Anak Kos Jangan Sedih, ini 5 Strategi Merawat Kasur Busa Ukuran Single Biar Nggak Cepat Kempis

cara merawat kasur busa

Daripada kasur pegas, kebanyakan anak kos lebih memilih menggunakan kasur busa untuk alas tidur mereka. Selain harganya yang relatif lebih terjangkau, kasur busa juga nggak kalah nyaman kok dengan kasur berbahan lainnya. Namun, sayangnya, jika nggak dirawat dengan benar, kasur berbahan busa ini akan mudah kempis dan jadi nggak nyaman untuk dijadikan alas tidur. Apalagi kalau kualitasnya memang sudah jelek dari awalnya.

Advertisement

Untuk para anak kos yang kamarnya menggunakan kasur busa, berikut Hipwee Tips rangkum beberapa cara yang bisa dilakukan supaya kasurmu nggak cepat kempis. Simak deh, biar makin nyaman tidurnya.

1. Supaya awet dan terlindung dari debu, kamu wajib rutin mencuci seprei yang digunakan untuk menutupi kasurmu

ganti sprei via www.dekoruma.com

Selain menjaga kualitas dan kebersihan seprei, rutin mencuci seprei juga terbukti mencegah bakteri dan kutu yang dapat berkembang pada seprei dan kasur. Mikroorganisme ini didapat dari sel-sel kulit mati, keringat, dan debu yang menempel pada seprei kotor. Untuk mengurangi kemungkinan tersebut, baiknya cuci seprei paling tidak sekali dalam seminggu dengan air hangat.

2. Untuk melindungi kasur busamu agar nggak kempis pada bagian tertentu, putarlah kasur secara rutin

putar kasur busamu via www.tokopedia.com

Memutar posisi kasur cukup penting agar bagian dari kasur busa yang terkena beban dalam waktu lama nggak itu-itu saja. Kamu bisa memutar kasurmu sebanyak dua kali dalam enam bulan. Kamu juga nggak diperbolehkan untuk meletakkan benda-benda yang terlalu berat di kasur busamu dalam jangka waktu yang lama.

3. Ketika nggak dipakai, kamu wajib membalik kasur busamu ke sudut tembok supaya nggak lembap bagian bawahnya

rebahkan di tembok via id.carousell.com

Saat nggak dipakai, lebih baik angkat dan sandarkan kasur busamu ke salah satu sisi tembok. Ini dilakukan agar bagian bawah kasur busa yang menempel langsung ke lantai nggak lembap dan berjamur. Lagipula, kasur akan terhindar dari debu dan ditiduri orang lain yang masuk ke kamarmu, kan?

4. Jangan lupa untuk membersihkan debu di kasur dengan menebahinya setelah kamu gunakan

selalu bersihkan via arten14.com

Menebahi kasur bisa membuat tidurmu jadi lebih enak lo! Sebelumnya, singkarkan dulu semua benda di atas kasur seperti bed cover, seprei, dan bantal. Kamu wajib melakukan kegiatan ini selama dua hari sekali.

5. Jemur kasur busamu secara berkala, usahakan jangan di bawah matahari langsung, ya!

Advertisement

dijemur tapi jangan di bawah matahari via travel.tribunnews.com

Menjemur  kasur busa di bawah sinar matahari langsung bisa membuat kasur cepat mengempis dan pori-pori kasur akan mengalami kerusakan sehingga mengakibatkan tekstur kasur busa menjadi kering dan mengeras. Apabila kamu merasa kasur busamu lembap dan basah, cukup angin-anginkan kasur di dalam ruangan selama 4 hingga 5 jam. Jangan lupa dibolak-balik, ya!

Itu tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat kasur busamu nggak mudah kempis dan tahan lama. Kalau sudah begini, mau sampai kapan pun kamu menggunakannya, kasur busamu tetap bakalan nyaman digunakan.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE