7 Dekorasi Dinding Kamar Tidur yang Nggak Perlu Bikin Baru. Seringnya Pakai DIY Susah Ditiru

Dekorasi dinding

Hiasan dinding adalah kunci untuk mempercantik tampilan rumah, termasuk di area kamar tidur. Dengan adanya dekorasi dinding, kamar tidur jadi bertambah keestetisan dan kenyamanannya. Selain itu, hiasan dinding rumah juga dapat dimanfaatkan untuk mengisi kekosongan ruangan. Tujuannya agar ruangan terlihat penuh dan menarik perhatian.

Advertisement

Sayangnya beberapa orang justru kerap neko-neko saat mendekorasi dinding. Penginnya bikin dan pakai hiasan dinding buatan sendiri, padahal ujung-ujungnya hasilnya biasa saja. Daripada cuma buang-buang tenaga, lebih baik pakai hiasan dinding yang sudah jadi alias beli. Atau, bisa juga dengan memanfaatkan barang-barang yang ada di rumah. Nah, berikut dekorasi dinding kamar tidur minimalis yang nggak perlu bikin-bikin. Lumayan bisa dimanfaatkan untuk mengisi dinding kamar tidur yang kosong.

1. Dengan penataan yang sesuai, cermin bisa dijadikan sebagai hiasan dinding minimalis untuk mempercantik kamar

cermin dinding | credit: PxHere via pxhere.com

Mengubah nuansa kamar bisa dilakukan dengan cara simpel, salah satunya dengan menambahkan cermin di ruangan. Selain mempercantik tampilan, cermin juga dapat membuat kamar tidur lebih lapang. Tapi baiknya, pilihlah cermin yang sesuai dengan tema kamar. Kalau minimalis, lebih baik gunakan cermin dengan frame kayu atau berwarna silver. Jika kamarmu lebih gloomy dan gelap, gunakan cermin hitam berbentuk kotak untuk memberikan kesan tegas dan kaku.

2. Ciptakan kamar yang minimalis dan elegan dengan menambahkan lukisan hiasan dinding

lukisan dinding | credit: SHOP SLO® via unsplash.com

Ada dua model lukisan yang dapat dipilih dan dijadikan hiasan dinding, yakni lukisan mural yang digambar serta lukisan cetak yang sudah dibingkai. Tak ada patokan khusus mesti memakai yang mana, asal penempatannya sesuai, keduanya boleh saja digunakan.  Tapi baiknya pilihlah lukisan besar supaya kamar tak tampak monoton. Selain itu, pilih juga lukisan minimalis agar masuk ke semua tema dan dekorasi kamar,  jadi kalau bosan nggak perlu dibuang.

Advertisement

3. Selain fungsional, rak dinding pun dapat menunjang dekorasi kamar

rak kayu | credit: Instagram @rumahmella_01 via www.instagram.com

Daripada mesti pakai hiasan dinding dari kayu yang tak ada gunanya, bagaimana jika memanfaatkan rak saja? Nantinya rak dinding ini bisa digunakan untuk menaruh barang-barang kecil seperti lilin aromaterapi hingga action figure. Jika penggunaan rak di rasa kurang, kamu boleh menambahkan hiasan dinding tempel lainnya, misalnya saja cermin atau jam dinding. Bahkan tak menutup kemungkinan juga untuk menaruh rak tanaman di sebelahnya. Jatuhnya malah jadi mirip dekorasi dinding cafe ala-ala.

4. Penggunaan kain bermotif pada dekorasi dinding kamar dapat menambah nilai estetisnya. Bisa pakai tapestry atau fabric printed 

kain motif | credit: Instagram @ovieekaoru via www.instagram.com

Hiasan dinding gantung nggak melulu harus menonjol, bahkan pakai kain pun bisa. Malah nantinya kain ini bisa dimanfaatkan juga untuk menjadi dekorasi dinding tangga maupun dekorasi dinding ruang keluarga. Motif kainnya bisa dipilih sesuai tema kamar. Kalau nggak pengin repot, pakai kain batik pun boleh saja, asal memang sesuai dengan dekorasi lainnya.

5. Meski seringnya makrame dijadikan dekorasi dinding ruang tamu, tapi kamu pun boleh menggunakannya sebagai dekorasi kamar. Pilih yang bentuknya minimalis dan sesuai dengan dekorasi lainnya

hiasan dinding makrame | credit: Instagram @yiiss1928 via www.instagram.com

Walau tampilannya sekilas mirip dengan dreamcatcher, tapi bahan pembuatan dan cara bikinnya berbeda. Makrame dibuat dengan memanfaatkan kain wol lalu disulam atau dirangkai dengan tangan. Nah, karena cukup rumit cara buatnya, hiasan dinding ini lumayan banyak dicari. Tak jarang, jika cek ke para tukang jual hiasan dinding vintage, makrame sering kali sold out. Meski begitu, sekarang sudah banyak pedagang daring yang menjualnya.

6. Tanaman hijau pun dapat digunakan untuk mengisi dinding kamar. Bisa pakai konsep vertikal atau ditaruh di atas pot gantung

tanaman hijau | credit: Instagram @hesti.novitadewi via www.instagram.com

Selain bisa dimanfaatkan sebagai hiasan dinding outdoor, tanaman hijau pun dapat menghiasi kamar. Dengan menambahkan tanaman hijau di kamar, suasana ruangan akan lebih tenang dan segar. Kamu yang sering capek dan insomnia wajib menambahkannya. Tapi karena mau ditaruh di dinding, pilihlah tanaman yang ukurannya kecil misalnya sirih gading. Untuk menambah kesan natural, tanaman hijau dapat disandingkan dengan dekorasi dinding kayu lainnya. Bahkan pakai parket kayu asli pun boleh saja.

7. Kurang rasanya jika kamu tak menambahkan foto maupun koleksi poster untuk ditempel di dinding kamar

foto dan poster | credit: Instagram @peli_pecas via www.instagram.com

Dua benda ini bisa dibilang sebagai hiasan dinding yang paling murah dan ekonomis. Kalau memang bujetnya kurang, foto maupun poster bisa ditempel acak di dindingnya. Tapi akan lebih bagus jika mau menaruhnya dalam figura. Untuk mempercantik tampilannya, penataan foto dan poster mesti disesuaikan dengan dekorasi kamar. Letaknya bisa di atas kasur atau di sampingnya. Pastikan kamu hanya menempelnya di salah satu sisi dinding supaya tampilannya tetap estetis dan nggak terkesan penuh. Untuk merekatkannya, bisa gunakan selotip dinding atau dapat juga digantung dengan lampu hias tumblr.

Beberapa dekorasi di atas juga dapat digunakan sebagai dekorasi dinding dapur atau ruangan lain. Tapi mungkin kudu disesuaikan warna, motif, maupun bentuknya. Semoga menginspirasi, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE