7 Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Perawatan Alami. Bisa Wangi Tanpa Mandi Parfum Lagi

Cara menghilangkan bau badan

Bau badan dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang dan mengganggu kenyamanan orang lain yang berada di dekatnya. Meski umumnya bau badan muncul saat tubuh berkeringat, namun penyebab bau badan yang sesungguhnya bukanlah keringat, melainkan bakteri yang mengubah keringat menjadi zat asam. Di samping itu, ada juga faktor lain yang dapat menyebabkan bau badan, seperti mengonsumsi makanan pemicu bau badan serta adanya gangguan pada sistem metabolisme tubuh.

Advertisement

Pemakaian parfum dan deodoran hanya menyamarkan bau badan saja, tapi nggak menghilangkannya. Untuk itu, kamu perlu melakukan perawatan rumahan rutin untuk menghilangkan bau badan. Berikut cara menghilangkan bau badan dengan bahan alami yang patut dicoba.

1. Cara menghilangkan bau badan dengan daun sirih seperti yang biasa dilakukan orang-orang terdahulu

mandi rebusan daun sirih | credit: Sajian Sedap via sajiansedap.grid.id

Daun sirih mengandung antioksidan, vitamin C, dan karoten yang diyakini bisa mengatasi bau badan wanita. Cara menghilangkan bau badan secara cepat dengan daun sirih ini cukup ampuh.

Rebus beberapa lembar daun sirih, lalu campur air rebusan ke dalam bak mandi. Dengan pemakaian rutin, niscaya bau badan akan berangsur menghilang.

Advertisement

2. Selanjutnya, cara menghilangkan bau badan dengan garam. Tambahkan lemon atau lidah buaya supaya lebih efektif

scrub garam lemon | credit: DIY Craft Club via diycraftclub.com

Bahan-bahan ini mengandung zat aktif yang dapat menurunkan pH kulit serta membuat bakteri penyebab bau badan mati seketika. Dengan penggunaan teratur, niscaya cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebih menggunakan garam ini akan makin efektif hasilnya.

Potong lemon atau lidah buaya, lalu baluri garam secukupnya. Gosok ketiak perlahan menggunakan potongan lemon atau lidah buaya, diamkan 10 menit, kemudian bersihkan.

3. Pada dasarnya, cara menghilangkan bau badan dengan kopi ini sama dengan metode garam, tapi campuran bahannya berbeda

Advertisement

scrub kopi | credit: The Coconut Mama via thecoconutmama.com

Kandungan putrascine dalam kopi dapat membuat kulit jadi lebih wangi dan segar, apalagi jika dicampur dengan pepermin dan seduhan teh. Karena terbuat dari bahan alami, metode ini layak masuk dalam salah satu lis cara menghilangkan bau badan pada anak remaja yang minim iritasi.

Campur air seduhan teh dengan kopi bubuk, lalu oleskan pada ketiak yang sudah diberi minyak zaitun. Gosok perlahan, diamkan selama 30 menit, lalu bilas sampai bersih.

4. Cara menghilangkan bau badan dengan jeruk nipis lebih simpel daripada metode lainnya. Cukup dioles langsung pada ketiak alias dijadikan deodoran alami

jeruk nipis deodoran alami | credit: Elena Kloppenburg via unsplash.com

Kandungan asam sitrat dalam jeruk nipis mampu membunuh bakteri pemicu bau badan. Jika rutin dilakukan, cara menghilangkan bau ketiak tanpa deodoran ini sekaligus dapat mencerahkan lipatannya. Tapi pastikan ketiak tak memiliki luka atau sensitif terhadap zat asam supaya penggunaan lemon secara langsung ke kulit ini nggak membuatmu tersiksa.

5. Cara menghilangkan bau badan dengan baking soda juga layak dicoba karena terbukti keampuhannya

bedak baking soda | credit: evitaochel via www.needpix.com

Baking soda memiliki bahan aktif yang bisa menyerap keringat, menetralkan pH, dan menekan pertumbuhan bakteri pemicu bau badan. Jika biasanya cara menghilangkan bau badan secara alami hanya dengan mandi atau scrubbing, metode baking soda ini justru agak berbeda.

Pertama, kamu bisa menggunakan baking soda sebagai bedak yang pengaplikasiannya hanya perlu ditepuk-tepuk saja pada bagian ketiak. Kedua, larutkan baking soda dan masukkan dalam botol spray, kemudian semprot ke bagian ketiak. Cara menghilangkan bau badan permanen ini cukup ampuh dan minim risiko.

6. Cara menghilangkan bau badan dengan tawas sekarang sudah jarang dipraktikkan, padahal  efektif hasilnya

olesi dengan tawas | credit: Sehatq via www.sehatq.com

Benda yang sering digunakan untuk menjernihkan air ini ternyata bisa dijadikan bahan alami untuk mengatasi bau badan. Bisa dibilang, ini merupakan deodoran alami para remaja pada zamannya.

Untuk menggunakannya, cukup rendam bongkahan tawas sampai larut, lalu ambil bongkahan sisa dan gosokkan ke ketiak. Selain menghilangkan bau badan di kulit, ternyata tawas juga kerap digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan bau ketiak di baju lo! Terutama baju-baju yang sering dipakai berolahraga dan yang kena keringat.

7. Terakhir, manfaatkan cuka apel untuk menghilangkan bau badan sesaat setelah berolahraga

cuka apel deodoran alami | credit: Phebephillips Blog via phebephillipsblog.com

Cara menghilangkan bau badan saat olahraga nggak melulu pakai parfum atau deodoran saja. Bisa juga dengan cuka apel yang dapat dijadikan deodoran alami. Supaya bau cuka tak begitu menyengat, larutkan dulu dalam air dan beri sedikit pewangi alami yang aman untuk kulit. Sebelum dipakai, pastikan kulit tak sedang iritasi untuk meminimalisir efek buruk setelahnya.

Menghilangkan bau badan secara permanen tentu tak bisa dilakukan dengan instan. Selain melakukan perawatan di atas, kamu juga mesti mengatur gaya hidup agar hormon dan sistem metabolisme tubuhmu lebih seimbang. Berhati-hatilah jika mau menerapkan satu cara di atas sebagai cara menghilangkan bau badan pada anak, karena kulit mereka masih sensitif dan perlu diuji alergi dulu. Kalau aman, baru deh dicoba. Semoga berhasil, ya!

Gelombang resesi mulai menghampiri, bagaimana kalian mempersiapkan diri menghadapinya? Isi survei berikut ini.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE