7 Cara Menghilangkan Noda Kunyit Pada Baju. Mesti Buru-Buru Dicuci!

Cara menghilangkan noda kunyit

Kandungan warna kuning yang lekat pada kunyit memang terkenal sulit dihilangkan apabila sudah menempel di manapun, termasuk di baju sekalipun. Padahal, kamu yang sehari-harinya di dapur bakal hampir nggak pernah bisa jauh dari kunyit, maka rentan sekali terkena nodanya yang kuning dan susah hilang. Apabila sudah terkena noda kunyit, pasti jadi PR banget buat kamu untuk mengatasinya.

Advertisement

Nah, kini kamu tak perlu khawatir lagi karena ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan noda kunyit di bajumu. Simak, yuk!

1. Jangan menunggu terlalu lama, kamu harus segera mencuci noda kunyit pada bajumu sebelum mengering!

Mencuci baju | Credit: Photo by Nguyen Dang Hoang Nhu form Unsplash

Langkah pertama yang wajib kamu lakukan saat bajumu terkena noda bubuk atau minyak kunyit, kamu harus langsung mencucinya, karena jika kamu membiarkannya kering, maka zat warna kunyit akan melekat erat pada serat kain sehingga lebih susah untuk dihilangkan. Segera hempaskan bubuk kunyit di bajumu dengan hati-hati agar bubuk kunyit tidak menyebar ke bagian baju lainnya. Rendam baju dengan detergen anti noda selama 30 menit, kemudian cuci dan bilas seperti biasa.

2. Jika noda kunyit menempel di baju berwarna putih, maka cuci baju tersebut dengan pemutih

baju putih | Credit: Photo by Ryoji Hayasaka from Unsplash

Sebelum mencuci, baca terlebih dahulu cara mencuci baju tersebut yang tercantum pada label bajunya. Jika noda kunyit yang menempel pada baju sudah kering, sikatlah sesering mungkin menggunakan sikat nilon. Selanjutnya, basahi area yang terkena noda dengan air lalu tuangkan 4-5 tetes detergen cair langsung ke area yang bernoda. Gosok perlahan dengan jari  dan cuci dengan air biasa. Di tempat terpisah, tambahkan 1 cangkir pemutih dengan air secukupnya. Rendam pakaianmu dalam larutan ini selama 20 menit. Kemudian bilas dan cuci dengan detergen seperti biasa.

Advertisement

3. Tak hanya ampuh bersihkan kuman di tangan, hand sanitizer juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda kunyit di baju

Hand Sanitizer | Credit: Foto oleh Stacey Gabrielle Koenitz Rozells dari Pexels

Langkah pertama yang harus dilakukan jika ingin menghilangkan noda kunyit di baju menggunakan hand sanitizer adalah dengan menyapu noda kunyit tersebut dengan sendok kemudian bilas dengan air. Setelah itu, keringkan dengan handuk bersih. Jangan menggosok noda tersebut agar tidak menyebar ke bagian baju lainnya. Semprotkan hand sanitizer yang mengandung alkohol yang berfungsi untuk memecah pigmen kunyit. Lalu, oleskan detergen cair kemudian sikat dengan halus, dan biarkan selama 10 menit, Terakhir, cuci baju seperti biasa.

4. Selanjutnya, kamu juga bisa memanfaatkan air lemon untuk menghilangkan noda kunyit di baju

Lemon | Credit: Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Selain bahannya mudah didapat, menghilangkan noda kunyit di baju dengan air lemon bisa jadi alternatif saat kamu sedang berada di restoran dan mungkin tidak sengaja menumpahkan makanan mengandung kunyit ke bajumu.

Pesanlah jus lemon ke restoran tersebut, kemudian oleskan ke baju yang ternodai dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu, kamu hanya perlu membilasnya dengan tisu basah atau kain basah saja. Adapun kandungan yang terdapat pada air lemon berfungsi sebagai agen pemutih yang ringan. Langkah ini cocok kamu lakukan apabila noda kunyit tersebut berupa minyak.

Advertisement

5. Baking soda, bahan pembuat kue ini memang multifungsi banget, ya! Bisa  juga kamu pakai untuk menghilangkan noda kunyit yang membandel di baju

Baking soda | Credit: Photo by NatureFriend from Pixabay

Bahan kue yang satu ini memang cerdas banget, campuran air dan baking soda yang dibentuk seperti pasta gigi ini bisa kamu oleskan ke noda kunyit di baju, lalu gosok perlahan dan rendam selama 24 jam, dijamin esok hari noda kunyit di baju kamu sudah hilang tanpa bekas.

6. Selain baking soda, air soda pun bisa menjadi pilihan

Air Soda | Credit: Foto oleh cottonbro dari Pexels

Merendam baju yang terkena noda kunyit ke dalam campuran air dan soda juga manjur untuk menghilangkan noda kunyit di baju. Namun, pastikan kamu menggunakan air soda yang tidak mengandung gula, ya!

7. Yang paling utama, setelah mencuci baju dengan cara di atas, pastikan kamu menjemur baju bernoda kunyit tersebut di bawah sinar matahari langsung

Jemur di bawah sinar matahari | Credit: Erik Witsoe from Unsplash

Sinar matahari dipercaya mampu menghilangkan noda pada baju, terutama baju yang berwarna putih, termasuk noda kunyit yang membandel. Namun, apabila baju yang terkena noda tersebut bukan bewarna putih, maka jemurlah baju dalam posisi terbalik di mana sisi dalam berada di luar dan sebaliknya. Lebih baik lagi jika bagian baju yang bernoda menghadap langsung ke matahari, meski tetap dengan posisi pakaian terbalik. Apabila bajunya berwarna putih, maka tidak perlu dibalik.

Sekarang kamu tak perlu pusing lagi apabila bajumu tak sengaja terkena noda kunyit, karena ada banyak cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkannya.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE