Teknik Cuci Sepatu Manual yang Nggak Asal Sikat Saja. Beda Material, Beda Juga Perlakuannya

Cuci sepatu

Cuci sepatu memang nggak semudah cuci baju, tapi bukan berarti kamu nggak bisa membersihkannya sendiri. Dibanding baju, material sepatu jauh lebih sensitif sehingga perlu dicuci dengan lebih teliti dan hati-hati. Sebenarnya, kamu bisa memanfaatkan jasa cuci sepatu untuk membersihkannya. Tapi sayangnya, harga cuci sepatu bisa dibilang agak mahal. Supaya lebih hemat, mending cuci sepatu sendiri saja, bisa pakai mesin cuci atau manual dengan tangan.

Advertisement

Akhir-akhir ini, jasa cuci sepatu lumayan banyak dicari. Tak heran jika tempat cuci sepatu terdekat dari rumahmu mungkin ramai dikunjungi. Apalagi modal usaha cuci sepatu nggak begitu besar. Alat-alat untuk usaha cuci sepatu pun mudah didapat. Sebagai panduan awal, praktikkan dulu cara cuci sepatu sendiri berikut ini. Perhatikan betul langkah-langkahnya karena masing-masing bahan kudu diperlakukan atau dicuci dengan cara berbeda.

Altenatif pertama, kamu bisa mencuci sepatu sendiri secara manual alias pakai tangan. Tapi ingat, masing-masing bahan beda cara cuci atau bahkan alat yang digunakan

Kalau di daerah tempatmu tinggal nggak ada jasa cuci sepatu yang bisa didatangi, coba cuci sendiri sepatumu. Caranya gampang kok, segampang cuci sepatu sekolah kita dulu. Ini dia langkah-langkahnya.

1. Cuci sepatu bahan kain kanvas

Advertisement

sepatu kanvas | credit: Pinterest via id.pinterest.com

Sepatu berbahan kanvas tersedia dalam berbagai macam model, seperti sneakers, flat shoes, dan juga high heels. Biar awet, cara cuci sepatunya jangan sembarangan. Jika sepatu kanvasmu kena lumpur, biarkan dulu sampai kering lalu bersihkan. Untuk noda atau bekas kotoran lain, berikut langkah mencucinya:

  1. Lepaskan insole dan tali sepatu. Setelah semua bagian dilepas, bersihkan dulu upper-nya.
  2. Cuci sepatu dengan cara menyikat. Kalau ada bagian bernoda, celupkan sikat halus ke dalam cairan pembersih. Pada sepatu kanvas, kamu bisa menyikat atau menggosok secara dua arah, tapi jangan digosok terlalu keras, ya!
  3. Jika sepatu kanvasmu sangat kotor, bersihkan dengan sabun cuci detergen. Kalau nodanya sedikit, pakai sabun cuci piring saja sudah cukup kok. Hindari sabun cuci yang mengandung pemutih agar warna sepatu nggak mudah luntur.
  4. Setelah disikat, bilas dengan air hangat dan keringkan menggunakan handuk mikrofiber.
  5. Cara terbaik untuk mengeringkan sepatu kanvas yakni dengan menjemurnya di bawah sinar matahari cukup. Pastikan kamu langsung menjemurnya dan jangan didiamkan dalam ruangan semalaman karena bisa membuat sepatu jadi bau.
Advertisement

2. Cuci sepatu bahan suede atau beludru

sepatu beludru | credit: Pinterest via www.pinterest.co.uk

Sepatu berbahan suede memang lebih sulit dibersihkan karena daya serapnya tinggi. Kalau terkena noda, sepatu mesti cepat-cepat dicuci supaya nggak berbekas. Tak perlu buru-buru cari cuci sepatu terdekat, lakukan dulu upaya berikut untuk membersihkannya.

  1. Gunakan suede stain eraser untuk membersihkan dan menghapus noda kering seperti pasir atau bekas air. Gosokkan karet penghapus noda ke bagian yang bernoda sampai remah-remahan sisa penghapus muncul.
  2. Kalau mau melakukan deep clean, semprot sepatu suede dengan air bersih lalu sikat menggunakan sikat gigi halus di bagian yang bernoda.
  3. Usap titik noda dengan kain lap putih yang sudah dicelupkan dengan cuka atau rubbing alcohol. Jika ada noda minyak, taburkan bedak pada sepatu suede sebelum dibersihkan dengan cuka.
  4. Setelah disikat dan nodanya hilang, oleskan cairan pembersih khusus yang biasanya terbuat dari minyak kelapa dan asam amino supaya tekstur suede nggak rusak. Angin-anginkan sepatu lalu semprot dengan pewangi khusus supaya lebih harum dan awet.

3. Cuci sepatu bahan kulit asli atau sintetis

sepatu kulit | credit: Archivio Fotografico via www.pinterest.co.uk

Karena biasanya harga sepatu kulit mahal, kamu mesti berhati-hati saat mencucinya. Tapi jangan khawatir, langkah-langkah cuci sepatu sendiri ini bisa dijadikan panduan.

  1. Lepaskan dulu tali sepatunya supaya nggak kena cairan pembersih.
  2. Campurkan air dingin dan cuka putih untuk membersihkan noda di sepatu kulit.
  3. Gunakan kain bekas atau mikrofiber, kemudian celup ke air cuka lalu bersihkan noda dengan mengelapnya.
  4. Biarkan sepatu mengering dengan sendirinya. Cukup diangin-anginkan saja, nggak perlu dijemur.
  5. Kalau sepatu kulitmu lecet atau ada goresan, gunakan semir sesuai warna sepatu lalu basahi kain dan celupkan ke seduhan baking soda.
  6. Gosok di bagian sepatu kulit yang lecet dengan hati-hati kemudian lap lagi menggunakan kain bersih yang kering.

4. Cuci sepatu bahan plastik atau karet

sepatu plastik | credit: Pinterest via id.pinterest.com

Dibanding material lain, sepatu plastik lebih mudah dibersihkan. Biasanya, bahan plastik digunakan pada sepatu santai dan juga flip flops. Jika ada noda kotoran yang menempel segera gosok dengan sikat halus kemudian rendam sepatu di air hangat yang sudah dicampur baking soda. Diamkan selama 5 menit lalu sikat kembali menggunakan sikat gigi untuk membersihkan sisa kotorannya. Jika dirasa sudah cukup bersih, jemur sepatu di bawah sinar matahari.

Saat membersihkan sepatu bertali seperti sneakers atau running shoes, lepaskan dulu tali dan insole-nya. Tujuannya agar cairan pembersih tak merusak atau meninggalkan bekas noda di dua bagian tersebut. Kamu juga bisa membersihkan tiap-tiap bagian secara terpisah. Setelah dicuci, pastikan langsung dikeringkan di tempat supaya nggak bau. Kalau perlu, setelahnya pun kamu mesti menyemprotkan parfum khusus sepatu agar lebih harum.

Selain cuci manual, kamu juga dapat menggunakan mesin cuci sepatu untuk membersihkannya. Kalau sudah punya mesinnya dan sudah jago mencuci sepatu, nanti tinggal ajukan saja proposal usaha cuci sepatu ke yang mau mendanai. Siapa tahu rezeki~

cuci sepatu pakai mesin | credit: All About Shoes via allaboutshoes.in

Kebanyakan jasa cuci sepatu seperti cuci sepatu Malang atau cuci sepatu Semarang memiliki mesin cuci sendiri yang khusus digunakan untuk membersihkan sepatu. Tapi ternyata, mesin cuci sepatu juga mulai banyak dimiliki orang biasa yang memang hobi koleksi sepatu. Kalau punya, kamu pun bisa memakainya. Tapi kalau belum ada, bisa pakai mesin cuci untuk baju lo!

Tapi tak semua sepatu boleh dicuci dengan mesin. Hanya beberapa sepatu bermaterial kanvas, kulit sintetis, karet, plastik, dan rajut saja yang bisa dibersihkan dengan mesin cuci. Supaya nggak rusak, langkah berikut mesti dipraktikkan dengan benar:

  1. Lepaskan tali sepatu supaya nggak terlilit saat proses pencucian.
  2. Masukkan tali ke dalam tas laundry berbahan mesh atau jaring.
  3. Sikat dulu bagian sepatu yang kotor menggunakan sikat halus. Untuk cairan pembersih, bisa menggunakan air sabun cuci piring.
  4. Masukkan sepatu dan kantong berisi tali ke dalam mesin cuci. Masukkan juga beberapa handuk atau kain tak terpakai supaya sepatu nggak membentur dinding-dinding mesin cuci.
  5. Tambahkan sedikit air dan detergen cair. Hindari menggunakan detergen bubuk karena bisa menempel di permukaan sepatu.
  6. Nyalakan mesin cuci dengan pengaturan air dingin dan delicate cycle serta bilasan ekstra untuk membersihkan sisa sabun yang menempel.
  7. Kalau sudah bersih, keringkan sepatu secara manual, jangan dengan pengering mesin. Untuk menghindari kerutan, cukup keringkan dalam suhu ruang saja.

Gimana, mudah bukan cara cuci sepatu sendiri? Daripada mesti keluar ruang puluhan hingga ratusan ribu, mulai sekarang biasakan cuci sepatu sendiri saja. Lebih hemat dan bebas dari risiko kerusakan.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE