dalam perut ini bisa memicu penyakit kronis seperti diabetes, jantung, bahkan kanker. Masalahnya, lemak  perut ini cepat banget terbentuknya, apalagi kalau asupanmu karbo dan gula melulu.

Advertisement

Karena keluhan inilah, banyak orang yang lalu mempertanyakan bagaimana cara mengecilkan perut buncit yang sudah merajalela? Jujur saja, nggak mudah memang. Tapi bukan berarti nggak mungkin. Karena nggak ada yang nggak mungkin selagi kita mau usaha. Berikut beberapa cara mengecilkan perut buncit dengan beragam metode. Khusus buat yang serius saja, ya!

1. Cara mengecilkan perut dengan olahraga

Saat lemak-lemak menumpuk dan bikin buncit perut, berolahraga atau melakukan gerakan-gerakan taktis jadi cara yang terpat untuk menyusutkannya kembali. Cara mengecilkan perut buncit dengan olahraga sering terkendala mengingat sulitnya meluangkan waktu untuk pergi ke gym, padahal kamu bisa melakukannya di rumah saja. Ikuti beberapa gerakan mudah ini saja.

1. Leg raise

Advertisement

leg raise via www.timesnownews.com

  • Berbaringlah telentang, letakkan kedua tangan posisi telungkup di kanan dan kiri badan.
  • Naikkan kaki ke atas hingga membentuk sudut 90 derajat. Usahakan lutut nggak menekuk. Tahan pose ini selama beberapa detik dan turunkan kembali kaki ke lantai.

2. Flutter kicks

Advertisement

flutter kicks via www.indiatimes.com

  • Berbaringlah telentang, letakkan kedua tangan posisi telungkup di kanan dan kiri badan.
  • Kencangkan otot perut dan angkat kedua kakimu secara bergantian dari atas ke bawah. Usahakan jangan sampai kaki menyentuh matras.

3. Bicycle crunch

bicycle crunch via hellosehat.com

  • Masih di posisi tidur telentang, taruh kedua tanganmu ke belakang kepala.
  • Tekuk kaki kirimu dan pastikan kaki kanan lurus dan mengambang. Bawa siku kananmu bertemu dengan kaki kiri. Lakukan sisi sebaliknya. Gerakannya mirip saat bersepeda tapi dicampur dengan gerakan crunch di mana badan ditekuk menekan otot perut.

4. Half plank

half plank via www.theguardian.com

  • Posisi tubuh tengkurap dan harus sejajar dari kepala sampai kaki, bokong juga jangan sampai turun, tekuk lengan dan menghadap ke depan.
  • Tahan pada posisi ini selama yang kamu bisa. Gerakan yang cukup melelahkan ini akan melatih otot perut untuk menahan beban badanmu.

5. Mountain climber twist

mountain climber twist via www.popsugar.com

  • Posisikan tubuh dengan postur full plank, pastikan posisi punggung dan pantat lurus sejajar, tangan lurus menahan berat badan dan kaki lurus ke belakang.
  • Tekuk kaki kiri ke arah dada sambil diputar ke kanan, begitu juga sebaliknya, bergantian dengan kaki kanan. Lakukan perlahan dengan mengencangkan otot perut.

2. Cara mengecilkan perut secara alami tanpa olahraga

mengatur pola makan via lifestyle.kompas.com

Cara mengecilkan perut buncit pada wanita maupun pria memang paling cepat dengan berolahraga. Tapi ada cara lain yang bisa mengikis lemak perut selain olahraga, yakni dengan mengatur pola makan.

1. Perbanyak makan makanan yang mengandung serat yang baik untuk sistem pencernaan. Serat ini bikin kamu kenyang lebih lama dan mengurangi perut kembung dan buncit

2. Kurangi makan karbohidrat sederhana seperti nasi putih, roti tawar, dan pasta, juga gula yang banyak terdapat pada minuman-minuman kemasan seperti teh kemasan, susu, soda, dan jus buah. Kelebihan karbohidrat sederhana dan gula seperti ini bakal disimpan jadi lemak perut.

3. Kurangi asupan garam agar penyerapan air di tubuh nggak terganggu, dan bikin perut kembung dan buncit.

4. Mengunyah makanan sampai halus agar tercerna sempurna di perut juga menjadi cara mengecilkan perut buncit yang patut kamu terapkan.

5. Jangan makan terlalu cepat, pelan-pelan saja, biar kita bisa mengerem saat perut sudah merasa kenyang. Makan terlalu cepat juga bikin kita menelan terlalu banyak udara dan gas, sehingga berisiko kembung perutnya.

6. Banyak-banyak minum air putih untuk mencegah kelainan penyerapan cairan dalam tubuh. Minum satu gelas air putih sebelum makan juga membantumu merasa sedikit kenyang, sehingga porsi makan bisa dibatasi.

7. Konsumsi probiotik dari makanan ataupun minuman yang difermentasi seperti tempe, yoghurt, atau kimchi. Probiotik ini bisa membantu penyerapan makanan dalam pencernaan.

8. Ngemil makanan yang mengandung protein seperti protein bar atau kacang almon dengan apel antara pukul 15.00-16.00 dipercaya dapat membantu mencegah perut jadi buncit. Jenis makanan ini bisa memicu metabolisme dan menyeimbangkan kadar gula darah.

9. Cara mengecilkan perut dengan jeruk nipis adalah dengan mencampurkan madu ke dalam perasan jeruk nipis untuk mendorong pembakaran lemak agar semakin maksimal. Campurkan 1 sendok teh madu dengan perasan 1/2 buah jeruk nipis dalam 1 gelas air hangat. Minum campuran ini setiap pagi saat perut kosong untuk menghilangkan lemak dan mendetoksifikasi tubuh.

10. Kurangi stres. Orang yang stres akan memproduksi lebih banyak hormon kortisol yang bisa meningkatkan nafsu makan dan bikin perut makin buncit.

11. Cukup tidur sekitar 7-9 jam per harinya agar hormon dalam tubuh lebih seimbang dan mengendalikan rasa lapar.

Meskipun cara mengecilkan perut buncit secara alami ini bisa membantu, bagaimana pun akan lebih maksimal jika kamu imbangi juga dengan olahraga.

3. Cara mengecilkan perut dan paha sekaligus

Perpaduan antara diet dengan olahraga tak hanya mengempiskan perut saja, tapi juga mengecilkan lingkar paha. Berikut cara mengecilkan perut dan paha yang layak kamu coba:

1. Latihan kardiovaskular untuk membakar kalori dan lemak

treadmill via www.freepik.com

Latihan kardio adalah jenis latihan yang tujuan utamanya adalah untuk memicu kerja jantung. Kamu bisa jalan-jalan santai atau naik sepeda sebagai pilihan latihannya. Untuk menghilangkan lemak, kamu bisa lakukan lari atau berjalan dengan treadmill sebagai pelatihan interval intensitas tinggi (HIIT). Lakukan latihan ini selama 30-40 menit.

2. Latihan pelengkap HIIT untuk pembakaran kalori lebih banyak

latihan intensitas tinggi via purehealthyliving.com

Mulailah dengan pemanasan, seperti menaik-turunkan kaki pada selama 3 menit sampai 5 menit dan berhenti sejenak 3 menit sampai 5 menit. Lanjutkan dengan latihan jongkok dengan punggung rata (jump squats), menekuk lutut lalu melompat (jump lunges), dan latihan tinju melawan bayangan sendiri (shadow boxing).

Nah, untuk memperkuat dan mengembangkan otot-otot paha, lakukan gerakan pliometrik seperti burpees (gerakan mirip push up lalu diakhiri dengan melompat) dan jump squats. Latihan pliometrik ini merupakan latihan yang melibatkan peregangan dan kontraksi otot yang cepat dan berulang untuk meningkatkan daya otot.

3. Latihan angkat beban untuk membangun otot dan meningkatkan metabolisme

angkat beban via www.prevention.com

Lakukan angkat beban tiga kali seminggu. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa melakukan sebanyak satu set dengan 8 sampai 12 kali pengulangan. Pilih beban yang cukup berat. Jangan hanya fokus membentuk tubuh bagian atas, semakin banyak otot yang kamu buat, semakin baik pula untuk menurunkan berat badan. Untuk perut yang rata, lakukan latihan antirotasi untuk membangun stabilitas dan kekuatan.

4. Memilih makanan yang sehat terutama protein tanpa lemak, sayuran segar, buah-buahan, dan biji-bijian

makan makanan sehat via www.dailymail.co.uk

Kamu harus mengurangi kalori sekitar 500 kalori dengan bakar kalori tiap hari untuk menurunkan 0,4 kg berat per minggu. Selain protein, sayur, buah, dan biji-bijian, kamu juga bisa makan makanan yang kaya serat seperti selada, serat, paprika, dan biji-bijian untuk melancarkan pencernaan.

Hindari minum soda, kopi, alkohol, jus, minuman olahraga, dan teh manis karena justru kalorinya lebih ekstra dan banyak gulanya. Perbanyak minum air putih saja agar tubuh tetap terhidrasi sehingga tubuh lebih berenergi dan membantu menjaga keseimbangan berbagai nutrisi dalam tubuh.

Beberapa cara mengecilkan perut buncit di atas bisa kamu praktikkan dan rutinkan setiap hari demi mendapatkan perut yang lebih rata. Oh iya, untuk cara mengecilkan perut setelah melahirkan, kapan-kapan bakal Hipwee bahas juga, ya! Semoga informasi ini membantu 🙂

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE