5 Cara Menghilangkan Noda Slime di Baju Anak. Aman untuk Semua Jenis Kain

Cara menghilangkan noda slime di baju

Slime menjadi salah satu mainan yang digemari anak-anak. Selain warnanya yang lucu-lucu, slime juga memiliki tekstur yang kenyal dan sedikit lengket sehingga bisa melatih motorik anak. Sayangnya, tekstur inilah yang membuat para ibu sering senewen jika anak mainan slime hingga mengenai baju~

Advertisement

Pasalnya, menghilangkan noda slime di baju atau berbagai jenis kain lainnya cukup sulit. Noda slime nggak bisa hilang hanya sekali cuci seperti baju kotor pada umumnya. Sebenarnya, cara menghilangkan noda slime di baju cukup mudah lo, asal tahu triknya. Berikut ini Hipwee Tips bagikan cara menghilangkan noda slime di baju yang efektif dan aman, karena nggak merusak pakaian, simak yuk!

1. Jika noda slime baru menempel di baju, segera sikat menggunakan detergen bubuk dengan gerakan memutar

Cara menghilangkan noda slime di baju

Deterjen | Credit by Laboko on Depositphoto

Slime yang menempel pada kain baik itu baju, celana, atau jenis kain lainnya akan semakin lengket karena slime mampu mengikat serat kain. Kendati demikian, cara membersihkan noda slime di baju sebenarnya cukup mudah, jika slime baru saja menempel, kemudian segera mencucinya.

Lem yang menjadi bahan dasar slime ini akan mudah terangkat dengan bantuan detergen. Cukup olesi noda sisa slime dengan detergen bubuk, kemudian basahi dengan sedikit air dan gosok menggunakan sikat dengan gerakan memutar. Jika nodanya cukup tebal, coba rendam dulu dengan air detergen selama 30 menit, lalu gosok lagi menggunakan sikat.

Advertisement

2. Gunakan cuka untuk membersihkan noda slime  yang membandel di baju

Cara menghilangkan noda slime di baju

Cuka putih | Credit by Pathastings on Depositphoto

Cuka putih memang dimanfaatkan untuk menambah cita rasa makanan, tapi cairan ini juga cukup ampuh menjadi bahan pembersih. Zat asam pada cuka ternyata juga bisa mengangkat noda slime, lo. Cara menghilangkan slime yang menempel menggunakan cuka pun cukup mudah, tuangkan cuka pada baju atau kain yang terkena slime. Tunggu beberapa saat hingga cuka bekerja mengangkat noda.

Kemudian gunakan sikat untuk membantu mengangkat sisa slime, lakukan gerakan memutar secara perlahan. Jika jenis kainnya berbulu atau kain lembut, maka gunakan handuk sebagai pengganti sikat, supaya nggak merusak kain. Setelah noda terangkat, rendam baju dengan air hangat sembari menggosoknya perlahan untuk menghilangkan sisa lendir. Kemudian baju siap dicuci seperti biasa.

3. Jika noda slime sampai mengering pada baju, maka rendamlah baju dengan air panas untuk membantu melunakkan noda

Advertisement
Cara menghilangkan noda slime di baju

Merendam baju dengan air panas | Credit by Atalanta17 on Depositphoto

Noda slime yang menempel pada baju hingga mengering sebenarnya cukup sulit dibersihkan, karena nggak bisa terangkat dengan detergen dan cuka. Jika hal ini terjadi, cobalah merendam baju yang terkena slime pada air panas. Tunggu beberapa saat hingga airnya hangat, kemudian lepaskan perlahan noda yang mengering.

Lem yang menjadi bahan dasar slime memang bisa luntur dengan air panas, tapi jika nodanya terlalu tebal, cobalah dibantu dengan cara menyikat bagian noda menggunakan bantuan detergen. Cara ini cukup efektif karena slime yang telah melunak akan terangkat oleh sapuan sikat dan detergen.

4. Olesi noda slime kering yang membandel dengan bensin atau minyak tanah

Cara menghilangkan noda slime di baju

Olesi dengan bensin | Credit by Voronin_76 on Depositphoto

Jika noda slime yang mengering terlalu membandel, hingga sisa lendirnya nggak bisa terangkat, maka kamu butuh bantuan bensin atau minyak tanah utuk membersihkannya. Pastikan baju yang akan dibersihkan benar-benar kering ya, kemudian olesi bagian yang terkena noda slime dengan bensin atau minyak tanah. Gosok perlahan menggunakan handuk atau kain kering dengan gerakan memutar.

Perlahan, bensin akan melunturkan slime yang menempel pada baju atau berbagai kain lainnya. Setelah noda slime bersih, baju tinggal direndam menggunakan detergen untuk menghilangkan bau bensin. Jangan lupa pisahkan dengan cucian yang lain, supaya bau bensin nggak menyebar ke pakaian lainnya.

5. Jika slime menempel pada kain yang susah dicuci seperti sofa atau karpet, coba semprotkan alkohol untuk menghilangkan nodanya

Cara menghilangkan noda slime di baju

Semprotkan alkohol | Credit by AlexShadyuk on Depositphoto

Selain menempel pada baju, slime juga sering menempel pada permukaan kain yang susah dicuci, misalnya sofa. Jika hal ini terjadi, cara menghilangkan noda slime di kain sofa pun cukup mudah. Tinggal semprotkan alkohol pada kain yang terkena slime, sembari digosok menggunakan sikat atau handuk. Setelah noda terangkat, basuh menggunakan kain basah yang telah dicelupkan ke dalam air detergen untuk menghilangkan sisa lendir yang menempel.

Nah, cukup mudah kan, cara membersihkan noda slime ini? Selain ampuh mengangkat noda slime yang menempel di berbagai jenis kain, cara menghilangkan noda slime di baju dengan bahan-bahan yang digunakan juga aman sehingga nggak merusak baju, celana, jeans atau bahan lainnya. Selamat mencoba!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE