6 Kunci Perawatan Sepatu Berbahan Suede, Kehujanan atau Kecipratan Lumpur Tapi Tetap Awet

Merawat sepatu suede

Punya sepatu berbahan suede atau beledu?

Advertisement

Sepatu berbahan suede berasal dari bagian bawah kulit hewan yang lebih lembut dan lentur. Biasanya, sepatu dengan bahan ini memiliki ketahanan yang cukup bagus. Sayangnya, saat musim hujan, sepatu berbahan ini akan mudah sekali kotor. Genangan air dan debunya bisa menempel pada sepatu apalagi jika ia berwarna hitam. Udah gitu, kalau sudah kena air, biasanya jadi berbekas dan merusak tekstur dan warna aslinya.

Memang, ada tantangan tersendiri ketika merawat sepatu bahan suede. Tapi kamu nggak perlu khawatir, sebab kali ini Hipwee Tips akan membagikan cara mudah merawatnya. Yuk, simak ulasannya!

1. Lindungi sepatu berbahan suede dengan menyemprotkan spray pelindung sebelum kamu gunakan untuk beraktivitas di luar ruangan

bisa di spray via www.yoycart.com

Menyemprotkan spray pelindung bisa bantu menjaga ketahanan bahan sepatu suede. Nggak cuma saat hujan, bahkan ketika panas sekali pun, sepatu tetap perlu disemprot. Spray pelindung biasanya dapat kamu temukan di tempat cuci sepatu kok.

2. Jika sepatu terkena noda air, kamu bisa membersihkannya dengan bedak bayi dan tepung maizena

pakai bedak bayi via safaps.com

Baiknya segera lap area yang basah dengan handuk atau lap kering. Selanjutnya, lapisi area tersebut dengan bedak dan tepung maizena. Kedua bahan ini bisa bantu menghilangkan bekas air pada sepatumu. Biarkan semalaman lalu bersihkan dengan menggunakan sikat gigi, ya!

3. Perbaiki tekstur suede dengan menyikatnya menggunakan sikat gigi

disikat via shop.nordstrom.com

Air bisa membuat teksturnya jadi nggak beraturan. Untuk itu, kamu perlu menyikatnya dengan sikat gigi agar teksturnya kembali rapi. Tapi, berantakannya cukup parah, coba hangatkan dulu dengan uap teko sebelum digosok menggunakan sikat gigi.

4. Noda lumpur yang menempel pada sepatu suede bisa kamu bersihkan dengan penghapus dan cuka

pakai cuka dan penghapus via www.onegoodthingbyjillee.com

Menggosokkan penghapus pada area yang bernoda bisa bantu menghilangkan kotoran yang menempel pada sepatu suede. Untuk noda yang lebih besar, kamu menggosoknya dengan handuk yang sudah diberi cuka sebelumnya. Lap pelan hingga noda mulai luntur, ya!

Advertisement

5. Ingat, jangan pernah gunakan air untuk membersihkan sepatu berbahan suede yang kotor!

jangan cuci pakai air via shoeshine.se

Mencuci dengan air bisa membuat tekstur bahan dan warna sepatu jadi berubah. Untuk perawatan sehari-hari, kamu hanya perlu menyikatnya dan mengangin-anginkan di suhu ruangan saja.

6. Sesekali, bawalah sepatu berbahan suede ke tempat cuci profesional

di laundry via www.ahs.com

Melakukan perawatan sepatu di tempat pencucian profesional bisa membuat sepatu jadi lebih awet dan terlihat seperti baru terus. Apalagi, di musim hujan seperti ini, sepatu rentan sekali terkena air yang mana bisa membuat tekstur dan lemnya cepat mengelupas.

Nah, kalau sepatu suede-mu terlanjur basah karena kehujanan, kamu bisa mengeringkannya dengan kipas atau hair dryer. Sepatu suede yang dirawat dengan benar akan memiliki ketahanan yang cukup bagus. Nah, jadi siap tampil stylish dengan sepatu suede kesayangan setiap saat, kan?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE