7 Kelebihan Bibit Parfum yang Wanginya Awet Seharian. Nggak Cuma buat Badan, Tapi juga Pakaian

Bibit parfum

Selain rajin mandi, satu hal penting yang mesti dilakukan agar tubuh terhindar dari bau badan ialah dengan memakai parfum. Ada beberapa jenis parfum yang dijual di pasaran, ada yang racikan pabrik langsung dan ada yang diracik sendiri menggunakan bibit parfum. Meski kadang bibit parfum dianggap murahan, namun wangi dan keawetan aromanya tak boleh disepelekan.

Advertisement

Ada dua jenis bibit parfum yang biasa dimanfaatkan, yakni bibit parfum untuk badan yang biasa kita temui di gerai parfum isi ulang,  dan bibit parfum laundry yang sering menjual pewangi laundry dalam jumlah banyak sekaligus. Terus, apa sih istimewanya? Simak ulasan Hipwee Tips berikut biar makin yakin kalau bibit parfum punya keunggulan lebih dibanding parfum racikan pabrik.

Bibit parfum tuh apa sih? Kok wanginya bisa awet tapi harganya murah?

pengertian bibit parfum via www.stopper.co.id

Bibit parfum adalah sari minyak wangi yang belum dicampur dengan pelarut sehingga baunya lebih menyengat. Cara membuat bibit parfum terbilang cukup rumit karena mesti dilakukan proses penyulingan dan ekstraksi berbagai macam tumbuhan untuk mendapatkan bau yang diinginkan. Ketika membuat bibit parfum, kamu bisa berkreasi dengan mencampurkan ekstrak tanaman dan bahan lain untuk mendapatkan aroma yang unik.

Sayangnya, bibit parfum tak boleh langsung dipakai karena bisa menimbulkan reaksi alergi. Makanya, kamu perlu belajar bagaimana cara meracik parfum agar mendapatkan wangi yang unik dan sesuai dengan yang diinginkan

meracik bibit parfum via berempat.com

Bibit parfum harus dicampur dengan pelarut agar dapat digunakan langsung badan atau pakaian. Hal ini dilakukan karena minyak esensial murni pada bibit parfum mengandung komponen volatile konsentrat tinggi yang dapat memicu reaksi alergi. Bahan pelarut yang umum dipakai untuk meracik parfum di antaranya ialah etanol, alkohol, solfior dan juga jojoba.

Advertisement

Dibanding dengan racikan pabrik, bibit parfum punya beberapa keunggulan seperti berikut

kelebihan bibit parfum via charmlife.com.mx

  1. Pilihan wangi bibit parfum jauh lebih banyak, apalagi tingkat kepekatan baunya bisa disesuaikan.
  2. Di beberapa toko bibit parfum ternama, kamu dapat mengkreasikan baunya sendiri. Bisa dicampur dengan beberapa ekstrak tumbuhan yang ada lo!
  3. Tak perlu khawatir soal harga, sebab dibanding dengan racikan pabrik, bibit parfum jauh lebih murah. Kadang ada yang jual bibit parfum seharga 2 ribu saja per milinya.
  4. Wangi bibit parfum juga cukup awet, bisa bertahan sampai beberapa hari lo!
  5. Selain untuk badan, jenis bibit parfum juga tersedia dalam pewangi laundry. Lumayan nih, bisa jadi alternatif pewangi rendaman pakaian kalau pengen aroma yang beda daripada pewangi di pasaran.
  6. Banyak pilihan botol yang bisa dipakai saat membeli bibit parfum. Mulai dari botol spray hingga oles. Ukurannya juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan bujetmu lo!
  7. Terakhir, bibit parfum juga bisa dijadikan ladang bisnis lo! Kalau ada modal, coba saja buka toko bibit parfum.

Ketahui beda bibit parfum dan essential oil. Hampir mirip soalnya~

bedanya dengan essential oil via arthealthandhappiness.wordpress.com

Sebenarnya, dari segi bahan baku pembuatan, dua wewangian ini sudah berbeda. Essential oil  murni berasal dari bagian tumbuhan sedangkan bibit parfum dibuat dari campuran bahan sintesis atau alam. Biasanya, essential oil memiliki efek therapeutic yang dapat digunakan untuk menyembuhkan luka atau sekadar relaksasi. Karena kegunaanya inilah, harga essential oil jauh lebih mahal dibanding bibit parfum. Dari segi baunya, essential oil jauh lebih lembut dan cenderung beraroma herbal, sedang bibit parfum lebih kuat dan wanginya bervariasi.

Advertisement

Berikut beberapa pilihan bibit parfum badan yang bisa dicoba. Kalau cari aroma bibit parfum terbaik untuk wanita dan pria, di bawah ini ada ulasannya

Buat para cowok, pakailah bibit parfum terbaik berikut biar aroma tubuh makin wangi

1. Bibit parfum beraroma laut segar

parfum aroma laut via newstes.ru

Bibit parfum ini umumnya menawarkan paduan aroma lengkeng, jeruk, dan bergamot yang diikuti dengan wewangian laut. Karena aromanya cukup segar, parfum beraroma khas laut seperti ini cocok dipakai di siang hari.

2. Bibit parfum akuatik yang memberi kesan maskulin

parfum akuatik maskulin via leopassion.com

Meski bau awalnya agak menyengat, tapi setelah digunakan beberapa saat, aroma ocean akan terasa lebih segar. Saking segarnya, sebagian cowok beranggapan kalau parfum ini layak dipakai saat pergi ke pantai bersama pacar karena bisa menimbulkan kesan macho dan dinamis.

3. Bibit parfum beraroma woody

parfum woody via improb.com

Di awal, kamu akan mencium aroma sitrus yang dipadukan dengan basil, violet leaf, dan bergamot. Tapi lama-lama wanginya akan berubah seperti campuran cinnamon, nutmeg, dan woody notes. Aroma ini nggak jarang juga menimbulkan kesegaran aroma hutan yang basah dan segar. Karena wanginya cukup kalem, parfum ini cocok buat kalian para cowok introver yang sedikit pemalu.

4. Bibit parfum aroma kopi

bibit parfum kopi via www.tokopedia.com

Kesan indie bisa didapatkan jika kalian mau memakai parfum beraroma kopi ini. Biar aroma kopinya tak begitu kuat, mintalah penjual untuk mencampur bibit parfum dengan alkohol menggunakan perbandingan 30:70 untuk alkoholnya.

Ada juga aroma bibit parfum yang bagus buat dipakai cewek-cewek. Contohnya aroma-aroma ini

1. Bibit parfum kayu-kayuan manis

aroma woody yang manis via www.mantelligence.com

Parfum ini menyuguhkan aroma kayu-kayuan manis yang berasal dari perpaduan ambergris dan cedar wood.  Walaupun masuk ke golongan aroma woody, parfum ini akan berubah jadi agak segar setelah dipakai beberapa saat. Aroma fresh-nya bahkan meninggalkan wangi bunga jasmine yang khas.

2. Bibit parfum aroma buah segar

parfum aroma buah via www.idntimes.com

Bibit parfum jenis ini punya banyak pilihan aroma yang elegan dan menyegarkan. Selain aromanya yang fruity, bibit parfum ini juga tahan lama lo! Bahkan wanginya bisa menempel sampai empat hari di bajumu.

3. Parfum dengan wangi bunga mawar

aroma fruity via indianexpress.com

Karena dibuat dari berbagai jenis bunga mawar, saat dipakai parfum ini akan meninggalkan aroma musk, sandalwood, dan pacthouli yang khas. Tapi di awal, kamu akan mencium aroma violet, blackberry, serta mawar Turki yang lebih jelas.

4. Parfum aroma floral dan woody

parfum aroma floral dan woody via review.bukalapak.com

Ketika dipakai, akan muncul perpaduan aroma amber, cedar, bellflower, sicilian lemon,  dan white rose tapi lama-lama baunya akan berubah ke amber, musk, dan cedar. Wanginya yang khas, membuat sebagian cewek suka memakai parfum untuk pergi jalan-jalan.

Selain buat badan, ada juga rekomendasi pilihan bibit parfum laundry yang wanginya unik dan tak biasa

1. Lily Sweet

parfum laundry Lily Sweet via www.tokopedia.com

Wangi parfum ini memang cukup kalem dan lembut, tapi tetap bakal awet meski dipakai panas-panasan seharian. Selain aroma flowery yang khas, parfum laundry ini juga meningalkan kesan eksotis lo!

2. Aqua Marine

parfum laundry Aqua Marine via www.tokopedia.com

Parfum laundry beraroma ocean ini agaknya bisa jadi pilihan buat cowok-cowok yang pengen bau bajunya jadi lebih segar. Jika bosan dengan Aqua Marine, cobalah beralih ke Ocean Night atay Ocean Fresh yang wanginya hampir-hampir mirip.

3. Fruit Fresh

parfum laundry Fruit Fresh via pusatalatlaundry.com

Tak cuma cewek, cowok pun boleh memilih parfum laundry yang satu ini karena wanginya cenderung netral. Meski beraroma buah segar, parfum ini akan meninggalkan kesan bau musk dan sedikit woody setelah dipakai beberapa saat.

Jika berminat, kamu bisa mendapatkan produk wewangian di atas di toko bibit parfum terdekat dengan rumahmu. Daftar harga bibit minyak wangi ini bervariasi, tapi biasanya lebih murah daripada parfum racikan pabrik. Jangan khawatir, meski racikan manual, wewangian dari bibit parfum ini nggak kalah ‘mahal’ aromanya!

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE