6 Cara Menghilangkan Cacing di Kamar Mandi, Nggak Repot Guyur-guyur Lagi

Cara menghilangkan cacing di kamar mandi

Kegiatan membersihkan rumah tak hanya dilakukan sesekali saja, tapi perlu dilakukan secara berkala demi menunjang kesehatan bagi para penghuninya. Sudut rumah yang tak kalah penting untuk dibersihkan adalah kamar mandi karena ruangan ini yang paling sering terkena air sehingga mudah lembap. Ruangan yang lembap memudahkan pertumbuhan lumut dan membuat kamar mandi jadi terkesan ‘jorok’ dan kurang rapi.

Advertisement

Selain itu, kondisi kamar mandi yang lembap juga bisa menjadi jalur masuk bagi para serangga, salah satunya cacing. Serangga melata ini bisa masuk dari sudut-sudut permukaan yang berlubang dan melalui saluran air. Jika kamu mengalami hal ini, kamu harus segera mengatasinya lo. Kali ini Hipwee akan memberikan beberapa cara menghilangkan cacing di kamar mandi dengan mudah. Yuk, cek selengkapnya!

1. Pertama, kamu bisa membuat larutan garam untuk menghilangkan cacing di kamar mandi

Photo by Tara Winstead from Pexels

Kamu pasti pernah menaburi badan cacing dengan garam, bukan? Benda dapur tersebut juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan cacing yang muncul di area kamar mandi, lo. Kamu bisa membuat larutan garam dari beberapa bahan yaitu garam kasar, detergen, dan air.

Larutkan garam dan detergen dengan air hingga tercampur secara merata. Setelah itu, siramkan larutan tersebut ke bagian keramik kamar mandi dan sikat hingga bersih. Lakukan cara ini secara berkala agar cacing tak lagi muncul di kamar mandi.

Advertisement

2. Selain garam, menghilangkan cacing juga bisa dilakukan dengan menyemprotkan larutan karbol di seluruh permukaan kamar mandi

Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Cara yang paling mudah untuk menghilangkan cacing di kamar mandi yaitu dengan menggunakan larutan karbol. Cara membuatnya pun cukup mudah, yaitu cukup larutkan 1 liter air dengan 2 tutup botol cairan karbol lalu siram ke sudut-sudut yang berpotensi menjadi jalan masuknya cacing. Setelah itu, sikat dan bilas keramik kamar mandi hingga bersih.

Selain mencegah cacing, membersihkan kamar mandi dengan larutan karbol juga dapat membunuh larva dan telur cacing. Pembersihan dengan larutan karbol ini sebaiknya dilakukan secara berkala.

3. Campuran cuka dan soda kue juga cukup ampuh untuk mengusir cacing yang kerap muncul

Advertisement

Photo by Precious Plastic Melbourne on Unsplash

Cara lain untuk menghilangkan cacing di kamar mandi bisa dilakukan dengan membuat larutan dari campuran cuka dan soda kue. Larutan ini cukup ampuh untuk mengusir cacing berjenis cacing darah dan cacing rambut kuda. Kamu perlu mencampurkan sepertiga cangkir soda kue dan satu cangkir cuka ke dalam botol semprot.

Setelah itu, semprotkan larutan tersebut ke saluran air dan permukaan kamar mandi lainnya yang sering terdapat cacing. Kamu juga bisa menyemprotkan campuran larutan ini ke seluruh permukaan kamar mandi untuk membunuh telurnya dan mencegah cacing baru kembali muncul.

4. Campuran cuka apel, soda kue, dan garam juga bisa kamu coba untuk mengatasi cacing hingga larvanya agar tak kembali muncul

Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash

Kamu juga bisa membuat campuran cuka apel, soda kue, dan garam untuk menghilangkan cacing yang kerap muncul di kamar mandi. Kamu hanya perlu mancampurkan secangkir cuka, garam, dan soda kue dengan air. Tuangkan larutan tersebut ke saluran pembuangan dan biarkan semalaman. Campuran ini dapat membuat larva ngengat langsung mati.

Untuk memastikan kesterilannya, tuangkan air mendidih keesokannya untuk membasmi secara tuntas larva yang masih tersisa. Jika kamu masih menemukan larva di saluran pembuangan toilet, ulangi langkah yang sama seminggu kemudian.

5. Selain mengatasi dengan beragam larutan, kamu juga perlu membersihkan tandon air dan bak mandi secara berkala

Photo by Mufid Majnun on Unsplash

Bagi pengguna air dari PDAM mungkin tak akan menemukan permasalahan cacing masuk ke dalam kamar mandi karena air telah melalui proses penyaringan. Tetapi, bagi pengguna air sumur, kemunculan cacing di dalam kamar mandi sangat mungkin terjadi karena air langsung mengalir dari dalam tanah tanpa pengolahan. Air sumur yang tak dikelola terlebih dahulu sebagian besar mengandung cacing dan larvanya.

Oleh karena itu, tandon air perlu dibersihkan secara berkala karena tempat tersebut menjadi sumber utama datangnya cacing di kamar mandi. Selain tandon, kamu juga harus membersihkan bak mandi secara berkala setidaknya satu bulan sekali. Kamu bisa membersihkan bagian dinding bak agar tak dipenuhi oleh lumut dan gunakan air garam atau larutan kaporit untuk menghilangkan kotoran.

6. Perbaiki nat dan keramik kamar mandi yang mengalami kerusakan agar tak menjadi jalur masuk cacing

Photo by Monstera from Pexels

Celah yang berada di sela-sela keramik sering disebut dengan nat. Celah antar keramik ini biasanya dibuat dengan menggunakan campuran semen sehingga lama kelamaan akan terkikis karena sering terkena air. Nat yang semakin tipis dan berlubang akan memengaruhi secara estetika dan juga menjadi jalur masuk cacing di kamar mandi.

Selain nat yang menipis, keramik kamar mandi yang retak atau pecah juga bisa menjadi jalan masuk bagi cacing. Jadi, sebaiknya kamu perlu melakukan pengecekan secara berkala terhadap nat dan keramik kamar mandi. Jika nat sudah menipis atau terdapat keramik yang pecah, sebaiknya segera ditambal dan diganti yang baru agar tak menjadi tempat singgah bagi para cacing.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengusir cacing yang kerap muncul di area kamar mandi. Beberapa bahan yang diperlukan terbilang mudah untuk ditemui sehingga kamu bisa mencobanya di rumah. Selamat mencoba!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE