6 Dekorasi Aqiqah Sederhana Kreasi Sendiri. Tak Perlu Sewa Vendor, Pas dengan Selera Pribadi

Dekorasi Aqiqah

Kelahiran buah hati merupakan momen penting yang dinanti-nanti oleh pasangan yang sudah menikah. Nggak heran kalau banyak yang menggelar acara syukuran baik sederhana maupun mewah sebagai tanda kebahagiaan atas lahirnya sang buah hati. Dalam tradisi Islam sendiri, dikenal upacara aqiqah sebagai bentuk syukuran atas kelahiran anak. Jika yang lahir seorang anak laki-laki, maka dibutuhkan 2 ekor kambing, domba, sapi atau unta, sedangkan untuk anak perempuan hanya dibutuhkan 1 ekor saja.

Advertisement

Meski inti acara aqiqah adalah doa bersama dan mengumumkan nama sang anak, kenyatannya di Indonesia upacara ini termasuk penting, bahkan membuat orang tua perlu memikirkan tema dekorasi hingga makanan yang disajikan untuk tamu. Namun, di sisi lain banyak juga nih yang bimbang karena biaya yang dikeluarkan untuk menyewa jasa dekorasi termasuk mahal. Hipwee akan berikan trik dekorasi aqiqah yang bisa dilakukan sendiri di rumah dengan bujet yang rendah.

1. Dekorasi aqiqah identik dipenuhi dengan balon, kamu bisa membelinya secara online dengan bentuk yang sama ala selebritas tanah air. Pastikan untuk memilih balon jenis lateks, ya!

Bukan hanya syukuran, balon bisa digunakan untuk pernikahan, ulang tahun, bahkan pertunangan. Selain menghadirkan kesan mewah, warnanya yang beragam juga menciptakan suasana bahagia dalam acara. Biasanya jenis lateks paling banyak digunakan untuk acara karena sifatnya yang nggak mudah meletus. Selain itu, jenis balon foil berupa tulisan juga nggak salah kok diterapkan untuk pelengkap pesta.

Advertisement

Kamu bisa menyatukan balon menjadi rangkaian sebuah bunga. Diperlukan balon berukuran kecil dan besar, usahakan minimal terdiri dari dua warna. Kemudian rangkai balon-balon besar di sekitar balon kecil membentuk bunga dan ikat menggunakan kawat prakarya. Cara lain, kamu bisa menghiasnya dengan dilapisi glitter atau kapas di sekeliling balon untuk menciptakan kesan gulali atau awan, untuk anak perempuan kamu bisa memilih warna kapas pastel.

2. Kalau kamu punya boks bayi di rumah, jangan ragu-ragu untuk dihadirkan pada dekorasi aqiqah. Kesan perayaan kehadiran buah hati pun akan lebih terasa

Advertisement

Pilihan tempat tidur bayi akan jadi pemandangan yang eye catching kalau kamu tepat memilihnya. Nggak harus terlihat mewah, tempat tidur dari kayu pun bisa digunakan dan cocok dengan segala tema. Untuk mendapatkan barang ini pun bukan suatu hal yang sulit, tinggal tulis “tempat tidur aqiqah” di platform jual beli juga sudah keluar rincian biayanya.

Nah, kamu bisa tiru tema aqiqah dari artis Rini Yulianti di atas, warna biru, kapas hingga gemerlap dari tumbler menciptakan suasana seolah-olah di atas awan. Cocok banget nih untuk perayaan aqiqah anak laki-laki.

3. Adanya backdrop nggak bisa kamu abaikan begitu saja karena jadi poin penting yang menentukan tema. Pilih kain satin atau tule dalam ukuran meteran, harganya masih bisa dijangkau~

Backdrop aqiqah bisa disiasati dengan jenis kain satin yang menampilkan kesan mewah. Jika kamu menginginkan suasana yang elegan, pilih backdrop dengan satu warna, hal itu bisa membuat kesan minimalis namun sarat akan makna. Kamu bisa menggantungkan lampu di balik tirai agar terlihat elegan. Tema monokrom juga dapat dipilih untuk kesan yang modern, warna hitam, putih dan abu-abu nyatanya cocok untuk acara aqiqah, lo.

Selain itu, pilihan warna kain seperti emas dan merah juga nggak kalah menarik, warna tersebut bisa membuat tamu merasa betah berlama-lama. Kamu juga bisa menambahkan sentuhan alami pada dekorasi seperti daun, bunga hingga ranting.

4. Tumpuk boneka di depan dekorasi sebagai pajangan, bisa menampilkan kesan lucu dan menggemaskan saat difoto

Kamu mendamba upacara aqiqah yang terlihat lucu dan menggemaskan? maka boneka jadi peran penting yang wajib dihadirkan. Nggak perlu beli baru, yang ada di rumah pun bisa kamu gunakan. Walaupun bakal semakin menarik dengan pilihan boneka berukuran besar, nyatanya boneka kecil yang ditumpuk-tumpuk juga nggak kalah mencuri perhatian. Yakin deh, pasti banyak yang mengantri untuk foto di lokasi ini. Sarannya, usahakan untuk tampilkan boneka yang satu warna dengan tema biar cocok dan serasi dilihatnya.

5. Letakkan standing pigura untuk menampilkan foto-foto sang buah hati. Dari bahan kayu ataupun plastik nggak masalah, tetap ciamik kalau dilihat

Kamu bisa gunakan papan berdiri yang terbuat dari kayu ataupun plastik. Beli di toko online pun harganya nggak begitu mahal. Atau cara hemat lain kamu bisa buat sendiri menggunakan bahan yang ada seperti kardus bekas dan juga kayu.

Caranya mudah, pertama, kamu perlu memotong triplek menjadi ukuran 15 cm x 12 cm, kemudian buat ukuran kardus menjadi segi empat, tempelkan kardus pada triplek lalu lapisi dengan karton berwarna putih. Setelah selesai, pasang foto buah hati dengan cara ditempel pada permukaan tadi atau ditusuk menggunakan pin. Untuk bagian kaki penyangga bisa menggunakan kayu dengan ukuran yang lebih kecil namun pas ketika didirikan.

6. Terakhir, manfaatkan pernak-pernik aksesoris sebagai tambahan, bisa berupa lampu tumbler, tanaman artifisial yang merambat hingga karpet dengan warna senada dengan tema

Untuk membuat  dekorasi aqiqah simpel dan sederhana, kamu bisa manfaatkan kursi dan sofa yang ada di rumah. Setelah itu, tinggal dipercantik dengan hiasan lampu, bunga atau daun yang merambat. Tema vintage untuk aqiqah sang buah hati juga bisa dipilih dengan mengedepankan unsur kayu sebagai tema utama, tak lupa sisipkan warna-warna kalem dan netral untuk kesan yang hangat.

Kelebihan DIY dekorasi aqiqah daripada menggunakan vendor adalah kamu jadi bisa menentukan dekorasi yang diinginkan, mau ditulis kreatif, dibuat gambar, diberi bunga kertas juga bukan masalah apalagi biaya yang dikeluarkan lebih murah. Kalau hasilnya menakjubkan, kan kamu sendiri yang akan merasa puas. Semoga trik di atas bisa bermanfaat ya untuk rencana aqiqah buah hatimu. Selamat mencoba!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE